Selasa, 15 September 2015

NURBAETI_KPI1B_11150510000064_TUGAS2

DEFINISI KOMUNITAS,ORGANISASI DAN KELOMPOK SOSIAL
Definisi Komunitas :
            Komunitas berasal dari bahasa latin communitas yang berarti kesamaan ,kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti sama,publik, dibagi oleh semua atau banyak.Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa orgasme yang berbagi lingkungan ,umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, resiko, kegemaran dan sejumlah kondisi lain yang serupa.Komunitas dapat terbagi menjadi 3 komponen yaitu berdasarkan lokasi atau tempat, berdasarkan minat, dan berdasarkan komuni (komuni dapat berarti ide dasar yang dapat mendukung komunitas itu sendiri.
Contoh Komunitas : komunitas pecinta animasi dapat berpartisipasi diberbagai kegiatan yang berkaitan dengan animasi ,seperti menggambar, mengkoleksi action figure ataupun film.
Definisi Organisasi :
Ada bermacam-macam pendapat mengenal apa yang dimaksud dengan organisasi. Schein (1982) mengatakan bahwa organisasi adalah suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai beberapa tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi melalui hierarki otoritas dan tanggung jawab.
Selanjutnya Kohler (1976) mengatakan bahwa organisasi adalah sistem hubungan yang terstruktur yang mengkoordinasi usaha suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu.
Sedangkan menurut Wright (1977) dia mengatakan bahwa organisasi adalah suatu bentuk sistem terbuka dari aktivitas yang dikoordinasi oleh kedua orang atau lebih untuk mencapai suatu tujuan.
Walaupun ketiga pendapat mengenai organisasi tersebut kelihatannya berbeda perumusannya tapi ada 3 hal yang sama-sama dikemukakan yaitu : organisasi merupakan suatu sistem, mengkoordinasi aktivitas dan mencapai tujuan bersama atau tujuan umum.
Contoh Organisasi : misalnya kita lihat organisasi sekolah di sekolah ada beberapa komponen diantaranya guru, murid dan fasilitas. Bila ada komponen guru mendapat gangguan misalnya tidak datang ke sekolah atau sakit maka akan berpengaruh kepada anak-anak yang menjadikan mereka tidak dapat belajar begitu juga halnya fasilitas belajar tidak jadi digunakan.
Definisi Kelompok :
Dalam ilmu sosiologi, kelompok pada umumnya didefinisikan sebagai dua atau lebih orang yang memiliki suatu identitas bersama dan yang berinteraksi secara regular.Apapun bentuknya, kelompok sosial terdiri dari orang-orang yang memiliki kesadaran keanggotaan yang sama yang didasarkan pada pengalaman ,loyalitas ,dan kepentingan yang sama.Singkatnya,mereka sadar tentang individualitas mereka, sebagai anggota kelompok sosial yang secara spesifik disadari sebagai "kita".
Contoh Kelompok : kelompok sosial yang terbentuk berdasarka lokalitas adalah beberapa keluarga yang berdekatan membentuk Rukun Tetangga .Selanjutnya sejumlah Rukun Tetangga membentuk RW (Rukun Warga)
PERSAMAAN DAN PERBEDAAN KOMUNITAS,ORGANISASI DAN KELOMPOK SOSIAL
PERSAMAAN:
Dari pembahasan 3 hal diatas adalah suatu hal yang saling berkaitan.Karena sama-sama terbentuk dengan dasar dan tujuan masing-masing.Dan dapat dibedakan dengan hal yang bersifat formal dan non formal.
PEBEDAAN:
Komunitas :adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan seperti sifat,hobi dan lain-lain.Bersifat informal, cenderung bebas dan tidak mempunyai tujuan yang jelas atau sekedar ekspresi jiwa,tergantung chemistry anggota-anggotanya.
Organisasi :adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal.
Kelompok :adalah sekumpulan atau gabungan baik itu benda atau barang,hewan maupun manusia dalam suatu wadah tertentu.
 
Referensi : Pengantar Ilmu Komunikasi "Nurani Soyomukti" dan Komunikasi Organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini