Senin, 03 Desember 2012

Laporan Lapangan 1 Tokoh Perubah Kehidupan Sosial Nama : Novi Fitriani_1112051000147_KPI I E

Laporan Lapangan 1 Tokoh Perubah Kehidupan Sosial

Nama : Novi Fitriani

NIM : 1112051000147

                      I.                      Latar Belakang

Perubahan Sosial, Perubahan menurut  Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah hal (keadaan) berubah, peralihan, pertukaran. Sedangkan Sosial menurut KBBI adalah sesuatu yang berkenaan dengan masyarakat.

pengubah menurut KBBI adalah  yang mengubah atau  yang memperbarui. Di dalam sifat ilmu ada salah satunya Communicable yaitu ilmu dapat ditransfer kepada orang lain sehingga dapat dimengerti dan dipahami maknanya

Berdasarkan salah satu sifat Communicable, maka harus ada subjek dan objek yaitu pelaku yang mentransfer dan objek yang ditransfer.

Subjek disini berarti guru atau pengajar, guru dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti orang yang  pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar. Ada pepatah yang mengatakan bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Pengorbanan yang dilakukan guru itu besar dan amat berharga. Guru berusaha menjalankan tugasnya sebagai pengajar yang baik dan menyenangkan. supaya Hasil dari communicable semestinya berbuah manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain, baik dalam skala kecil maupun skala besar yang dapat menimbulkan perubahan sosial di masyarakat

Maka dari itu penelitian dilakukan untuk mengetahui apa saja peran yang dilakukan untuk mentransfer ilmu sehingga terjadi perubahan sosial. Dengan mengangkat guru dalam ajaran Islam atau biasa disebut dengan Ustad / Ustadzah.

                     II.                     Pertanyaan Pokok Penelitian

1. Bagaimana cara dan hasil interaksi seorang ustadzah dengan murid-muridnya serta lingkungan sekitar sehingga menimbulkan perubahan sosial?

                    III.                    Metode Penelitian : Kualitatif

Waktu             : Sabtu, 30 Nopember 2012. Pukul 14.00 wib s/d selesai.

Tempat            : Majelis Ta'lim Al-Mudzakaroh

                                     Perumahan  Bumi Cikande Indah. Serang-Banten

                    IV.                    Gambaran Subyek dan Obyek

Narasumber adalah ustadzah Shoimah, seorang ibu yang mendedikasikan dirinya untuk mengajar, membimbing masyarakat sekitar khususnya  kaum perempuan dan anak –anak. Beliau telah 12 tahun menjadi ustadzah di lingkungan perumahan BCI.

                     V.                     Analisis

Ustadzah Shoimah dipercaya oleh bapak H. Muhammad Idrus selaku ketua DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) al-Mudzakaroh untuk menjadi  pembimbing sekaligus pengajar agama Islam bagi kaum perempuan khususnya ibu-ibu dan bagi anak-anak di lingkungan sekitar perumahan. Ustadzah  berinteraksi dengan masyarakat  menggunakan berbagai  cara, seperti menggelar pengajian rutin untuk anak-anak yang lebih bersifat pribadi yaitu di tempat tinggalnya sendiri , pengajian rutin ibu-ibu antar RT yang dilaksanakan setiap malam Sabtu dan setiap Minggu pagi untuk ibu-ibu yang bersifat umum, yakni boleh dari mana saja. Selain itu interaksi  tak hanya dilakukan dengan masyarakat sekitar, namun dengan masyarakat luar daerah juga. Misalnya dengan mengadakan ziarah kubur ke luar daerah atau luar provinsi.

Keberadaan ustadzah Shoimah dirasa cukup membawa dampak positif bagi keluarga dan masyarakat sekitar, beliau dikenal sebagai seorang ibu yang sangat penyayang kepada anak-anak khususnya anak kandungnya sendiri. Beliau juga seorang isteri yang dibanggakan suami. Beliau mempunyai banyak ilmu mengenai ajaran agama Islam dan dapat berbagi ilmu dengan masyarakat luas. Cara berkomunikasinya juga cukup menyenangkan karena beliau seorang yang humoris dan dengan suara khasnya dapat membuat para jamaahnya terhibur.

Cara berinteraksi beliau dengan anak-anak pun cukup menarik, di sela-sela pengajian rutin setiap seminggu sekali beliau memberikan para muridnya Es atau berbagai macam panganan buatannya sendiri, sehingga para murid merasa senang dan tidak jenuh.  Peran beliau dalam  membina dan membentuk akhlak  anak-anak telah cukup membantu anak-anak  untuk pembentukan akhlak mereka menjadi pribadi yang lebih baik, karena di dalam pengajian ini selain diajarkan tentang tata cara beribadah kepada Allah, mengaji al-Qur'an, kitab, hadist dan kisah-kisah teladan para nabi dan rasul.  

Para orang tua mempercayai ustadzah Shoimah untuk membina dan mengajarkan ilmu agama untuk anak-anak mereka tidak lain dan tidak bukan lagi karena para orang tua telah yakin akan kemampuan mumpuni ustadzah Shoimah ini.  Karena banyak hal yang membuktikan bahwa ajaran ustadzah Shoimah ini membantu anak-anak dalam pelajaran di sekolahnya maupun di TPA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini