Senin, 03 Desember 2012

Laporan 2, Sosok Pengubah, Ahmad Hilman Zulfahmi, KPI 1/E

Pelopor Kampung Bersih


Nama    : Ahmad Hilman Zulfahmi
NIM       : 1112051000153



I.                    Latar Belakang
Sebuah kampung yang bersih merupakan idaman setiap warga yang tinggal. Bukan hanya kebersihan, penghijauan sebuah pemukiman juga menjadi landasan penting terwujudnya pemukiman yang asri dan nyaman untuk ditinggali. Dalam llingkungan yang bersih dan asri juga menciptakan lingkungan yang sehat. Dalam Islam, lingkungan yang bersih merupakan bagian dari keimanan, sebagaimana dalam hadits Nabi yang berbunyi "kebersihan adalah sebagian dari iman."
Namun ada juga kampung atau pemukiman yang kurang bersih dan kurang ada penghijauan. Di Jakarta sendiri, lahan terbuka hijau hanya berkisar skitar 10-11% saja, padahal lahan terbuka yang ideal berjumlah 30%. Maka dari itu Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menargetkan sebanyak 30 persen lahan di Jakarta untuk menjadi ruang terbuka hijau. Dan untuk itu pemprov DKI akan membeli lahan, demi kenyamanan warga Jakarta.
Dalam penelitian ini saya mengangkat sebuah tokoh masyarakat, seorang ketua Rukun Tetangga yang mempunyai peran besar dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan hijau. Beliau bernama Masfur.

II.                  Pertanyaan Pokok
Bagaimana menjadikan pemukiman menjadi bersih dan hijau?

III.                Metode Penelitian
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Untuk mendapatkan informasi dan data secara mendalam, maka dipakailah metode ini.
Lokasi penelitian dilakukan di Pemukiman Warga RT 05 RW 012, Jalan Qrisdoren Kelurahan Sukabumi Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Kotamadya Jakarta Barat.
Waktu penelitian dilakukan hari minggu tanggal 2 Desember 2012.

IV.                Gambaran Tokoh
Tokoh yang saya wawancarai adalah seorang Ketua RT 05 Kelurahan Sukabumi Utara Jakarta Barat. Ia bernama Masfur, lahir di Jakarta 4 Juli. Ia sudah menjabat sebagai ketua RT dari tahun 2007. Ia menjadi pelopor terwujudnya Kampung Bersih dan Sehat. Ayah dari 3 anak ini selain sebagai ketua RT juga menjalani profesinya sebagai wiraswasta tanaman hias.

V.                  Analisis
Sejak beberapa bulan yang lalu pemukiman RT 05 yang dikelola Pak Masfur ini terlihat rapi. Banyak tumbuhan di sisi jalan, banyak tong sampah yang disusun rapi sehingga sampah tidak berserakkan di jalan. Pak Masfur yang akrab disapa Bang Gopur ini menjelaskan bahwa lingkungan yang bersih dapat menjadikan masyarakat yang teratur dan sehat. Dalam usahanya menjadikan kampung bersih dan sehat, Bang Gopur mengajak warga RT 05 untuk bekerja sama membersihkan pemukimannya secara rutin. "Terutama kaum bapak yang diminta untuk ikut membersihkan kampung tiap jum'at pagi." Jelasnya. Ia juga menggalang dana untuk pembelian tanaman-tanaman dan tempat sampah. Aksinya itu mendapat respon yang sangat positif dari warganya. Menurut Bang Gopur "kalau lingkungan yang kita tempatin bukan kita yang merawat, siapa lagi?" Bukan hanya tiap jum'at pagi dilakukan bersih-bersih secara rutin, tapi juga setiap warga yang mempunyai waktu luang dipersilahkan untuk merawat lingkungannya. Bang Gopur menambahkan bahwa setiap kampung yang sehat pasti ada kebersamaan warganya.
 
Daftar Pustaka
www.tvonenews.tv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini