Selasa, 15 September 2015

Farhan Fauzan KPI 1B KOMUNITAS,ORGANISASI,KELOMPOK SOSIAL TUGAS 2

KOMUNITAS

Komunitas atau Community diambil dari  bahasa latin (communire) yang berarti kelompok atau perkumpulan. Dan dapat diartikan sebagai "masyarakat setempat" istilah ini menunjuk warga desa,  kota atau suatu bangsa maupun daerah. Apabila anggota-anggota kelompok tersebut,  kecil maupun besar hidup bersama sedemikian rupa sehingga merasakan bahwa kelompok tersebut dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan kelompok tersebut maka ini yang disebut sebagai komunitas.

Dan dapat disimpulkan secara singkat bahwa komunitas adalah suatu wilayah kehidupan sosial yang ditandai oleh suatu derajat hubungan sosial tertentu dengan dasar-dasar ikalitas dan perasaan.

Komunitas memiliki sejarah perdebatan yang panjag dalam sosiologi. Konsep komunitas digunakan untuk menyatakan ide mengenai pengalaman umum dan kepentingan bersama

Unsur-unsur perasaan komunitas antara lain :

a.       Seperasaan

b.      Sepenanggungan

c.       Saling memerlukan

 

ORGANISASI

Kata organisasi digunakan secara eksklusif untuk menandai "organisasi formal". Maksudnya, kelompok sosial membentuk tujuan tertentu. Dalam kalimat  Peter Blau,"pendefinisian kriteria organisasi formal atau organisasi adalah prosedur untuk memobilisasi dan mengoordinasi upaya-upaya beragama, subkelompok dalam meraih tujuan-tujuan bersama". Biasanya organisasi ini menunjuk kepada perusahaan bisnis atau badan pemerintahan dan bentuk yang paling berkembang adalah birokrasi.

Organisasi adalah suatu kelompok orang yang ada dan bekerja dalam suatu lingkup tertentu untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama dengan ketentuan-ketentuan yang telah disepakati bersama  pula. Jika sebuah organisasi telah dibentuk, maka dapat diasumsikan merupakan suatu identitas tersendiri yang khusus.

 

KELOMPOK SOCIAL

Kelompok-kelompok sosial merupakan kesatuan sosial yang terdiri dari kumpulan individu-individu yang hidup bersama dengan mengadakan hubungan timbal balik yang cukup intensif dan teratur, sehingga adanya pembagian tugas, struktur dan norma norma tertentu yang berlaku bagi mereka. Kelompok sosial yang paling sederhana yaitu keluarga dan hampir semua manusia pada mulanya menjadi anggota kelompok keluarga.Walaupun setiap saat para anggotanya menyebar, tetapi mereka pada saat saat tertentu berkumpul kembali dan saling bertukar pengalaman, sehingga pada akhirnya dalam keluarga akan terjadi perubahan perubahan. Oleh sebab itu, maka kelompok-kelompok sosial itu akan mengalami perubahan-perubahan, baik dalam bentuk maupun aktivitasnya.

Dengan kata lain,setiap kumpulan individu tak dapat disebut kelompok sosial selama belum memenuhi syarat-syarat berikut:

a.       Adanya kesamaan factor yang dapat mempererat hubungan kelompok

b.      Terdapat hubungan timbal balik

c.       Setiap individu harus merupakan bagian dari kesatuan sosial

d.      Berperoses

e.       Memiliki pola perilaku

  

Perbedaan dan Persamaan antara Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial Persamaan

Komunitas, organisasi maupun kelompok sosial sama-sama merupakan suatu kajian dan bagian yang tak dapat dipisahkan dari sosiologi. Objek kajian ini memiliki kesamaan yakni tergabung dalam suatu kelompok kajian Kelompok-Kelompok Sosial dalam masyarakat.Yang intinya adalah suatu hubungan timbal balik antar individu.Yang tidak mungkin dapat dikaji bila hanya menyangkut perorangan saja. Ada dua hasrat yang dimiliki manusia sejak dilahirkan yakni keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain disekelilingnya serta ingin menjadi satu dengan suasana alam disekelilingnya.

 

 Perbedaan

Organisasi mengedepankan pada kesamaan visi kedepan dan bagaimana cara serta aturan-aturan yang disepakati bersama dalam rangka mencapai tujuan tersebut. Dan sifat organisasi yakni bersifat formal yaitu dengan struktur dan pembagian-pembagian wewenang tertentu.

 komunitas menitikberatkan pada kesamaan perasaan, penanggungan dan konteks kewilayahan serta kemasyarakatan.Dan pada umumnya bersifat nonformal semisal masyarakat lereng gunung yang menjadi komunitas karena memiliki kesamaan wilayah geografis dan perasaan mengenai persaudaran dan kekeluargaan yang telah terjalin antar anggota komunitas tersebut.

            Dan kelompok sosial pada dasarnya adalah kajian menyeluruh mengenai kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat, baik formal-nonormal, teratur-tidak-teratur, ingroup-outgrup dan berbagai tipe-tipe kelompok lainnya

 Contoh Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari

a.      Komunitas


- Komunitas pencinta kucing

- Komunitas pencinta batu akik

- Komunitas motor gede

- Komunitas sepatu roda


 

b.      Organisasi


- OSIS

- PSSI

- KPK

- BNN


 

c.       Kelompok Sosial


-Keluarga

-Paguyuban

-Kelompok Bermain

-Kelompok Belajar


 

Sumber:  John Scott "SOSIOLOGI The key concepts". Narko,Dwi-Suyanto Bagong. 2007. "SOSIOLOGI Teks Pengantar dan Terapan". Jakarta : Perdana Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini