Senin, 03 Desember 2012

Syarif Hidayatullah_Jurnalistik1A_Laporan4_Tokoh Perubahan Sosial

H. Hasan Basuni M.Kes : Ustadz Yang Disegani Dan Dihormati di Masyarakat.

NAMA            :           SYARIF HIDAYATULLAH
NIM                :           1112051100007

I.                   Latar Belakang.
William F. Ogburn mendefinisikan perubahan sosial sebagai perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun immaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial begitu juga dengan pendapat Samuel Koening yakni perubahan sosial menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut terjadi karena sebab-sebab intern maupun eksteren, tak beralih dari perubahan sosial Selo soemardjan berpendapat bahwa perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosial, termasuk di dalamnya nilai, sikap, dan pola perilaku kelompok-kelompok dalam masyarakat.
Dari definisi yang telah terpaparkan yang tak lepas dari keterkaitan pendapat masing-masing ahli yang ada, maka sedikitnya dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial adalah perubahan atau modifikasi yang mencakup kebudayan materi atau immateri dalam kehidupan manusia karena sebab-sebab tertentu yang termasuk didalamnya baik nilai, sikap dan pola perilaku yang berlaku dalam masyarakat. Dan hingga pada suatu titik dimana orang-orang yang berkelebihan di bidang tertentulah yang bisa disebut dengan "agen" sosial.
Di daerah tempat tinggal peneliti terdapat fakta bahwa tokoh yang peneliti ambil adalah sosok tokoh masyarakat yang di segani di daerah sekitar yakni rukun warga, hingga satu kelurahan dibidang dakwah karena beliau seorang ustadz.

II.                Pertanyaan Pokok Penelitian.
1.      Bagaimana hubungan dan pengaruh yang dirasakan masyarakat sekitar terhadap bapak ustadz H. Hasan Basuni M.Kes?
 
III.             Metode Penelitian.
Metode yang peneliti gunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan wawancara mendalam terkait dengan narasumber dan langsung kepada narasumber tersebut. Yang dilakukan di musolla setelah solat isya berjama'ah pada hari minggu 2 Desember 2012.
 
IV.             Gambaran Subyek Peneliti.
Bapak H. Hasan Basuni M.Kes adalah seorang ustadz yang tinggal di daerah rawasari, cempaka putih, Jakarta pusat. Beliau adalah ustadz sekaligus menjadi salah satu pendiri dari yayasan "Al-Falah Bina Umat" beliau lahir di Brebes Jawa tengah, terlahir di keluarga yang cukup, dengan modal pendidikan yang mumpuni untuk menjadi ustadz yang memiliki intelektualitas yang tinggi di daerah sekitar yang sekarang ditempati.
Disamping menjadi ustadz dan sebagai pengurus musolla sekaligus yayasan bapak H. Hasan Basuni M.Kes juga bekerja sebagai PNS, dosen tepatnya di Universitas Negeri Jakarta. Beliau sangat berkomitmen dengan profesinya sebagai pengajar di kedua bidang ini, dan sering kali beliau diundang di berbagai acara ceramah sebagai penceramah dan seminar.
Dimata masyarakat sekitar beliau adalah sosok ketua Rw yang bijaksana, humoris dan enerjik dalam memimpin masyarakat sekitar, di samping beliau adalah sosok yang humoris tetapi beliau tegas dalam aturan yang dalam masyarakat serta aturan-aturan yang memiliki dalam beragama. Beliau juga memiliki beberapa usah yang letaknya tak jauh dari tempat beliau tinggal salah satunya adalah toko handphone.
 
V.                Analisa.
Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang sempurna di banding dengan makhluk lainnya tetapi dibalik kesempurnaanya pasti ada kendala yang harus di hadapi, yakni hawa nafsu yang setiap umat manusia dapatkan, semua itu harus dikendalikan dan cegah dari hal yang menjerumus pada keburukan ataupun yang di larang Allah, dan disini dengan kehadiran bapak ustadz H. Hasan Basuni M.Kes dapat mempengaruhi masyarakat sekitar untuk terus berjalan dijalan yang benar.
H. Hasan Basuni M.Kes adalah tokoh agama sekaligus pemimpin yang dianggap berpengaruh dalam masyarakat sekitar, karena dengan kehadirannya dengan penyampaian ilmu yang beliau miliki maka orang-orang sekitarnya yang mau menerima ajaran beliau akan senantiasa berbuat kebaikan.
Dengan wibawa dan pembawaannya yang humoris tapi tegas, sangat mudah masyarakat sekitar menerima ajarannya, dengan nada yang terkadang masih kental dengan logat Brebes, yang menambah kekhasan dari ceramah beliau.
Dari data-data yang tersaji diatas maka sangat berpengaruh beliau di masyarakat sekitar baik dari profesi beliau, jabatan beliau dan title ustadz yang sudah tertanam di dalam ajaran beliau.
 
 
Daftar pustaka                         :               H. Hasan Basuni M.Kes
http://id.wikipedia.org/wiki/Perubahan_sosial
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini