Selasa, 15 September 2015

Sherlyana pulungan_kpi 1A_tugas 2

TUGAS 2
KOMUNITAS, ORGANISASI, DAN KELOMPOK SOSIAL
 
DEFINISI :
·         Komunitas adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan seperti sifat , hobi dan lain-lain. Biasanya bersifat informal, cenderung bebas dan tidak memiliki tujuan yang jelas atau sekedar ekspresi jiwa, tergantung kegemaran dari anggota- anggotanya.
·         Organisasi adalah sekumpulan orang- orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal. Organisasi sangat penting seorang individu memiliki kapasitas yang terbatas, bila bekerja sama secara terkoordinasi, kemampuan dua individu atau kelompok akan meningkat.
·         Kelompok sosial pada umumnya didefinisikan sebagai dua atau lebih orang yang memiliki suatu identitas bersama dan yang berinteraksi secara reguler. Apapun bentuknya, kelompok sosial terdiri dari orang-orang yang memiliki kesadaran keanggotaan yang sama yang didasarkan pada pengalaman loyalitas, dan kepentingan yang sama.
PERBEDAAN KOMUNITAS, ORGANISASI , DAN KELOMPOK SOSIAL:
Perbedaan diantara ketiganya adalah kalau komunitas biasanya terbentuk karena suatu kesamaan hoby atau kecintaannya terhadap sesuatu biasanya mereka berkumpul untuk saling menukar informasi atau saling berbagai informasi apa yang mereka ketahui tentang kegemaran atau kecintaan mereka terhadap sesuatu. Kalau oraganisasi terbentuk karena mempunyai tujuan dan visi misi yang sama untuk mencapai tujuan yang mereka susun dalam mengembangkan organisasi yang mereka jalani dan kalo misalnya kelompok sosial terbentuk karena adanya timbal balik dan saling berinteraksi terhadap anggotanya untuk mencapai kepentingan yang sama .
PERSAMAAN KOMUNITAS, ORGANISASI, DAN KELOMPOK SOSIAL:
Persamaan diantara ketiganya adalah sama-sama beranggota lebih dari dua orang dan sama-sama memiliki tujuan dan kecintaan yang sama terhadap sesuatu, karena itu dapat terbentuk komunitas, organisasi ,dan kelompok sosial. Mereka yang berkumpul membentuk suatu kelompok menjadi dekat dan saling berhubungan satu sama lain untuk mencapai apa yang mereka inginkan.
CONTOH DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI :
Komunitas :
Dalam kehidupan sehari-hari contoh komunitas adalah komunitas pecinta kucing dimana anggota nya dapat bertukar informasi apa yang mereka ketahui tentang kucing cara dalam merawatnya dan lain-lain.
·         Komunitas pecinta alam
·         Komunitas pecinta kucing
·         Komunitas motor
·         Komunitas blogger
·         Komunitas seni
·         Komunitas mobil
Organisasi :
Contoh dalam kehidupan sehari-hari misalnya organisasi OSIS. Biasanya seseorang yang ingin aktif dan memiliki visi misi yang sama akan masuk organisasi OSIS dalam sekolah dan saling berinteraksi dengan kelompoknya.
·         OSIS (organisasi siswa instra sekolah)
·         Pramuka ( praja muda karana)
·         Karang taruna
·         LDK (lembaga dakwah kampus)
·         HIQMA (himpunan qari-qari'ah mahasiswa)
Kelompok Sosial :
Dalam kehidupan sehari-hari contoh kelompok sosial misalnya guru mengajar dikelas. Dalam mengajar guru beriteraksi dengan muridnya.
·         Keluarga
·         Teman sekelas
·         Partai politik
 
 
Referensi :
Nurani Soyomukti,buku pengantar sosiologi
Ruddy Agusyanto, buku jaringan sosial dalam organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini