Senin, 03 Desember 2012

Nama: Mudillah
NIM: 1112051000132
Kelas: KPI 1E
PERUBAHAN YANG TERJADI DI DALAM MASYARAKAT MELALUI SEBUAH ORGANISASI
 
a.       Latar belakang
Sebuah organisasi atau lembaga masyarakat mempunyai peran penting dalam kehidupan. Organisasi atau lembaga inilah yang menentukan perubahan di masyarakat, baik itu ke sifat positif ataupun negatif. Di Indonesia sendiri organisasi telah menjamur, dari organisasi kecil yang berlingkup hanya pada masyarakat sekitarnya maupun organisasi besar yang berlingkup luas dan pasti Sebuah organisasi memiliki sosok yang berperan penting di dalam menjalankan organisasinya.
Melihat keadaan masyarakat yang semakin memperihatinkan, Ust. Syamsuri berinisiativ untuk mendirikan sebuah organisasi, semula organisasi ini didominasi oleh para pemuda dan selanjutnya diikuti oleh masyarakat sekitar, organisasi ini bernama ma'had al-fityah.
b.      Pertanyaan pokok
1.      Apa yang dilakukan Ust. Syamsuri dalam mengubah masyarakat sekitarnya?
 
c.       Metode Penelitian
1.      Metode : Kualitatif   
2.      Waktu Penelitian: minggu, 2 desember 2012 pkl. 13.30 – 15.00
3.      Tempat Penelitian: jl. Panjang cidodol, grogol selatan, kebayoran lama, jakarta selatan
 
d.      Sumber penelitian
Dalam penelitian ini bersumber dari seorang tokoh masyarakat yang bernama Ust. Syamsuri, beliau berperan penting dalam organisasi ini dan beliau merupakan ketua dan pelopor organisasi ini
e.       Analisis
 Mahadul fityah, sebuah organisasi kecil  berdiri pada tahun 2008 yang dipelopori oleh Ust. Syamsuri memberikan perubahan di lingkungan masyarakat tempat tinggalnya. Pada mulanya organisasi ini  didominasi oleh pemuda-pemuda, namun seiring berjalannya waktu masyarakat sekitar pun ikut berperan atau berpartisipasi di organisasi ini.
Sebelum organisasi ini berdiri, keadaan pemuda-pemuda ini sangat memprihatinkan, dimana mereka tidak memanfaat waktu mereka dengan kegiatan yang bermanfaat,  kalau kata anak zaman sekarang kongkow, yang tidak jelas manfaatnya. Bagi Ust. Syamsuri sendiri mengajak orang lain untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik bukanlah sebuah hal yang mudah, semudah membalikkan telapak tangan. Namun. Semua itu membutuhkan suatu proses. Pada proses awal, Ust. Syamsuri mentargetkan kepada para pemuda. Mula-mula beliau ikut bergabung kongkow dengan anak muda dan kemudian mengambil hati para pemuda tersebut, dengan cara itu beliau mampu menarik perhatian para pemuda, dan akhirnya mereka merasa tertarik dengan apa yang diusulkan Ust. Syamsuri.
setelah organisasi ini berdiri, masyarakat mejadi lebih agamis, khususnya dikalangan pemuda. Misalnya dengan memanfaatkan waktu untuk kegiatan keagamaan, seperti memperingati hari besar islam. Selain itu, organisasi ini juga mengadakan pengajian kitab fiqh setiap malam kamis, ba'da maghrib oleh alim. Dan karena itu juga masyarakat menjadi lebih rajin untuk sholat berjama'ah di masjid.
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini