Senin, 08 Oktober 2012

MAX WEBER-APIK SOPANKATANYA-TUGAS 5-KPI 1E

MAX WEBER
 
      1.            TINDAKAN SOSIAL
Bagi Weber sosiologi bermula pada sebuah ilmu tindakan sosial. Weber berbeda pendapat dengan Marx dan Durkheim yang mengurung manusia pada sebuah paksaan yang tidak disadari. Sosiologi menurut Weber adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami dengan cara menginterprestasi atas aktivitas manusia.
Menurut Weber masyarakat adalah produk dari tindakan individu yang melakukan tindakan sosial dan mempunyai kerangka fungsi nilai, motif dan kalkulasi rasional.Setiap individu harus dapat mengorientasikan tindakannya.
 
      2.            RASIONALITAS
Menurut Weber rasionalitas merupakan cirri masyarakat modern. Hal ini di dasarkan pada masyarakat modern ingin mewujudkan dirinya sebagai kapitalis, ilmuwan, atau pegawai yang bekerja.
Weber menjelaskan 3 tipe besar aktivitas manusia:
a.      Tindakan tradisional yang terkait dengan adat istiadat. Contohnya, makan dengan garpu atau cara memberi salam kepada teman atau kerabat misalnya dengan berjabat tangan atau mencium tangan orangtua.
b.      Tindakan afektif yang dipengaruhi nafsu. Contohnya, rentenir dan penjudi.
c.       Tindakan rasional yang merupakan alat( instrumen). Contohnya, strategi dalam bidang ekonomi atau kemiliteran.
 
Di dalam buku " Teori Sosiologi Modern" edisi keenam yang merupakan terjemahaan dari buku aslinya yang berjudul " Modern Sociological Theory" karangan George Ritzer& Douglas J.Goodman dijelaskan juga rasionalisasi menurut Habermas yang juga dipengaruhi oleh pemikiran Weber. Bentuk rasionalisasi adalah masalah besar dalam masyarakat modern. Di tingkat norma sosial rasionalisasi mencakup pengurangan individualitas tetapi meningkatkan fleksibelitas individual.
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini