Selasa, 15 September 2015

Andre bastian tarigan KPI 1A 11150510000001

Andre Bastian Tarigan-11150510000001-Tugas 2

KOMUNITAS, ORGANSASI, DAN KELOMPOK SOSIAL

Komunitas

Komunitas dapat di denifisikan sebagai kelompok khusus dari orang-orang yang tinggal dalam wilayah tertentu, memiliki kebudayaan dan gaya hidup yang sama, sadar sebagai satu kesatuan, dan dapat bertindak secara kolektif dalam usaha mereka untuk mencapai tujuan

Konsep komunitas memiliki sejarah perdebatan yang panjang dalam Sosiologi. Pada, level sehari-hari, konsep komunitas di gunakan untuk menyatakan ide mengenai pengalaman umum dan kepentingan bersama, tetapi juga ide-ide solidaritas dan hubungan antara orang-orang yang memiliki karakteristik sosial dan identitas yang sama.

Penggunaan awal konsep komunitas dalam sosiologi berkaitan dengan perhatian para pendiri disiplin ilmu ini yang berusaha untuk memahami dan menjelaskan transformasi sosial dari ekonomi industry kapitalis pada abad ke-19. Secara khusus, Ferdinand Tonnies, menggemakan ke khawatiran yang bersifat umum, dia beragumen bahwa moderenisasi mengakibatkan hilangnya komunitas dan solidaritas local.

 Banyak studi empiris dilakukan di Amerika Utara dan Eropa pada pertengahan abad ke-20 untuk menguji sejauh mana keberadaan solidaritas komunitas yang ada di beberapa wilayah di perkotaan-masyarakat industrial. Sebagian besar berpendapat bahwa unsur-unsur komunitas tetap berlanjut menjadi ciri tertentu dari bagian-bagian kota modern, terutama lingkungan etnis terlepas dari perubahan urbanisasi yang di hasilkan di dalam lapangan organisasi sosial yang lebis sosial.

            Contohnya : gagasan mengenai "komunitas kulit hitam" atau "komunitas gay" yang sekarang jadi hal umum dalam wacana populer.

 Organisasi

            Istilah organisasi secara harfiah dapat di artikan sebagai suatu kesatuan orang-orang yang tersusun dengan teratur berdasarkan pembagian tugas tertentu. Istilah sosial sosial berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan pergaulan manusia dalam masyarakat

Sampai sekarang kata organisasi di gunakan secara eksklusif untuk menandai "organisasi formal". Maksudnya, kelompok sosial pembentuk tujuan tertentu. Dalam kalimat petter blau, "pendefinisian kriteria organisasi formal-atau organisasi-adalah prosedur untuk memobilisasi dan mengoordinasi upaya-upaya beragam sub kelompok dalam meraih tujuan-tujuan bersamamu selalu, model untuk pengertian organisasi seperti itu biasanya menunjukan pada perusahaan bisnis atau badan pemerinah atau bentuk yang paling berkembang adalah birokrasi.

Terbentuknya suatu organisasi sosial, pada mulanya karena adanya desakan minat dan kepentingan individu-individu dalam masyarakat. Kepentingan-kepentingan itu tidak di salurkan melalui lembaga-lembaga sosial, melainkan di salurkan melalui lembaga-lembaga sosial, melainkan di salurkan dengan melalui bentuk persekutuan manusia yang relative lebih teratur dan formal.

Contohnya : Komunitas MOGE (Motor Gede) yang di mana seluruh anggotanya harus memiliki Motor Gede.

Lembaga Sosial

            Secara sosiologis istilah kelompok mempunyai pengertian sebagai suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai hubungan dan beriteraksi, dimana dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama. Mayor Polak (1979) berpendapat bahwa kelompok suatu group, yaitu sejumlah orang yang ada antara hubungan satu sama lain dan antar hubungan itu bersifat sebagai sebuah struktur.

Di dalam suatu kelompok masyarakat seorang pribadi harus dapat membedakan dua kepentingan, yaitu ia sebagai mahluk individu dan sekaligus ia sebagai mahluk sosial. Sebagai mahluk individu manusia pada dasar nya mempunyai hasrat untuk sebesar-besarnya mengutamakan kepentingan diri sendiri. Namun demikian manusia tidak mungkon dapat hidup layak tanpa berkelompok; oleh karna berkelompok itulah maka manusia dapat meneruskan keturunan nya secara wajar.

            Huky lebih rinci menjelaskan beberapa ciri dasar dari suatu kelompok, sebagai berikut:

1.      Kelompok selalu terdiri dari paling sedikit dua orang dan terus dapat bertambah menjadi lebih dari itu.

2.      Kelompok-kelompok sebenarnya tidak di anggap terbentuk karena memenuhi persyaratan jumlah.

3.      Komunikasi dan interaksi yang merupakan unsur pokok suatu kelompok, harus bersifat timbal balik.

Contohnya: Karang Taruna (mengadakan acara 17 agustusan)

Perbedaan

Persamaan

KELOMPOK

Kelompok khusus yang tinggal di suatu daerah tertentu (khusus daerah)

Sama-sama berkumpul yang  mempunyai tujuan tertentu

ORGANISASI

Kesatuan yang tersusun  dengan teratur berdasarkan pembagian tugas tertentu.

Sama-sama berkumpul yang  mempunyai tujuan tertentu

LEMBAGA SOSIAL

Orang-orang yang berinteraksi yang mengakibatkan tumbuhnya perasaan.

Sama-sama berkumpul yang  mempunyai tujuan tertentu

 Judul :  Sosiologi skematika, teori, dan penerapan. (Abdulsyani)

             Sosiologi the key concepts. (Prof. Dr. Iman Santoso, M.si)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini