Selasa, 15 September 2015

Novia Hasan Fratiwi Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial Tugas2

Novia Hasan Fratiwi
11150510000074
KPI 1/B

 

Pendahuluan

§  Latar Belakang

            Tugas ini dibuat untuk mengetahui pengertian dan persaman juga perbedaan tentang Komunitas, Organisasi dan kelompok sosial.

 

§  Rumusan masalah

            Apakah pengertian komunitas, organisasi dan kelompok sosial?

            Apakah persamaan dan perbedaan dari ketiganya?

 

§  Tujuan

            Mengkaji pengertian Komunitas, Organisasi dan kelompok sosial.

            Mengkaji persamaan Komunitas, Organisasi dan kelompok  sosial.

            Mengkaji perbedaan Komunitas, Organisasi dan kelompok  sosial

 

Definisi Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial dalam perspektif Sosiologi

 

-          Komunitas

 

            Komunitas merupakan kumpulan individu-individu yang mempunyai kesukaan, hobi atau suatu kecintaan terhadap hal yang sama tanpa adanya pembagian tugas terhadap individu-individu tersebut.

 

-          Organisasi

           
Istilah organisasi secara harfiah dapat diartikan sebagai suatu kesatuan orang-orang yang tersusun dengan teratur berdasarkan pembagian tugas tertentu.

            Menurut Peter Blau pendefinisian Organisasi adalah prosedur untuk memobilisasi dan mengoordinasi upaya-upaya beragam, subkelompok dalam meraih tujuan-tujuan.

            Menurut Robert Copper dalam pengertian mendasarnya, Organisasi adalah penertiban yang tidak tertib.

 

-          Kelompok sosial

            Secara sosiologis istilah kelompok mempunyai pengertian sebagai suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai hubungan dan berinteraksi, dimana dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama

Kelompok-kelompok sosial merupakan kesatuan sosial yang terdiri dari kumpulan individu-individu yang hidup bersama dengan mengadakan hubungan timbal balik yang cukup intensif dan teratur, sehingga daripadanya diharapkan adanya pembagian tugas, struktur, serta norma-norma tertentu yang berlaku bagi mereka.

 

Persamaan dan Perbedaan Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial

-          Persamaan

 

            komunitas, organisasi dan kelompok sosial adalah kumpulan-kumpulan dari individu untuk membicarakan suatu hal demi tercapainya kesepakatan dan tujuan yang bersama.

 

-          Perbedaan

 

            Komunitas merupakan kumpulan individu-individu tanpa adanya pembagian tugas terhadap individu-individu tersebut. Sedangkan Organisasi juga merupakan kumpulan dari individu-individu tetapi didalam organisasi terdapat tugas-tugas yang telah dibagi berdasarkan kesepakatan bersama. Dan Kelompok sosial merupakan kumpulan dari individu-individu yang mempunyai tugas yang telah dibagi berdasarkan kesepakatan bersama tetapi didalamnya terdapat hubungan timbal balik.

Contoh Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial

-          Komunitas contohnya, Komunitas pecinta hewan. Komunitas pecinta hewan merupakan kumpulan dari beberapa individu yang memiliki ketertarikan atau kesukaan yang sama terhadap hewan yang dimiliknya.

 

-          Organisasi contohnya, Partai politik. Didalam partai politik terdapat beberapa orang yang memiliki tugas dan jabatan yang berbeda dan juga telah ditetapkan bersama.

 

-          Kelompok sosial contohnya,keluarga. Keluarga merupakan contoh yang paling sederhana dan hampir semua manusia pada mulanya menjadi anggota kelompok keluarga walaupun setiap saat para anggotanya menyebar, akan tetapi mereka pada saat-saat tertentu berkumpul kembali dan saling bertukar pengalaman,sehingga pada akhirnya dalam keluarga akan terjadi perubahan-perubahan, baik dalam bentuk maupun aktivitasnya.

 

 

Daftar pustaka

Abdulsyani, 2012, Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

J. Dwi Narwoko-Bagong Suyanto (ed.) Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan.

Jhon Scott.2011. sosiologi: the key concept.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini