Senin, 03 Desember 2012

tugas " penelitian" tugas ke 11

 
Laporan hasil penelitian terhadap sorang tokoh pengubah dalam kehidupan Sosial
Kepala sekolah SMK AL WASHILAH JAKARTA
" Bapak Sahata Pane ST. "
 
NENDEN NELAWATI
NIM    (1112051000135)
 
1.      latar Belakang
Seoarang  tokoh yang dapat mengubah keadaan di lingkungannya yaitu  mencerminkan bahwa beliau adalah tokoh yang baik dan pantas untuk dipanuti. Tapi menjadi tokoh yang seperti itu tidak gampang, melainkan hal yang sulit, selain beliau harus dapat mengatur sistem dalam kehidupan sosialnya  terlebih dahulu beliau harus bisa  mengatur sistem kehidupan pada didrinya sendiri, yaitu keluarga. Bagaimana ia mengatur, keluarganya, anak dan istrinya, dari bagaimana ia berprilaku, mendidik seorang anak menjadi anak yang baik, menjadi kepala keluarga yang tegas dan berwibawa.
Itu semua sangat penting dan erat hubungannya.  Ketika  bagaimana kehidupan beliau dalam keluarganya  pasti akan berpengaruh dengan bagaimana ketika beliau menjadi seorang pemimpin/tokoh yang menjadi sorotan masyarakat dan baik atau tidakkah beliau untuk menjadi panutan mereka semua.
Dari situlah ketika seorang tokoh yang berperan penting  dekat dengan masyarakat, menjadi sorotan, sistem yang beliau buat baik, masyarakat senang, banyak perubahan yang positiv yang terjadi yang membuat masyarakat  yang berada dalam lingkungan merasa nyaman dan bangga terhadap beliau. Tidak hanya dalam perubahan keadaan lingkungan saja tapi pola berpikir mereka pun pasti berubah. Karena pasti mereka berpikir dan berinisiatif " pemimpin saja mampu untuk melakukan itu masa kita tidak bisa! Malu  kita " .
 
2.      Pertanyaan Pokok
 
·         Seberapa besarkah Bapak Kepala Sekolah berperan penting dalam sebuah perubahan sistem yang terjadi  dalam sekolah SMK Al Washilah ini?
 
 
 
 
3.      Metode Penelitian
Menggunakan metode Kuantitatif, karena yang merasaka, melihat bahkan menilai  bagaiman toko itu, dan perubahan apa saja yang terjadi itu adalah orang-orang yang berada dalam lingkungan.  Sehingga saya menggunakan metode kuantitatif untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat.
4.      Gambaran Subjek
 
Bapak Sahata Pane ST. Kepala Sekolah SMK Al Washilah adalah nara sumber saya, ketika wawancara yang saya lakukan pada hari Selasa 27 November 2012 (pukul 08.00 ) bertempat di Ruangan Kepala Sekolah. Tidak hanya beliau saja nara sumbernya, akan tetapi guru-guru dan staf-staf yang berada dalam kantor sekolah tersebut. Bahkan saya mengambil informasi kembali dari siswa dan siswi yang  pada saat itu sedang dalam keadaan jam istirahat.
 
 
5.      Analisis
 
            Bapak Sahata Pane  lahir  di Medan pada tanggal 08 April 1973. Beliau terlahir dari keluarga yang tidak terlalu mampu ayahnya hanyalah seorang petani biasa dan ibunyapun hanya ibu rumah tangga biasa. Beliau  5 bersaudara,  beliau adalah anak yang pertama, sehingga ia adalah anak  yang paling besar dan yang membantu ayahnya ketika bekerja. Tetapi beliau dan adik-adiknya tetap bersekolah. Beliau adalah anak yang sangat pekerja keras, tak pernah menyerah dan tidak malas. Beliau selalu rajin belajar, bahkan beliau adalah anak paling pintar disekolahnya. Ketika beliau kelas 5 SD beliau diajak pamannya untuk pergi ke Jakarta untuk melanjutkan sekolahnya disana. Beliau sekolah di Boedi Utomo hingga SMA. Dan lulus pada tahun 1992. Lulusan ISTA tahun 2000.
 
 Waktu terus berjalan beliau menikah dan mempunyai 2 orang anak laki-laki. Menurut sang istri Ibu Diana, beliau adalah sosok seorang suami dan ayah yang bijaksana dan humoris,  tidak terlalu keras dalam mendidik akan tetapi tegas dalam mendidik anak untuk menjadi anak yang baik, rajin dan dapat membanggakan orang tua. Beliau tidak pernah marah didepan anak-anaknya, dan alhamdulilah dalam ekonomi beliaupun  berkecukupan".
 
Sebelum beliau menjabat sebagai kepala sekolah di SMK Al Washilah beliau sempat bekerja di sebuah bengkel sebagai operator mesin, sampai akhirnyua beliau menjabat sebagai kepala sekolah di SMK Al Washilah sampai sekarang.
 
Menurut staf-staf di kantor sekolah yaitu: Bapak Zein, Bapak Zul, Bapak Ridho, Ibu Eni, Ibu Tari, beliau adalah sosok seorang Kepala Sekolah yang tegas, berwibawa akan tetapi beliau humoris, beliau suka bercanda-canda apa lagi ketika sudah bercanda dengan siswa-siswi dan ketika menhukumpun selalu diiringi dengan senyuman dan candaan, Bahkan sangking humorisnya beliau banyak siswa yang melawan.
 
Akan tetapi juga ketika beliau marah semua pasti diem karena sangking seramnya ketika beliau marah.  Beliau menjabat menjadi kepala sekolah di SMK Al Washilah sudah  4 tahun, dari tahun pertama beliau menjabat menurut para guru-guru dan staf-staf banyak perubahan yang terjadi dalam system tahunan. Bahkan sekolah SMK menjadi teraakreditasi B setelah kehadiran beliau. Bukan berarti karena adanya beliau juga tapi atas kerjasama baik antara staf, giru-guru serta peran kepala sekolah.
 
Bukan dari itu saja tapi dari sisi para siswa juga. Sebalum datngnya beliau para siswa sulit untuk dikendalikan tapi alhamdulilah ketika masa jabatan beliau lebih betrkurang walaupun sedikit demi sedikit. Begutupun ketika saya menanyakan bagaimana kepada para siswa/siswi yang tidak bisa saya sebutkan namanya satu-persatu, tapi mereka semua dari kelas 1, 2, 3, SMK. Yang berjumlah 33 orang. Bagaimana sosok seorang tokoh kepala sekolah mereka ketika berada dalam lingkungan sekolah? jawaban mereka hampir sama semua, yaitu bahwa beliau adalah sosok kepala sekolah yang tegas, berwibawa, disiplin yang kuat, akan tetapi nyaman dan humoris. Dan mereka pun merasakn banyak perubahan ketika beliau hadir dan menjabat, walaupun itu semua atas kerjasama kita semua, akan tetapi beliau juga yang menjadi sorotan dan berperan penting dalam semua perubahan yang terjadi.
 
Bukan hanya itu pula, selain menjabat sebagai kepala sekolah beliaupun aktif dalam organisasi-organisasi masyarakat. Beliau menjadi ketua perkumpulan para pemuda dan bapak-bapak  kerja bakti di lingkungan sosial yang berada di lingkungannya. Dan sebagian bapak-bapak yang saya tanyakan bagaimana peran bapak Pane dalam kehidupan di lingkungannya? Meraka yaitu Bapak Amir, ketua RT. Kedoya 02/10  jakarta selatan.dan Bapak-bapak lainnya yang tidak bisa saya sebutkan namanya satu persatu jawabannyapun sama bahwa Bapak Pane  adalah tokoh yang sangat bijaksana, berwibawa dan humoris, dan perannya dalam lingkungan sangatlah besar bahkan banyak perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan tersebut akan partisipasinya beliau dan atas kerjasama semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini