Senin, 20 Oktober 2014

Tugas ke-4 Nirma Sugiarti KPI 5 D

Nama   : Nirma Sugiarti                                   Kelas   : KPI 5 D

Nim     : 1112051000136                                Tugas   : Ke-4


Pengertian Filsafat Komunikasi

Istilah komunikasi dalam bahasa Inggris disebut communication berasal dari bahasa Latin communicatio dan bersumber dari kata communis yang artinya sama. Sama berarti "sama" maknanya. Antara pemberi pesan dan penerima pesan pada akhirnya mempunyai persamaan makna. Berkomunikasi berarti mempunyai tujuan untuk punya pengertian yang sama. Kajian komunikasi dari sudut filsafat dimaksudkan agar pemahaman terhadap proses komunikasi bersifat radikal (mendalam), sistematis dan menyeluruh. Kajian ini dimaksudkan untuk mendapat esensi atau hakikat komunikasi. Sebelum pesan sampai pada khalayak, haruslah dilakukan pertimbangan.

Mempelajari komunikasi sebagai ilmu akan menjadi dasar bagi seseorang untuk memahami komunikasi dari tujuan filafati. Mengerti filsafat komunikasi akan mempermudah seseorang dalam menyusun pikiran sebagai isi pesan komunikasi. Isi pesan yang tersusun secara logis, etis dan estetis merupakan usaha agar proses komunikasi lebih efektif.

Onong U. Effendi dalam bukunya "Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi" mendefinisikan filsafat komunikasi sebagai suatu disiplin yang menelaah pemahaman (verstehen) secara fundamental, metodelogis, sisematis, analisis, kristis dan holistis teori dan proses komunikais yang meliputi segala dimensi menurut bidangnya, sifatnya, tatanannya, tujuannnya, fungsinya, tekniknya, dan metodenya.

Mengacu pada paradigma Lasswell dengan lima unsur komunikasi, ada komunikator, pesan, komunikan, media dan efek tentu tidak cukup untuk mengupas komunikasi secara mendalam. Ada banyak hal yang mempengaruhi proes komunikasi dengan melibatkan kelima unsur tersebut, misalnya tempat, waku, gangguan, dsb.

Melihat rumitnya proses komunikasi dan banyaknya unsur dalam komunikasi apabila didalami secara filosofis  akan mengangkat esensi dari komunikasi itu sendiri. Hal yang paling mendasar dari proses komunikasi adalah adanya statement atau pernyataan dari hasil pikiran seseorang. Sebagai makhluk yang berpikir, maka manusia mempunyai hak untuk menyatakan hasil pikirannya tersebut. Di sinilah mulainya proses komunikasi, karena manusia mempunyai hak untuk menyatakan pikirannya, maka manusia juga mempunyai kewajiban untuk mendengarkannya.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa filsafat komunikasi adalah studi secara mendalam tentang pernyataan manusia yang disampaikan pada manusia lain menuju kemengertian bersama.

Sumber: Sumarno AP, dkk, Filsafat dan Etika Komunikasi, Universitas Terbuka: Jakarta, 2007.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini