Selasa, 15 September 2015

Nurul Azka_KPI 1/B_Komunitas,Organisasi,dan Kelompok Sosial_Tugas 2

A. DEFINISI KOMUNITAS, ORGANISASI, DAN KELOMPOK SOSIAL

1) Definisi Komunitas

Komunitas merupakan tempat atau wadah untuk orang-orang untuk menyatakan ide mengenai pengalaman umum dan kepentingan bersama.Sekarang ini, pengertian populernya tidak hanya menunjukkan pemikiran tradisional mengenai lokalitas dan lingkungan bersama, tetapi juga ide-ide solidaritas dan hubungan antara orang-orang yang memiliki karakteristik dan identitas yang sama.

2) Definisi Organisasi

Istilah organisasi secara harfiah dapat diartikan sebagai suatu kesatuan orang-orang yang tersusun dengan teratur berdasarkan pembagian tugas tertentu. Sampai sekarang, kata organisasi digunakan secara eksklusif untuk menandai "organisasi formal". Maksudnya, kelompok social membentuk tujuan tertentu. Dalam kalimat Peter Blau, "pendefinisian kriteria organisasi formal atau organisasi adalah prosedur untuk memobilisasi atau mengoordinasi upaya-upaya beragam, subkelompok dalam meraih tujuan-tujuan bersama."

3) Definisi Kelompok Sosial

Secara sosiologis istilah kelompok mempunyai pengertian sebagai suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai hubungan dan berinteraksi, dimana dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama. Dalam buku Sociology An Introduction, Joseph S Roucek dan Roland L. Warren (1984), menyatakan bahwa satu kelompok meliputi dua atau lebih manusia yang di antara mereka terdapat beberapa pola interaksi yang dapat dipahami oleh para anggotanya atau orang lain secara keseluruhan.

B. PERSAMAAN DAN PERBEDAAN KOMUNITAS, ORGANISASI, DAN       KELOMPOK SOSIAL

1) Persamaan Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial

Persamaan di antara ketiga hal ini yaitu :

a. Sama-sama membentuk suatu perkumpulan orang-orang

b. Sama-sama terbentuk dengan berlandaskan tujuannya

c. Sama-sama saling berinteraksi antar anggotanya

d. Sama-sama terdiri dari dua atau lebih pada anggotanya

 

2) Perbedaan Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial

a. Komunitas merupakan gabungan orang-orang yang biasanya memiliki hobi atau kegemaran yang sama. Komunitas bersifat bebas tidak terikat pada aturan-aturan yang mengekang.

b. Organisasi sangat jauh berbeda dengan komunitas maupun kelompok social karena organisasi bersifat formal dan tidak bebas. Suatu organisasi terbentuk berlandaskan suatu tujuan yang besar sehingga membutuhkan orang-orang yang tidak sembarang untuk bergabung dalam organisasi tersebut guna mencapai tujuan tadi. Dalam organisasi pun memiliki struktur mulai dari Ketua hingga para anggota saja. Berbeda dengan komunitas dan kelompok social.

c. Kelompok Sosial merupakan kumpulan orang-orang yang memiliki rasa nyaman dan kebersamaan antar anggotanya. Sehingga membuat orang-orang tersebut membuat suatu kelompok di lingkungan masyarakat yang disebutlah dengan kelompok social. Kelompok social sangat berbeda dengan komunitas dan organisasi Karena anggota pada kelompok social tidak harus memiliki hobi yang sama dan tidak juga memiliki struktur layaknya organisasi.

C. CONTOH KOMUNITAS, ORGANISASI, DAN KELOMPOK SOSIAL DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

1. Contoh Komunitas

- Komunitas Pecinta Film

- Komunitas Pecinta Sepeda Jakarta

- Komunitas Lego Indonesia

2. Contoh Organisasi

- Organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah

- Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

- Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

3. Contoh Kelompok Sosial

- Kelompok Belajar

- Kelompok Paguyuban

- Kelompok Arisan Ibu-Ibu

Referensi : Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Abdul Syani
                  Sosiologi The Key Concepts. Prof. Dr. Iman Santosa, M.Si.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini