Selasa, 15 September 2015

Eka Sugiarti_Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial_KPI 1B_Tugas 2

KOMUNIKASI, ORGANISASI DAN KELOMPOK SOSIAL

A.    DEFINISI KOMUNITAS, ORGANISASI DAN KELOMPOK SOSIAL DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI

1.      Definisi Komunitas

Komunitas adalah suatu perkumpulan atau kelompok social yang digunakan untuk menyatakan ide mengenai pengalaman umum, memiliki karakteristik social, identitas yang sama dan kepentingan bersama. Sebagaimana konsep tersebut secara signifikan dijiwai oleh konotasi normatif yang diasumsikan mencerminkan pada integrasi sosial ideal masyarakat yang berskala kecil dimasa lalu.

2.      Definisi Organisasi

Kata organisasi digunakan secara eksklusif atau menandai "Organisasi Formal" yaitu kelompok sosial yang membentuk tujuan tertentu. Kata Peter Blau , Organisasi adalah prosedur untuk memobilisasi dan mengoordinasi upaya-upaya beragam, subkelompok dalam meraih tujuan-tujuan bersama. Sebenarnya organisasi sangat sulit dibayangkan tanpa karakter lain dan modernitas. Dalam literatur klasik, Organisasi adalah sesuatu yang modern dan ide mengenai organisasi digunakan dalam cara-cara yang mendatarkan diri kepada dan mendukung perbedaan antara modernitas dan tradisionalisme. Kata Robert Cooper, Organisasi adalah penertiban terhadap yang tidak tertib.

3.      Definisi Kelompok Sosial

Secara sosiologis istilah, kelompok adalah suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai hubungan dan berinteraksi, dimana dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama. Menurut Joseph S. Ruucek dan Ronald L. Waren (1984), menyatakan bahwa satu kelompok meliputi dua atau lebih manusia yang diantara mereka terdapat beberapa pola interaksi yang dapat dipahami oleh orang lain secara keseluruhan. Menurut Mayor Polak (1979), kelompok adalah suatu grup, yaitu sejumlah orang yang ada hubungan satu sama lain dan antar hubungan itu bersifat sebagai sebuah struktur. Menurut Wila Haky (1982), kelompok merupakan suatu unit yang terdiri dari dua orang atau lebih yang saling berinteraksi atau saling berkomunikasi. Anderson dan Parker berkata bahwa kelompok adalah kesatuan dari dua atau lebih individu yang mengalami interaksi psikologik satu sama lain.

B.     PERBEDAAN DAN PERSAMAAN ANTARA KOMUNITAS, ORGANISASI DAM KELOMPOK SOSIAL

PERBEDAAN           :

-          Komunitas adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan seperti sifat, hobi dan lain-lain. Biasanya bersifat informal, cenderung bebas dan tidak memiliki tujuan yang jelas.

-          Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam suatu wadah tertentu dan bersifat formal serta bernaungan dengan hukum.

-          Sedangkan kelompok sosial adalah sekumpulan atau gabungan baik itu suatu benda, barang, hewan maupun manusia dalam wadah tertentu.

PERSAMAAN           :

-          Anggotanya terdiri dari dua orang atau lebih.

-          Didalamnya memiliki rasa saling membutuhkan satu sama lain.

-          Memiliki kepentingan yang sama.

-          Tidak adanya unsure paksaan untuk masuk kedalam kelompok tersebut.

-          Masing-masing mempunyai visi dan misi yang sama.

C.    CONTOH DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

KOMUNITAS            :

-          Komunitas Pecinta Alam

-          Komunitas Motor Gede

-          Komunitas Pendaki Gunung

-          Komunitas Pecinta Reptil

ORGANISASI           :

-          OSIS

-          PBB

-          HMJ

-          HMI

KELOMPOK SOSIAL          :

-          Paguyuban

-          Patembayan

-          Kelompok Bermain

-          Kelompok Belajar

Referensi         : 1. Sosiologi The Key Concept,Prof Dr.Iman Santosa,M.Si

  2. Sosiologi Skematika,Teori dan Terapan,Abdulsyani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini