Senin, 08 Oktober 2012

ACHMAD FAIZAL RIWANTO KPI 1E (TUGAS 5)

Tindakan Sosial

Bagi Weber sosiologi mula-mula adalah ilmu pengetahuan tentang tindakan sosial. Ia menolak determinisme yang di suarakan oleh Marx dan Durkheim yang mengurung manusia dalam sebuah jaring paksaan dan determinisme yang bersifat relatif. Ia yakin masyarakat adalah produk dari tindakan individu-individu yang berbuat dalam kerangka fungsi nilai, motif dan kalkulasi rasional. Jadi menjelaskan tentang sosial berarti harus menyadari cara manusia mengrientasikan tindakannya. Langkah ini disebut dengan sosiologi "komprehensif".

 

 

Masyarakat Rasionalitas

Menurut Weber "rasionalisasi kehidupan sosial" menjadi ciri paling signifikan masyarakat modern. Weber menjelaskan ada tiga tipe besar aktivitas manusia, yaitu:

  -tindakan tradisional yang terkait dengan adat istiadat. Seperti tata cara makan dalam kehidupan sehari hari.

  -tindakan rasional yang merupakan alat (instrumen), diyunjukan kea rah nilai atau tujuan yang bermanfaat dan berimplikasi pada kesesuain antara tujuan dengan cara.

  -tindakan efektif yang digerakan nafsu. Para rentenir dan penjudi bertindak paa level ini.

Menurut Weber tindakan rasional menjadi ciri masyarakat modern: yaitu mewujudkan dirinya sebagai pengusaha kapitalis, ilmuwan, konsumen atau pegawai yang bekerja/bertindak sesuai dengan logika tersebut.

Biasanya konsumen memilih produk yang disesuaikan dengan penghasilannya (tindakan rasional). Dalam karyanya yang terkenal yaitu Ethique protestante et l'esprit du capitalisme (etika protestan dan jiwa kapitalisme) Weber menunjukan bahwa rasionalisasi tindakan hidup sehari hari seperti yang dipuji oleh para pendiri agama Protestan ternyata mndukung perkembangan kapitalisme.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini