Senin, 03 Desember 2012

Tugas lapangan ke 5, kepemimpinan ketua voc dan apa perubahannya, Nama: DEWI UTARI (1112051000134)

Nama : Dewi Utari (1112051000134)
Kepemimpinan ketua di LSO VOC dan perubahan-perubahan yang terjadi
 
       I.            LATAR BELAKANG
 
UIN Syarif Hidayatullah merupakan Universitas Islam Negri yang terdapat didaerah Ciputat Tanggerang Selatan. Kampus ini terdiri dari berbagai macam jurusan-jurusan yang disatukan menjadi beberapa bagian menjadi fakultas, dan tentunya disetiap fakultas-fakultas itu terdapat berbagai macam-macam jenis LSO, salah satunya seperti LSO paduan suara. Misalnya di fakultas  dakwah terdapat LSO yang berjeniskan paduan suara yaitu VOC atau singkatan dari voice of communication.
Voice of communication ini merupakan lso yang bergendre kan paduan suara, atau menyanyi yang anggotanya terdiri dari banyak orang, bagi setiap mahasiswa-mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah yang suka da hobby menyanyi serta memiliki bakat untuk mmenyanyi berkhak untuk bisa mengikuti lso itu. Voc ini suatu lembaga yang terbuka bagi siapa saja yang brminat berkhak untuk bergabung kedalam lso ini.
Serupa dengan hal itu dikampus ini juga terdapat lembaga paduan suara tetapi yang bersifat lebih sulit untuk dimasuki, dan paduan suara yang merupakan gabungan dari setiap fakultas untuk bisa mengikuti dan bergabung menjadi anggota dalam paduan suara itu, paduan suara ini diberi nama psm atau paduan suara mahasiwa. Bedanya psm dengan voc ini terletak dalam sistem kelembagaannya, jika voc masih bersifat terbuka dan terdiri atau khusus untuk fakultas dakwah saja, tetapi jika psm ini lembaganya lebih terorganisai dan bebas untuk setiap mahasiswa-mahasiswi untuk masuk dan bergabung dengan psm tetapi tentunya dengan criteria yang lebih sulit untuk dilalui. Tetapi meskipun demikian voc juga tidak kalah bagus kualiatasnya dengan psm tersebut.
 
 
 
 
 
    II.            PERTANYAAN POKOK
 
                                 1.         Pengaruh dan perubahan apa saja yang telah dilakukan Achmad Rifki Faturahman dalam voc?
 
 III.            METODE PENELITIAN
Pada kesempatan kali ini saya menggunakan metode penelitian kualitatif, tentunya dengan melakukan wawancara-wawancara terhadap kepemimpinan Achmad Rifki Faturahman serta perubahan apa yang sudah beliau lakukan dalam lso voc tersebut. Metode ini saya lakukan supaya saya bisa lebih dalam memahami, mengerti dan tau secara dalam, lengkap dan utuh mengenai lembaga lso voc ini agar saya tidak simpang siur dalam menganalisis, membuat hasi pengamatan mengenai voc ini agar saya tidak salah dan sembarangan dalam penulisan, dalam menceritakan hasil analisis ini.
 
 
 IV.            GAMBARAN TOKOH
Nara sumber yang saya dapatkan dalam wawancara kali ini adalah  Achmad Rifki Faturahman, beliau merupakan ketua atau pimpinan dalam lso voc tersebut. Adapun nara sumber lain yang saya wawancarai adalah Nanda Fahmiyah, Fitrah Mulyana Aldiansyah, Apik Sopan Katanya, Nirma Sugiarti, mereka merupakan anggota-anggotadari voc.
Wawancara dilakukan,
pada : Senin, 03 Desember 2012
Pukul : 05.30 WIB
Lokasi wawancara : Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Ciputat.
 
 
    V.            HASIL PENGAMATAN
VOC atau singkatan dari Voice of communication merupakan suatu lembaga lso yang bergendre atau berjeniskan paduan suara, lso voc ini didirikan sekitar 10 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2002. Pada saat itu voc merupakan lembaga lso yang sangat digemari, disukai, diminati, banyak mahasiswa dan mahasiswi UIN. Pada masa itu voc sangat eksis, berwibawa, bagus, luar biasa, baik, dan indah. Namun, dengan seiring nya berjalannya waktu terjadilah pergeseran-pergeseran jabatan ketua dan anggota-anggota voc.
Sekitar 6tahun yang lalu voc diketuai oleh Abda, menurut anggota-anggota voc pada masa itu kepemimpinan beliau sangat baik, mendidik, keras dan tegas. Pada awal kepemimpinannya voc menjadi sedikit lebih baik, maju dan berkembang sehingga hampir sering voc dibanjiri job, dipanggi untuk menghadiri dan tampil di acara hymne indo didaerah monas dan bogor, voc juga pernah ikut tampil dalam acara konser wali di kampus UIN ini, serta ditangannya voc dapat pula membuat konser tunggal yang bertemakan atau berjudul syhimphoni cinta tepatnya pada tanggal 3 Juni 2010. Namun, entah karena apa setelah konser tunggal tersebut  terjadilah konflik antar anggota voc sehingga timbulah masalah-masalah dalam organisasi tersebut dan karena hal inilah  membuat voc menjadi terpuruk, menjadi hancur berantakan, dan hampir pula membuat voc menjadi bubar. Semua anggota voc menjadi terpecah belah, mereka pergi dan mengundurkan diri dari voc bahkan Abda pun sempat menghilang sekitar 1tahun lamanya, dan alhasil voc pun menjadi vakum selama 1tahun itu.
Namun, salah seorang dari anggota voc tersebut yang bernama Achmad Rifki Faturohman, beliau sangat memiliki tekad, keinginan untuk bisa membangkitkan voc kembali dan membuat voc menjadi baik lagi bahkan lebih baik lagi dari yang sebelumnya, membuat voc menjadi layak untuk dipertahankan, dan merubah pandangan orang-orang mengenai voc. Serta beliau juga memiliki alasan kuat untuk terus mempertahankan voc ini, beliau mengganggap bahwa hal itu merupakan kewajiban bagi setiap aggota untuk mengembalikan semangat, jiwa voc kembali, apresiasi buat senior yang udah berjuang untuk mendirikan voc dengan susah payah, serta ingin berjuang membangkitkan voc kembali. dari alasan-alasan tersebutlah beliau bersusah puyah, mengeluarkan tenaga, fikiran dan jiwa nya untuk membangkitkan dan membuat voc menjadi jaya kembali, beliau banyak melakukan usaha-usaha untuk mewujudkankan impiannya itu , usaha yang sudah beliau lakukan untuk membangkitkan voc kembali yaitu:
1)      Coba kumpulin anak-anak voc
2)      sering melakukan latihan-latihan
3)      melakukan promosi yang tiada hentinya bahkan sampai masuk-masuk ketiap tiap kelas
4)      menyebarkan famlet-famlet ke kampus
5)      berusaha untuk mencari dan menghubungi anggoa-anggota voc yang pada mencar sehingga menjadi bersatu kembali.
Akhirnya Dengan melakukan semua usaha itu, voc kembali menjadi bangkit hingga sekarang, meskipun memang sangat sulit untuk bisa mempertahankannya hingga detik ini. beliau sangat berperan penting dalam voc karena tanpa beliau mungkin voc sudah tida ada lagi sampai sekarang, dan tanpa beliau voc tidak akan berwarna dan bagus.
 Akhirnya dengan usaha dan semangat yang telah beliau lakukan tersebut, bangkitlah voc hingga bisa bertahan sampai saat ini, sehingga voc bisaa menjadi maju dan berkembang, serta nama voc pun menjadi baik dimata mahasiswa-mahasiswi, kini voc sudah menjadi lebih baik lagi, voc telah bangkit dari keterpurukannya, dan satu persatu pun banyak anggota-anggota voc yang kembali dan datanglah generasi-genersai baru penerus voc, dan kami sama berjuang-juang untuk membangun voc yang maju, baik dan berkembang. sehingga kini prestasi voc pun juga semakin membaik, kami sering diundang untuk menghadiri acara-acara dikampus ini khususnya fakultas dakwah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini