Senin, 03 Desember 2012

ACHMAD FAIZAL RIWANTO KPI 1E TUGAS-11(TOKOH PERUBAHAN)

PENDIRI REMAJA MASJID DI TENGAH MASYARAKAT MODERN

NAMA  : ACHMAD FAIZAL RIWANTO

NIM      : 1112051000155

 

1.     Latar Belakang

 

Dimasyarakat modern jaman sekarang orang rata-rata lebih banyak menghabiskan harinya dilingkungan sekolah dan kerja masing-masing. Ketika mereka sampai dirumah jangankan untuk beribadah ke masjid sekedar keluar rumah aja mereka sudah malas karena kelelahan. Maka dari itu masjid kurang makmur, yang rajin ke masjid hanya mereka yang telah lanjut usia yang sudah tidak ada aktifitas lagi. Terutama para remaja penerus generasi bangsa mereka lebih asyik main game online ketimbang mengaji di masjid.

 

Maka dari itu perlu diadakan sebuah organisasi untuk menghidupkan peran remaja dalam kemakmuran masjid salah satunya dengan menghidupkan remaja masjid. Dengan dihidupkannya remaja masjid dapat menyadarkan kepada orang tua bahwa dalam mendidik anak bukan hanya dalam duniawi tetapi juga harus mencakup rohani.

 

2.     Pertanyaan Pokok

 

Apa yang membuat bapak ingin menghidupkan remaja masjid dan apa harapan bapak dengan adanya remaja masjid ini?

 

3.     Metode Penelitian

 

Metode  : Metode kualitatif

Waktu    : Sabtu, 1 Desember 2012 pukul 16.00-17.00

Tempat  : masjid Al muttaqien Pejaten Barat, Pasar Minggu, JakSel

 

 

 

4.     Gambaran tokoh

 

Narasumber kali ini adalah bapak H. Ghozi Thamrin. Beliau adalah pendiri sekaligus pembimbing RPM masjid Almuttaqien. Berkat gagasan beliaulah RPM dapat berdiri hingga sekarang. RPM didirikan karena semakin sedikitnya para remaja yang peduli dengan kemakmuran masjid.

 

 

5.     Analisis

 

RPM Al-Muttaqien berdiri pada tanggal 28 Oktober 2010 bertepatan dengan hari sumpah pemuda diharapkan para remaja RPM dapat meneruskan semangat sumpah pemuda dalam memakmurkan masjid. Sebelum berdirinya RPM para remaja lebih sering menghabiskan waktunya untuk hura-hura seperti jalan jalan ke mall, maen game, dll. Maka dari itu bpk H. Ghozi Thamrin berniat mendirikan remaja pecinta masjid Al-Muttqien agar para remaja lebih peduli terhadap kemakmuran masjid tercinta ini. RPM bertugas untuk selalu menghidupkan masjid seperti salat berjamaah, dan mengisi hari-hari besar islam seperti peringatan Muharram, Maulid Nabi, panitia qurban, santunan anak yatim, dll. RPM disini bukan hanya bertugas untuk memakmurkan masjid saja tetapi juga selalu siap menolong warga sekitar yang mebutuhkan pertolongan. Pak Ghozi juga berkeinginan untuk lebih memajukan dan memfasilitasi RPM, seperti computer satu set, majalah dinding, seperangkat alat marawis dan hadroh, dll. Sehingga para RPM menjadi lebih semangat dalam menghidupkan kesenian-kesenian bernuansa islami. Dan para warga sekitar juga sangat terbantu dengan adanya RPM ini karena RPM selalu terbuka dalam berkomunikasi seperti kalau ada acara pasti RPM lah yang menyebarkan y\undangan ke warga. RPM juga rutin mengadakan pengajian seminggu sekali untuk bapak-bapak pada hari Sabtu ba'da isya, sedangkan untuk ibu-ibu hari Kamis ba'da zhuhur. Jadi interaksi dan relasi antara RPM dan warga sekitar erat dan sangat baik, sehingga satu sama lain saling mendukung.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini