Senin, 08 Oktober 2012

sebuah ilmu tentang tindakan sosialmenurut Max weber

TUGAS 5
NAMA : Mia Kurnia Ningsih
KELAS : 1 E
NIM : 1112051000156
Menurut Max Weber
 
Sebuah Ilmu Tentang Tindakan Sosial
Bagi Weber Sosiologi mula-mula adalah ilmu pengetahuan tentang tindakan sosial .
Ia menolaj determinisme seperti yanh dikhotbahkan oleh Marx dan Durkheim yang mengurung manusia dalam sebuah jaring paksaan sosial yang tidak di sadari .
Weber menganggap bahwa paksaan dan determinisme itu bersifat relatif .
Yang ada bukanlah hukum yang absolut melainkan tendensi-tendensi yang selalu memungkinkan terjadinya suatu kebetulan dan pada keputusan individual.
Ia yakin bahwa masyarakat adala produk dari tindakan individu-individu yang berbuat dalam kerangka fungsi nilai , motif dan kalkulasi rasional .
Langkah ini disebut dengan sosiologi "komprehensif".
"Yang kita maksudkan dengan sosiologi , ucap weber , adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami dengan caa melakukan interprentasi atas aktivitas sosial ."
 Masyarakat Modern Adalah Masyarakat yang Rasional ??
 Dengan berbekal perangkat metodologis berupa langkah komprehensif dan metode "tipe- ideal"
Weber menyadari adanya beragam studi komparatif menyangkut bentuk-bentu hukum,tipe agama, cara organisasi ekonomi dan politik .
Sebuah pertanyaan besar :
 "Apa hal yang paling menonjol dari masyarakat modern ?
  Menurrut sang penulis Economie et societe ini " rasionalisasi ehidupan sosial "menjadi ciri paling signifikan masyarakat modern.
Rasionalisasi menurut weber menjelaskan tiga tipe besar aktivitas manusia yaitu :
 - Tindakan trasisional yang terkait dengan adat-istiadat .
Aktivitas sehari-hari seperti makan dengan menggunakan garpu atau caa memberi salam kepada teman meruppakan tindakan tadisional .
- Tindakan afektif yang digerakan oleh nafsu . Para rentenir dan penjudi bertindak pada level ini .
            - Tindakan rasional yang merupakan alat (instrumen) , ditujukan e arah nilai dan tujuan yang bermanfaat dan berimplikasi pada kesesuaian antara tujuan dengan cara .
Stategi (militer atau ekonomi ) strategi ini bersifat rasional dalam hal penyesuaian efektivitas tindakan yang lebi baik dan diarahkan ke tujuan materiil (misalnya penaklukan sebuah wilayah ) .
    Menurut Weber tindakan rasional menjadi ciri masyarakat modern : yaitu mewujudkan dirinya sebagaa pengudsaha kapitalis,ilmuwan,konsumen atau pegawai yang bekerja atau bertindak sesuai dengan logika tersebut .
    Weber menegaskan bahwa " jarang sekali aktivtas terutama aktivitas sosial yang hanya berorintasi pada sala satu jenis saja (.....) .
Jenis-jenis aktivitas itu hanya berupa tipe-tipe murni yang di bagun untuk riset sosiologi .
Aktifitas riil itu kurang lebih ebanding dan lebih seing -berkombinasi .
Produktivitas (fecondite) , menurut hemat saya , menyebabkan munculnya kebutuha untuk membangun (aktivitasnya -ed) ."
  Rasionalisasi
Max Weber menganggap bahwa rasionalisasi aktivitas manusia ada ciri-ciri yang dominan pada masyarakat modern .
Seluruh bidang aktivitas sosial (ekonomi, hukum , ilmu pengetahuan,seni ) terbebas dari dominasi tradisi dan mengikuti logikanya seendiri .
Demikianlah dalam bidang ekonomi kemajuan perusahaan-perusahaan kapitalis dengan kalkulasinya yang dapat dipercaya, pembagian Kerja "yang ilmiah" ( Taylor satu zaman dengan weber ) , teknik-teknik modern menjadi contoh paling bagus dalam menterjemahkan peralihan dari sebuah prinsip tentang efektivitas hingga prinsip tentang tradisi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini