Senin, 20 Oktober 2014

Much Mugni Noorrachman (NIM. 11.12.051.000.104) – KPI 5D – Etika dan Filsafat Komunikasi – Tugas IV “Filsafat Komunikasi”

Much Mugni Noorrachman (NIM. 11.12.051.000.104) – KPI 5D – Etika dan Filsafat Komunikasi – Tugas IV "Filsafat Komunikasi"

FILSAFAT KOMUNIKASI, Apakah itu?

بسم الله الرحمٰن الرحيم

 

Filsafat Komunikasi

Filsafat adalah usaha untuk memahami atau mengerti dunia dalam hal makna dan nila-nilainya. Bidang Filsafat sangatlah luas dan mencakup secara keseluruhan sejauh dapat dijangkau oleh pikiran. Filsafat berusaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang asal mula dan sifat dasar alam semesta tempat manusia hidup serta apa yang merupakan tujuan hidupnya. (Mohammad Zamroni, Filsafat Komunikasi, pengantar ontologis, epistimologis, aksiologis).

Komunikasi menurut Prof. Onong Uchjana Effendi, adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media).

Filsafat Komunikasi, menurut Prof. Onong Uchjana Effendi, dalam bukunya "Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi," (cetakan ketiga 2003 hal. 321) adalah suatu disiplin yang menelaah pemahaman (verstehen) secara fundamental, metodologis, sistematis, analitis, kritis, dan holistis teori dan proses komunikasi yang meliputi segala dimensi menurut bidangnya, sifatnya, tatanannya, tujuannya, fungsinya, tekniknya, dan metodenya.

Filsafat Komunikasi juga berupaya menjelaskan apa yang mendasari konseptualisasi atau rekonseptualisasi teori dan Model Komunikasi. Kemudian disebutkan pula setelahnya, kerangka ilmu komunikasi adalah sebagai berukut:

-      Bidang Komunikasi: Komunikasi Sosial, Komunikasi Organisasional, Komunikasi Bisnis, Komunikasi Politik, Komunikasi Internasional, Komunikasi Antarbudaya, Komunikasi pembangunan, Komunikasi Tradisional, dll.

-      Sifat Komunikasi: Komunikasi Verbal dan Komunikasi Nirverbal.

-      Tatanan Komunikasi: Komunikasi Intrapribadi, Komunikasi Antarpribadi, Komunikasi Kelompok, Komunikasi Massa, dan Komunikasi Media.

-      Tujuan Komunikasi: mengubah sikap, mengubah opini, mengubah prilaku, mengubah masyarakat, dll.

-      Fungsi Komunikasi: menginformasikan, mendidik, menghibut, mempengaruhi, dan sebagainya.

-      Teknik Komunikasi: Komunikasi Informatif, Komunikasi Persuasif, Komunikasi Pervasif, Komunikasi Koersif, Komunikasi Instruktif, Hubungan Manusiawi.

-      Metode Komunikasi: Jurnalistik, Hubungan Masyarakat, Periklanan, Propaganda, Perang Urat Syaraf, Perpustakaan, dan lain sebagainya.

Jadi Filsafat Komunikasi adalah suatu disiplin yang menelaah pemahaman-pemahamannya di sini dalam arti secara mendalam sebagai terjemahan dari istilah "verstehen" mengenai proses komunikasi.

 

Sumber:

- Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi, Karya Prof. Onong Uchjana Effendi, MA. (Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 2003).

- Filsafat Komunikasi, Pengantar Ontologis, Epistimologis, Aksiologis. Karya Mohammad Zamroni. (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009).

- Filsafat Ilmu Komunikasi, suatu pengantar. Karya Dani Vardiansyah. (Jakarta: PT Indeks, 2008).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini