Selasa, 15 September 2015

Muhammad Nawawi (JNR1B) Komunitas,Organisasi dan kelompok Sosial Tugas1

Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial
A.   Definisi Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial
 
A.1. Definisi Komunitas
Komunitas merupakan suatu unit atau kesatuan sosial yang terorganisasikan dalam kelompok-kelompok dengan kepentingan bersama, yang memiliki sifat baik fungsional maupun territorial. Istilah komunitas dipakai untuk menunjukkan suatu kelompok yang tinggal dalam satu wilayah tertentu yang memiliki kebudayaan dan gaya hidup yang sama. Sehingga, komunitas dalam batasan-batasan tertentu dapat menunjuk kepada suatu warga dusun, desa, kota, suku, dan bangsa.  (Siwi, 2012)
Dalam bentuknya komunitas berbeda dengan masyarakat secara luas, karena komunitas lebih bersifat kecil (dalam lingkup yang sempit), homogen, kultural, yang anggotanya bisa berpartisipasi secara efektif, dan bersifat relatif otonom. Misal, suatu komunitas olahraga extreme yang keanggotaannya hanya dalam lingkup tertentu, dalam kegiatan yang homogen yaitu olahraga extreme, yang menjadi budaya dan gaya hidup bagi para anggotanya yang semua anggotanya dapat berpartisipasi didalam nya.
Konsep komunitas, digunakan untuk  mengungkapkan tentang ide mengenai pengalaman umum dan kepentingan bersama, tetapi juga ide-ide solidaritas dan hubungan antara orang-orang yang memiliki karakteristik sosial dan identitas yang sama. Konsep komunitas mulai digunakan sejak abad ke-19 sebagai upaya untuk menerangkan dan memahami perubahan sosial dari ekonomi industri kapitalis pada saat itu.
 
A.2. Definisi Organisasi
Secara umum organisasi dapat diartikan sebagai suatu kumpulan beberapa orang yang bekerjasama dengan sportif dan tanggung jawab yang dilakukan secara sadar untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Bahkan oleh Chaster I. Bernard, ia menekankan pada  peranan setiap orang anggotanya yang harus diberikan informasi dan motivasi dan sebagian anggota lainnya yang harus membuat keputusan.  (Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli, 2015)
Istilah organisasi sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari untuk menunjukkan suatu kelompok yang bersifat "formal" yang memiliki tujuan tertentu, yang memiliki aturan untuk memobilisasi dan mengoordinasi tindakan yang beragam dalam meraih tujuan-tujuan bersama. Misalnya, Organisasi OSIS yang semua anggotanya memiliki tujuan yang sama untuk menjalankan program kerjanya dengan baik.
 
A.3. Definisi Kelompok Sosial
 Kelompok sosial yaitu kumpulan individu-individu yang saling berinteraksi dan menjalin hubungan sehingga mengakibatkan tumbuhnya rasa kebersamaan dan rasa memiliki. Saling bekerjasama dalam upaya memenuhi berbagai kepentingannya, namun tiap individu harus bisa membedakan kepntingannya sebagai makhluk individu dan juga sebagai makhluk sosial. Dimana individu dapat memenuhi hasrat diri dan juga sadar akan keberadaanya sebagai makhluk sosial yang tidak lepas dari bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan bersama. Misalnya, kumpulan anak-anak yang saling berinteraksi dan bermain bersama sehingga menimbulkan rasa untuk saling memenuhi kepentingannya sebagai makhluk yang butuh hiburan, yang disebut kelompok bermain.
B.     Perbedaan dan Persamaan Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial
Berikut table yang menunjukan persamaan dan perbedaan antar ketiganya:
 
 
Perbedaan
Persamaan
Komunitas
Komunitas, memiliki lingkup lebih sempit dalam satu kegiatn homogen.
sama-sama saling berkumpul, saling hubungan, saling berinteraksi antar individunya.
 
Sama-sama memiliki tujuan dan keperluan.
 
 
Organisasi
Organisasi, bersifat rapih dan struktural dengan mobilitas yang lebih luas.
 
Kelompok Sosial
Kelompok sosial, memiliki mobilisasi yang luas yang bersifat bebas dan tidak terstruktur.
 
 
C.     Contoh-contoh Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial
C.1. Komunitas
            a. Komunitas Pecinta Alam
            b. Komunitas Olahraga Ekstrim
            c. Komunitas Permainan Unik
            d. Dll.
C.2. Organisasi
            a. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
            b. Dewan Eksekutif Mahasiswa
            c. Organisasi PRAMUKA
            d. Dll.
C.3. Kelompok Sosial
            a. Kelompok Petani
            b. Kelompok Bermain
            c. Kelompok Belajar
            d. Dll. 
Sumber-sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini