Selasa, 15 September 2015

TaliaTriAnanda_PengantarSosiologi_KPI1B_Tugas2

KOMUNITAS, ORGANISASI, dan KELOMPOK SOSIAL

                               I.             

·         Komunitas,istilah komunitas dalam batas-batas tertentu dapat menunjuk pada warga sebuah dusun (dukuh atau kampung), desa, kota, suku atau bangsa. Komunitas merupakan suatu unit atau kesatuan sosial yang terorganisasikan dalam kelompok-kelompok dengan kepentingan bersama (communities of common interest), baik yang bersifat fungsional maupun yang mempunyai territorial.Dalam perspektif sosiologi komunitas dapat dibedakan dari masyarakat lebih luas (society) atau oleh tingkat interaksi yang tinggi(an attachment community).Para anggota komunitas mempunyai kebutuhan bersama (common needs).

·         Organisasi mencapai tujuan yang telah disepakati bersama dengan ketentuan-ketentuan yang telah disepakati bersamapula,organisasi sendiri ialah suatu kelompok orang yang ada dan bekerja dalam suatu lingkup tertentu.

Dibawah ini ialah beberapa tokoh yang mendefinisikan organisasi,yaitu sebagai berikut:

1.      Max Weber berpendapat bahwa organisasi ialah suatu kerangka terstruktur yang di dalamnya berisikan wewenang, tanggung jawab dan pembagian kerja yang menjalankan masing-masing fungsi tertentu.

2.      Stoner berpendapat bahwa organisasi ialah suatu pola hubungan melalui orang atau sekelompok orang di bawah pengarahan manajer yang mengejar tujuan bersama.

·         Kelompok sosial ialah kesatuan sosial yang terdiri dari kumpulan individu-individu yang hidup bersama dengan mengadakan hubungan timbal balik yang cukup intensif dan teratur, sehingga diharapkan adanya pembagian tugas, struktur, serta norma-norma tertentu yang berlaku bagi mereka.

Dibawah ini ialah beberapa tokoh yang mendefinisikan kelompok sosial, yaitu sebagai berikut:

1.      Paul B. Horton berpendapat bahwa kelompok berarti setiap kumpulan manusia secara fisik.

2.      Mayor Polak berpendapat bahwa kelompok sosial adalah sejumlah orang yang saling berhubungan dalam sebuah struktur.

3.      Robert K. Merton mendefiniskan kelompok sebagai sekumpulan orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola yang telah mapan.

 

                            II.            Persamaan &Perbedaan      Komunitas,Organisasi, dan Kelompok Sosial

v  Persamaan

Persamaan komunitas, organisasi dan kelompok sosial ialah sama-sama merupakan bagian dari objek kajian sosiologi. Objek kajian ini memiliki kesamaan yaitu tergabung dalam suatu kelompok berupa kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat. Yang intinya adalah suatu hubungan timbal balik antar individu. Karena tidak bisa hanya individu saja yang terlibat. Sebagai makhluk sosial, manusia pasti terlibat dalam tiga hal tersebut.

v  Perbedaan.

      Komunitas : Sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan seperti sifat, hobi, dan lain-lain. Biasanya bersifat informal, cenderung bebas dan tidak mempunyai tujuan yang jelas atau sekedar ekspresi jiwa, tergantung chemistry anggota-anggotanya

      Organisasi : Sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum.

      Kelompok : Sekumpulan atau gabungan baik itu suatu benda atau barang, hewan maupun manusia dalam suatu wadah tertentu

 

§  Contoh Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial Dalam Kehidupan Sehari-hari

 

ü  Organisasi :

o   Karang Taruna

o   OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah)

o   DEMA (Dewan Eksekutif Mahasiswa)

o   ASEAN

ü  Kelompok Sosial :

o   Keluarga

o   Paguyuban

o   Patembayan

o   Kelompok Bermain

o   Kelompok Belajar

ü  Komunitas :

o   Suku Bangsa

o   Komunitas Pecinta Alam

o   Komunitas Sepeda Ontel

o   Komunitas Pecinta Anime

o   Komunitas Pecinta Reptil

      Makalah ini direferensi dari buku:

 Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto (ed). 2007.SOSIOLOGI Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Perdana Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini