Selasa, 15 September 2015

KarlitaCahyani_Komunitas,Organisasi,danKelompokSosial_KPI1/B_Tugas2

Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial

 

A.    Definisi Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial Dalam Perspektif Sosiologi

 

1.      Komunitas

merupakan suatu unit atau kesatuan sosial yang terorganisasikan dalam kelompok-kelompok dengan kepentingan bersama (communities of common interest), baik yang bersifat fungsional maupun yang mempunyai territorial. Istilah komunitas dalam batas-batas tertentu dapat menunjuk pada warga sebuah dusun (dukuh atau kampung), desa, kota, suku,bangsa atau masyarakat setempat.

 

Dalam perspektif sosiologi komunitas dapat dibedakan dari masyarakat lebih luas (society) melalui kedalaman perhatian bersama oleh tingkat interaksi yang tinggi.Para anggota komunitas mempunyai kebutuhan bersama (common needs).dapat disimpulkan komunitas merupakan suatu wilayah kehidupan social yang ditandai olehsuatu derajat hubungan social tertentu dengan dasar-dasar perasaan.

 

2.      Organisasi

adalah sekelompok orang yang ada dan bekerja dalam suatu lingkup tertentu untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama dengan ketentuan-ketentuan yang telah disepakati bersamapula.Stoner berpendapat bahwa organisasi ialah suatu pola hubungan melalui orang atau sekelompok orang di bawah pengarahan manajer untuk mengejar tujuan bersama dan menurut Max Weber organisasi ialah suatu kerangka terstruktur yang di dalamnya berisikan wewenang, tanggung jawab dan pembagian kerja untuk menjalankan masing-masing fungsi tertentu.

 

3.      Kelompok sosial

merupakan kesatuan sosial yang terdiri dari kumpulan individu-individu yang hidup bersama dengan mengadakan hubungan timbal balik yang cukup intensif dan teratur, sehingga daripadanya diharapkan adanya pembagian tugas, struktur, serta norma-norma tertentu yang berlaku bagi mereka.menurut Mayor Polak kelompok sosial adalah sejumlah orang yang saling berhubungan dalam sebuah struktur.kumpulan individu tak dapat disebut kelompok sosial selama belum memenuhi syarat-syarat berikut:

1.      Setiap individu harus merupakan bagian dari kesatuan sosial

2.      Terdapat hubungan timbal balik

3.      Adanya kesamaan faktor yang dapat mempererat hubungan kelompok

4.      Memiliki pola perilaku

5.      Berproses

 

B.     Perbedaan dan Persamaan Antara Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial

 

·         Perbedaan

·Kelompok,Sekumpulan atau gabungan baik itu suatu benda atau barang, hewan maupun manusia dalam suatu wadah tertentu.Organisasi, Sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum.Komunitas,Sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan seperti sifat, hobi, dan lain-lain. Biasanya bersifat informal.

·         Persamaan

Persamaan komunitas, organisasi dan kelompok sosial yaitu mereka sama-sama merupakan  bagian dari objek kajian sosiologi.Yang intinya adalah suatu hubungan timbal balik antar individu. Karena tidak bisa hanya individu saja yang terlibat. Sebagai makhluk sosial, manusia pasti terlibat dalam tiga hal tersebut.

 

C.    Contoh Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial Dalam Kehidupan Sehari-hari

Komunitas :

·         Suku Bangsa

·         Komunitas Pecinta Alam

·         Komunitas Sepeda Ontel

·         Komunitas Pecinta Anime

·         Komunitas Pecinta Reptil 

Organisasi :

·         Karang Taruna

·         OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)

·         DEMA (Dewan Eksekutif Mahasiswa)

·         ASEAN 

Kelompok Sosial :

·         Keluarga

·         Paguyuban

·         Kelompok Bermain

·         Kelompok Belajar

Tulisan ini diresume dari bukuNarwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto (ed). 2007.SOSIOLOGI Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Perdana Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini