Selasa, 15 September 2015

Ergita Purnama_KPI/1B_Organisasi,Komunitas,dan Kelompok Sosial_Tugas 2

·       *  Pengertian Komunitas , Organisasi, Kelompok Sosial

 

-         -  Komunitas

Pada level sehari-hari, konsep komunitas digunakan untuk menyatakan ide mengenai pengalaman umum dan kepentingan bersama. Sekarang ini, pengertian populernya tidak hanya menunjukkan pemikiran tradisional mengenai lokalitas dan lingkungan bersama, tetapi juga ide-ide solidaritas dan hubungan antara orang-orang yang memiliki karakteristik sosial dan identitas yang sama.

-        -  Organisasi

Istilah organisasi secara harfiah dapat diartikan sebagai suatu kesatuan orang-orang yang tersusun dengan teratur berdasarkan pembagian tugas tertentu. Istilah sosial berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan pergaulan manusia dalam masyarakat.

Organisasi sosial yang merupakan gabungan dari kedua istilah tersebut dapat diartikan sebagai suatu susuna atau struktur dari berbagai hubungan antar manusia yang terjadi dalam masyarakat, di mana hubungan tersebut merupakan suatu kesatuan yang teratur.

Secara ringkas, organisasi sosial dapat didefinisikan sebagai suatu rangkaian pelapisan terstruktur hubungan antar manusia.

-       -    Kelompok Sosial

Secara sosiologis istilah kelompok mempunyai pengertian sebagai suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai hubungan dan berinterkasi, dimana dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama. Dalam buku Sociology An Introduction. Joseph S Roucek dan Roland L. Warren (1984), menyatakan bahwa satu kelompok meliputi dua atau lebih manusia yang diantara mereka terdapat beberapa pola interaksi yang dapat dipahami oleh para anggotanya atau orang lain secara keseluruhan.

Melalui kelompok sebagaimana dikatakan para ahli, manusia dapat bersama-sama dalam usaha memenuhi berbagai kepentingan nya. Di dalam suatu kelompok masyarakat seorang pribadi harus dapat membedakan dua kepentingan, yaitu ia sebagai makhluk individu dan sekaligus sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk individu manusia pada dasarnya mempunyai hasrat untuk sebesar-besarnya mengutamakan kepentingan diri sendiri. Namun demikian, manusia tidak mungkin hidup sendiri tanpa membutuhkan bantuan orang lain.

                    ·            Persamaan dan Perbedaan antara Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial

-          - Persamaan

Dilihat dari berbagai hasil pengertian komunitas, organisasi, dan kelompok sosial yang ada dapat disimpulkan mereka mempunyai spesifik yang sama yaitu sekumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama. Kegiatan yang dilakukan baik beragenda maupun tidak, dilakukan baik secara beragenda maupun tidak, dan dilakukan untuk mencapai tujuan bersama.

 

-          - Perbedaan

Walaupun organisasi, komunitas, dan kelompok sossial memiliki persamaan mereka juga memiliki beberapa perbedaan berdasarkan sifatnya, yaitu :

1.      1. Organisasi biasanya bersifat formal maksudnya untuk bergabung dalam sebuah organisasi biasanya akan dilaksanakan latihan kepemimpinan dimana para calon dilatih untuk menjadi pemimpin yang independen dan dapat berorganisasi dengan baik agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.


2.     2. Komunitas bersifat Informal maksudnya orang-orang berkumpul atas asas memiliki kesamaan hobi atau sifat. Memiliki tujuan yang jelas pula namun cenderung bebas karena lahir dari ekspresi masing-masing individu kelompok itu sendiri.


3.   3.   Kelompok sosial bersifat informal maksudnya memiliki suatu hubungan dan saling berinteraksi namun tidak terlalu terikat.

 

·         Contoh dalam kehidupan sehari-hari

Di dalam kehidupan kita sehari-hari banyak kita temui contoh dari komunitas, organisasi, dan kelompok sosial, diantaranya :

Komunitas :

v  Komunitas Pecinta alam

v  Komunitas Fotografi

v  Komunitas Sepeda

Organisasi :

v  Organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan ( HMJ )

v  Organisasi Dewan Eksekutif  Mahasiswa ( DEMA )

v  Organisasi  Masyarakat ( ORMAS )

Kelompok Sosial:

v  Keluarga

v  Arisan

v  Rukun Tetangga

 

Abdulsyani.Sosilogi: Skematika, TeoridanTerapan, Jakarta

Imam Santosa. SpsiologiTheKeyConcepts.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini