Senin, 08 Oktober 2012

Arif Syahrizal tugas ke 5

SOSIOLOG MODERNITAS DAN ORGANISASI BIROKRATIS

 

Nama                   : Arif Syahrizal

Kelas          : KPI 1 E

Tugas                   : 5

 

             Bagi Weber sosiologi mula mula adalh ilmu pengetahuan tentang tindakan social. Ia menolak Detrmenisme seperti yang di khotbahkan oleh Marx dan Durkheim yang mengurung manusia dalam sebuah jaringan paksaan social yang tidak di dasari. Ia yakin bahwa masyarakat adalah produk dari tindakan tindakan individu individu yang berbuat dalam kerangkafungdi nilai, motif , dan kalkulasi rasional. Jadi menjelaskan social berarti harud menyadari cara manusia mengorientasikan tindakannya. Langkah ini di sebut dengan sosiologi "komprehensif" yang kita maksudkan dengan sosiologi , ucap weber, adalah ilmu pengetahuan yang berusha memahami dengan cara melakukan interpretasi atau aktivitas social.

             Dengan berbekal perangkat metodologis berupa langkah komprehensif dan metode " tipe- ideal", Weber menyadari menyadari bahwa ada nilai studi kompratif menyangku bentuk bentuk hokum, tipe agama, cara organisasi ekonomi dan politik. Sebuah pertanyaan besar mendominasi bidang ini yaitu: "Apa hal myang paling menonjol dari masyarakat modern?"

             Menurut sang penulis Economie et societe ini "rasionalisasi kehidupan social" menjadi cirri signifikan masyarakat modern. Apa yang di maksud "rasionalisasi" dalam hal ini? Weber menjelaskan tiga tipe besar aktivitas manusia yaitu:

1.     Tindakan tradisional yang terkait dengan adat istiadat.

2.     Tindakan afektif yang di gerakan oleh nafsu. Para rentenir dan penjudi bertindak dalam level ini.

3.     Tindakan rasional yang merupakan alat( instrument ). Di tujukan kea rah nilai atau tujuan yang bermanfaat dan berimplikasi kepada kesesuaian antara tujuan dengan cara. Strategi (militer atau ekonomi) termasuk kedalam kategori ini. Strtegi ini bersifat rasional dalam hal penyesuain efektivitas tindakan  yang lebih baik dan di arahkan ke tujuan materil ( misalnya penaklukan sebuah wilayah) atau di orientasikan lewat nilai nilai ( misalnya kemenangan)

            Menurut Weber menjadi ciri masyarakat modern; yaitu mewujudkan dirinya sebagai penguasa kapitalis, ilmuan, konsumen, atau pegawai yang bekerja / bertindak sesuai dengan logika tersebut.

           Sebenarnya bias saja kita menunjukan bahwa ketiga jenis tindakan itu saling berlainan dan menjadi satu aktivitas serupa seperti halnya aktivitas konsumen. Biasanya konsumen memilih produk yang di sesuaikan dngan penghasilannya (tindakan rasional). Namun bias saja ia di didorong memilih karena kebiasaan konsumsinya (tindakan tradisional) atau karena ke inginan yang tak tertahankan lagi ( tindakan efektif ). Dalam karyanya yang terkenal itu yaitu Ethique protestante et l'esprit du capitalism ( Etika Protestan dan jiwa Kapitalisme ) Weber menunjukan bahwa rasionalisasi tindakan hidup sehari hari seperti yang di puji oleh para pendiri agama protestan ternyata mendukung perkembangan kapitalisme.

 Jenis Jenis Domonasi

            Dalam Economie et societe Weber membahas berbagai jenis hubungan social yang berbeda beda terutama bentuk bentuk dominasi politik. Ia membedakan  tiga bentuk ideal tipe domonasi tersebut, yaitu:

1.     Dominasi tradisional yang di dasarkan pada legitimasi karena ciri sakralitas tradisi yang melekat padanya. Kekuasaan patriarkhis di tengah tengah kelompok penghuni ruang domestic dan kekuasaan para tuan tanah dalam masyarakat feudal termasukke dalam kategori ini.

2.     Dominasi karismatik yang merupakan suatu personalitas tertentu dan di karunai aura khusus. Pemimpin karismatik mendasarkan kekuasaanya pada kekuatan untuk meyakinkan  dan kapasitasnya untuk mengumpukan dan memobilisasi banyak orang. Ketaatan terhadap pemimpin semacam ini terkait dengan factor factor emosional yang berhasil di bangkitkan, di pertahankan  dan di kuasainya.

3.     Dominasi " legal-rasional" yang bertumpu pada kekuatan hokum formal dan impersonal . dominasi ini terkait dengan fungsi, dan bukan pada person. Kekuasaan dalam organisasi modern di justifikasi lewat kompetensi, rasionalitas pilihan dan bukan pada kekutan sihir. Dominasi rasional ini berlangsung melalui kepatuhan terhadap sebuah kitab hokum ( code ) fungsional (misalnya Code de la route, kitab UU sipil dll)

Organisasi Birokratis

             Administrasi birokrasi merupakan "tipe murni" dominasi legal. Kekuasaan yang di dasarkan pada kompetensi dan bukan asal usul social masuk ke dalam bingakai  peraturan impersonal. Karier di atur dengan criteria criteria kualifikai dan rentang waktu objektif kedinasan dan sebagainya, dan bukan criteria yang sifatnya Individual.

             Weber meyakinkan kita bahwa cirri ini bukanlah merupakan cirri khas administrasi public namun merupakan cirri perusahaan perusahaan kapitalis, bahkan hal ini jg terdapat dalam tatanan ke agamaan tertentu.birokrasi di tandai dengan sebuah cara pengaturan  dan cara organisasi yang di dasarkan pada rasionalisasi pekerjaan  sebagai mana yang mulai di praktekan . rasionalisasi ini juga menyentuh berbagai macam bentuk pemikiran seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuaan dan teknik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini