Senin, 03 Desember 2012

Umi Kulsum_Lap4_"Tokoh masyarakat yang berpengaruh dalam perubahan sosial".JurnalistikA

USTADZ yang BERSENI

Nama :Umi Kulsum

NIM : 1112051100003

Prodi : Jurnalistik 1A

       I.            Latar Belakang

Penelitian ke empat ini saya memilih ustadz sebagai tokoh yang berpengaruh didalam masyarakat. Pada penelitian sebelumnya mungkin saya menemukan kurang ketelitian tetapi pada penelitian saya yang ke empat ini saya mencoba memperbaiki dari semua penelitian yang saya lakukan. Background seorang ustadz sudah dipastikan seorang yang menjadi patokan masyarakatnya dan pasti akan berdampak positif, maka dari itu saya tertarik untuk meneliti seorang ustadz. Beliau adalah seorang ustadz yang disegani ditempat tinggalnya tetapi, beliau juga seorang pekerja seni.

 

    II.            Pertanyaan Pokok

Bagaimana peran pak ustadz terhadap masyarakat, apa saja perubahan yang sudah dilakukan?

 

 III.            Metode Penelitian

Dalam pembahasan penelitian ini saya menggunakan metode kualitatif. Hal ini bertujuan agar informasi yang saya dapatkan lebih mudah untuk dipahami dan untuk memperjelas sebuah informasi. Metode yang saya gunakan dalam penelitian kali ini menggunakan Metode Kualitatif, karena mengandalkan dalam pengumpulan data dari narasumber misalkan biografi narasumber, dan awal perjalanan hidupnya. Metode ini lebih fleksibel dan mudah dibandingkan metode kuantitatif mengandalkan dalam pengumpulan angka yang harus teliti metode ini sangatlah rumit.

Waktu : 19.00 WIB

Tanggal : 02 Desember 2012

Tempat : Kediaman narasumber, Jalan Raya PLP Curug–Legok Kp. Caringin Tangerang

 IV.            Gambaran Tokoh

Beliau adalah seorang ustadz yang berkecimpung juga didunia seni. Beliau bernama H. Ali Taba atau yang lebih dikenal dengan Ali Baba, beliau adalah seorang sarjana di sebuah perguruan tinggi IKIP Jakarta atau yang lebih dikenal sekarang ialah UNJ (Universitas Negeri Jakarta) beliau lulusan Sarjana seni rupa. Pekerjaan beliau adalah selain mengabdi sebagai seorang ustadz kepada masyarakat juga beliau adalah seorang Entertainer, sutradara, produser, pembuat skenario, sekaligus pemain disebuah stasiun TV (Trans 7).  Program TV yang masih berjalan saat ini ialah Jejak Misterius yang tayang di Trans 7. Beliau lahir dilingkungan agama yang sangat fanatik maka dari itu mau tidak mau beliau tergerak untuk memperdalami ilmu, beliau adalah lulusan pondok pesantren hari-harinya beliau habiskan di pondok pesantren.

Beliau juga seorang wartawan yang terkenal, pekerja seni yang handal.

Setiap ada hari kosong ataupun tidk ada jadwal syuting beliau menghabiskan waktunya untuk mengajar PAUD, dan mengajar di bidang kesenian di SMK PGRI-Legok.

    V.            Analisis

Dari pertanyaan diatas beliau sudah menjelaskan bagaimana peran beliau di dalam masyarakat. Menurutnya, peran ustadz zaman sekarang ini sangat berbeda dengan peran ustadz zaman dhulu karena peran ustad zaman dahulu itu mengandalkan sebuah kebenaran sosial dan spiritual. Ustadz zaman dahulu itu banyak memberi sesuatu terhadap umatnya, tanpa pamrih bila menyampaikan ilmu misalnya pamrih. Tetapi, jika ustadz zaman sekarng ini lebih banyak menerima, mereka mempunyai kecenderungan untuk senang menerima pemberian dalam arti mereka itu sangat pamrih dalam memberikan ilmunya.

Salah satunya peran yang sangat berpengaruh misalnya :

1. Membuka kesadaran pada perubahan yang tidak benar kegiatan agama sebagai sebuah mata pencaharian.

2. Kita bukan hanya menerima tetapi memberi maka Allah akan banyak membalasnya.

Awalnya beliau sangat ditentang oleh sebagian masyarakat tentang pendapatnya tersebut tetapi lambat laumn mereka akhirnya mengerti dan mendukung ustadz Ali Baba.  Perubahan yang beliau lakukan untuk masyarakatnya yaitu terjadi reaksi yang besar atau keras menurutnya ini sesuatu yang wajar karena muncul dari sesuatu yang tidak lazim. Ada pandangan beberapa orang arab segala sesuatu diukur oleh derajat, pangkat, dan keturunan itulah yang dapat membedakan satu sama lain. Misalnya"

-          Mengecam ceramah atau mengajar dibayar karena itu tidak benar sebuah ilmu agama dibayar dengan uang.

-          Perubahan rakus jamaah menjadi bawa makanan

-          Perubahan yang beliau sampaikan tidak benar menjadi benar.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini