Rabu, 04 November 2015

Tugas Penelitian Sosiologi

IRMAFA SEBAGAI KADER UMAT ISLAM

DOSEN PEMBIMBING :

Tantan Hermansyah

 

DISUSUN OLEH :

Nadya Hendriyan Putri           (11150510000158)

Faizah Azizah                          (111505100000212)

Anzen BhillaSetya                             (11150510000053)

Tomi Syahrul Kurniawan                 (11150510000031)

 

PROGRAM STUDI KPI JURNALISTIK

FAKULTAS ILMU DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    LATAR BELAKANG

 

Organisasi masyarakat adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat,baik berbadan hukum ataupun lainnya,yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan Negara.sebagai mahluk yang selalu hidup bersama-sama,tentunya manusia membutuhkan wadah partisipasi tersebut yakni organisasi untuk mencapai tujuan tertentu,tujuan yang tidak bisa mereka capai sendiri.ada 2 tipe organisasi masyarakat,yakni organisasi formal seperti perusahaan ataupun badan-badan pemerintahan termasuk universitas.adapula organisasi informal seperti pertemuan makan malam,yang tidak terikat dengan konstitusi nya.mengingat bahwa Indonesia adalah Negara yang heterogen multicultural,tentunya setiap individu memiliki banyak perbedaan dan ada pula kesamaannya,kesamaannya bisa ditampung dalam wadah organisasi masyarakat. Organisasi masyarakat memang luas,tetapi tidak semua organisasi terbuka untuk luas,ada yang memang organisasi tersebut berkontribusi untuk kesejahteraan "kader"nya saja,tetapi ada pula yang memang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Belakangan ini tentunya banyak organisasi masyakarat yang hadir di sekeliling kita,mulai dari yang bergerak pada bidang sosial (Barisan Indonesia),organisasi dalam bidang sosial & budaya bisa berbentuk LSM (lembaga swadaya masyarakat),dalam bidang lingkungan (gabungan pecinta alam & lingkungan hidup),dalam bidang ekonomi dahulu seperti sarikat dagang islam. Pada kesempatan ini,kami tertarik untuk mengkaji ormas dalam bidang agama&kerohanian yang tentunya ada kaitannya dengan kemajuan umat islam yang pada dasarnya sangat mutlak kita perlukan untuk menciptakan sumber daya umat islam yang berintelektual,maka dari itu kami akan mengkaji salah satu ormas dalam penelitian ini dengan judul "IRMAFA SEBAGAI KADER UMAT ISLAM".

 

 

 

 

 

 

B.     PERTANYAAN PENELITIAN

 

1.      Apa tujuan dari ormas IRMAFA ?

 

 

2.      Apa sajakah program kerja IRMAFA ?

 

 

3.      Apa peran IRMAFA bagi kemajuan umat islam ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.    METODE PENELITIAN

 

Metode yang kami gunakan pada penelitian ini adalah metode wawancara yang dimana peneliti mendapat informasi dengan cara bertanya langsung kepada responden sambil bertatap muka antara penanya dengan responden dengan menggunakan alat bantu yang dinamakan interview guide (panduan wawancara). Walaupun wawancara adalah proses percakapan yang berbentuk Tanya jawab dengan tatap muka,wawancara adalah suatu proses pengumpulan data untuk mendapatkan sebuah informasi. Beberapa hal yang dapat membedakan wawancara dengan percakapan sehari-hari yakni,

·         Pewawancara dengan responden biasanya belum saling mengenal sebelumnya.

·         Responden selalu menjawab pertanyaan.

·         Pewawancara memberikan pertanyaan yang netral.

·         Pertanyaan mengikuti panduan dari interview guide

Wawancara merupakan metode pengumpulan data dengan jalan Tanya jawab sepihak yang dilakukan secara sistematis dan berlandaskan kepada tujuan penelitian (lerbin,1992). Tanya jawab "sepihak" mengartikan bahwa si responden hanya menjawab pertanyaan dari sang pewawancara yang aktif bertanya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.     TINJAUAN TEORITIS

Max Weber (1864-1920)

      Weber adalah sosiolog kelahiran jerman dan sebaya dengan Goerge Simmel,seorang sosiolog jerman lainnya.Konstribusi penting weber adalah penjelasannya mengenai verstehen,yang dalam bahasa inggris diterjemahkan dengan understanding,ang berarti memahami atau mengerti.secara istilah ,Verstehen adalah metode pengumpulan data yang berhubungan dengan tindakan social individu.Bagi Weber ,sosiologi adalah bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang Tindakan individu atau menghubungkan mengapa sampai orang bertindak demikian dan untuk apa dia bertidak seperti itu .(Zaden,1988:19)

      Weber memang memiliki perhatian kepada individu.atau lebih tepatnya tindakan individu.Untuk mengerti tentang masyarakat,maka yang harus dilihat adalah tindakan individunya.karena itu,jika kita ingin menggunakan metode veshtehen untuk meniliti masyarakat betawi,misalnya  maka lihatlah lingkungan sosialnya dengan mengamati tindakan individualnya.

      Sekali lagi ,Weber memang amat menekannkan individu.Tekanannya pada individu bukan berarti dia tidak mengakui masyarakat sebagai kenyataanya,akan tetapi kenyataannya itu hanya akan mungkin difahami kalau diberi arti oleh individu.Verstehen ,istilah Jerman yang sesungguhnya kalau di Indonesiakan menjadi "pemahaman interpretatif" ,adalah metode yang menekankan individu yang memberikan  arti secara subjektif pada sesuatu yang di luarnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

GAMBARAN UMUM OBJEK/SUBJEK KAJIAN

 

A.     PROFIL UMUM

 

·         PROFIL SUBJEK

 

 

RIF (Remaja islam fathullah) sebagai asal mula IRMAFA. IRMAFA (Ikatan remaja masjid fathullah) resmi berdiri pada 1 juni 1997. IRMAFA merupakan suatu organisasi remaja masjid yang meliputi sejumlah kelompok remaja,pemuda-pemudi,mahasiswa/I yang berasa di sekitar tangerang selatandan sekitar dimana IRMAFA mempunyai tujuan untuk mewadahi kegiatan keremajaan islam di wilayah ciputat dan sekitarnya dalam bingkai keislaman.

                                                                                                                         

 

 

 

 

 

 

·         PROFIL OBJEK

 

 

 

Nama : Heri Handoko (pengurus IRMAFA)

Umur : 23 tahun

TTL : pulo kecil,5 november 1991

Alamat : asrama masjid fathullah

Riwayat pendidikan :

MI Darul ulum 2004

MTS Darul ulum 2007

MA Hidayatul Muqtadin 2010

Motto Hidup : Lakukan yang terbaik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.     LOKASI KAJIAN

 

Lokasi kajian yang kami jadikan tempat wawancara dengan narasumber adalah tidak lain yakni, kantor sekertariat masjid Fathullah.

 

 

BAB III

                                                 ANALISIS HASIL

 

 

A.    SEJARAH DAN TUJUAN ORMAS IRMAFA

RIF (Remaja islam fathullah) sebagai asal mula IRMAFA. pada mulanya di prakarsai oleh para dosen UIN SYARIF HIDAYATULLAH yang dimana mereka berfikir bahwa di wilayah sekitar UIN ini butuh wadah organisasi remaja muslim .IRMAFA (Ikatan remaja masjid fathullah) resmi berdiri pada 1 juni 1997 yang di prakarsai oleh Nuzul Wibawa dkk. IRMAFA merupakan suatu organisasi remaja masjid yang meliputi sejumlah kelompok remaja,pemuda-pemudi,mahasiswa/I yang berasa di sekitar tangerang selatandan sekitar dimana IRMAFA mempunyai tujuan untuk mewadahi kegiatan keremajaan islam di wilayah ciputat dan sekitarnya dalam bingkai keislaman.  Ormas IRMAFA ini bertujuan sebagai wadah dari remaja muslim,dimana disana mereka akan sama-sama belajar mengenai keagamaan dan juga ilmu lainnya, yang sama-sama di pelajari disini,antara lainnya ilmu desaign,jurnalistik,dll. Jadi sebagai wadah pembelajaran pengkemas remaja muslim di sekitar tangerang selatan.

VISI& MISI

visi dan misi IRMAFA adalah pembangunan yang terpadu antara spiritualitas,moralitas,intelektrualitas,dan solidaritas sosial menuju terciptanya insan islami dengan berusaha melaksanakan amal shaleh,meraimaikan masjid,pendidikan mental spiritualitas,amal maruf nahi munkar,pengabdia masyarakat dan senantia memperkuat ukhuwah islamiyah. Dan dengan niat luhur ini,diharapkan akan tercipta kehidupan islami dikalangan remaja/pemuda yang senantiasa di ridhoi ALLAH SWT.

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMBANG DAN MAKNA IRMAFA   

 



Huruf I yang berbentuk menara masjid menunjukan IRMAFA sebagai organisasi remaja masjid.Huruf I dengan tulisan tangan menunjukan fleksibelitas IRMAFA dalam berkarya,bentuk logo tanpa bingkai menunjukan keterbukaan IRMAFA dalam menjalin kerja sama. Hijau melambangkan kesejukan,harapan,dan suasana yang dibawa IRMAFA saat berinteraksi dalam lingkup internal dan eksternal.

 

B.      PROGRAM KERJA DAN AGENDA IRMAFA

 

IRMAFA membawahi 6 Departemen,yang dimana setiap departemennya memiliki agenda ataupun program kerja rutin,ntah itu tahunan ataupun bulanan bahkan mingguan. Berikut 6 departemen;

1.      DEPARTEMEN KEILMUAN

Departemen ini,tentunya bergerak dalam bidang ilmu. Ntah itu ilmu keagamaan ataupun non agama. Didalam departemen ini terdapat beberapa program kerja,seperti diskusi bahasa (mandarin,korea,arab) yang dilakukan setiap malam jumat,malam selasa,dan malam sabtu

2.      DEPARTEMEN SOSIAL JARINGAN & REMAJA MASJID

Departemen ini,tentunya bergerak dalam bidang kegiatan rutin organisasinya itu sendiri,seperti ;

-          Pengajian yasin setiap malam jumat pertama di awal bulan

-          Studi banding antar remaja masjid

(didalam agenda ini, para remaja masjid saling berkunjung ke masjid lain,gunanya untuk melihat dan belajar bagaimana proses kegiatan organisasi pengelolaan remaja masjid)

-          Jamboree

Jamboree ini adalah kegiatan dengan rangka sebagai bentuk kepedulian IRMAFA kepada semua remaja masjid dan generasi muda di tangsel. Jamboree menyisipkan banyak kampanye dan kegiatan positif seperti penyuluhan HIV/AIDS,lomba poster dan pentas seni,trapeling (tongkrongan remaja peduli lingkungan),serta donasi 1000 buku motivasi untuk penderita HIV/AIDS.

3.       DEPARTEMEN KEPUTRIAN

Departemen ini,membahas mengenai bidang keputrian. Mulai dari belajar memasak,menjahit,dan lainnya. Agenda rutinnya,

-kreasi akhwat

Kreasi akhwat adalah agenda kegiatan yang dimana disini para perempuan remaja masjid saling belajar bagaimana keterampilan perempuan((memasak,menjahit,dll)


-Ladies Time

Disini adalah kegiatan rutin yang isinya tempat "sharing" apapun mengenai keputrian.

 

4.      DEPARTEMEN SENI & OLAHRAGA

Tentunya pada departemen ini, bergerak dalam agenda kegiatan antara pengelolaan kesenian ataupun olahraga rutin yang dilakukan stiap minggu di pasca sarjana UIN SYARIF HIDAYATULLAH. Membawahi pula,

-MARAWIS

Marawis adalah kegiatan seni dari timur tengah yang memang berbau keislaman music-music Arabian. Seperti,rebana,kecrekan,dll.

-Irmafa Band

Irmafa band beranggota laki-laki remaja masjid. Ada bas,guitar,drum,dan tentunya vocalis.

 

5.      DEPARTEMEN MEDIA SARANA INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Departemen ini,membidangi bagian-bagian tentang pembelajaran

-video editing

-pelatihan design grafis yang diadakan setiap malam jumat

-pelatihan pengelolaan website IRMAFA

 

6.      DEPARTEMEN KADERISASI

Pada departemen ini,wajib merekrut juga memantau para kader agar tetap aktif di berbagai kegiatan IRMAFA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PROGRAM KERJA WAJIB LAINNYA :

 

·        GEMA RAMADHAN IRMAFA

Acara ini dilakukan setiap bulan ramadhan, yang apabila sebelum berbuka di sediakan ta'jil.Ada acara kultum oleh dosen-dosen besar UIN. Yang tentunya acara ini termasuk acara penting & ditunggu setiap tahunnya,karena melalui acara ini akan terpupuk silaturahmi antara umat islam lebih terasa.

 

·        DISKUSI KEPUTRIAN

Acara ini sama hal nya seperti ladies time,hanya ini jadwalnya setiap 3minggu sekali,yang agenda ada diskusi dengan pemateri perempuan yang berasal dari anggota IRMAFA itu sendiri,ataupun sering kali ada  ustadzah yang menjadi pemateri.

 

·        HALAQOH

halaqoh diskusi kelompok yang diadakan setiap 3 minggu sekali

 

·         MENGAJAR RUTIN

Mengajar rutin ini dilakukan dalam kegiatan yayasan peduli pemulung di daerah Gg.Mawar ciputat. Dalam kegiatan ini siapapun bisa mengajar untuk para pemulung,tetapi memang harus benar-benar komitmen dan dilihat loyalitasnya dalam 2bulan pertama disetiap minggunya,yakni setiap hari kamis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.     PERAN IRMAFA UNTUK KEMAJUAN UMAT ISLAM

 

IRMAFA yang notabennya adalah organisasi masyarakat berbasis kerohanian atau agama tentunya sangat berpengaruh bagi kemajuan umat islam. Karena,menjadi kader dari IRMAFA pasti mempelajari perihal keagamaan khususnya ISLAM. Perannya yakni,

 

1.      SARANA EDUKASI UNTUK UMAT ISLAM :

Walaupun dalam ranah organisasi tetapi IRMAFA berperan dalam hal pendidikan,karena dalam hal kegiatan ataupun program kerja yang berlatar keislaman sudah terbuktu bahwa IRMAFA berperan dalam mendidik Sumber daya manusia yang berintelektual muslim.

 

2.      MENGEMBANGKAN KHAZANAH ISLAM :

Dengan adanya organisasi ini,khazanah islam tentunya akan semakin meluas.

 

3.      SEBAGAI IDENTITAS UMAT MUSLIM :

IRMAFA organisasi masyarakat berbasis islam, tentunya ini adalah identitas umat muslim. Dan juga,ketika program kerja IRMAFA baik akan memperbaiki isentitas muslim di mata masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

KESIMPULAN

 

 

RIF (Remaja islam fathullah) sebagai asal mula IRMAFA. pada mulanya di prakarsai oleh para dosen UIN SYARIF HIDAYATULLAH yang dimana mereka berfikir bahwa di wilayah sekitar UIN ini butuh wadah organisasi remaja muslim .IRMAFA (Ikatan remaja masjid fathullah) resmi berdiri pada 1 juni 1997 yang di prakarsai oleh Nuzul Wibawa dkk. IRMAFA merupakan suatu organisasi remaja masjid yang meliputi sejumlah kelompok remaja,pemuda-pemudi,mahasiswa/I yang berasa di sekitar tangerang selatandan sekitar dimana IRMAFA mempunyai tujuan untuk mewadahi kegiatan keremajaan islam di wilayah ciputat dan sekitarnya dalam bingkai keislaman.  Ormas IRMAFA ini bertujuan sebagai wadah dari remaja muslim,dimana disana mereka akan sama-sama belajar mengenai keagamaan dan juga ilmu lainnya, yang sama-sama di pelajari disini,antara lainnya ilmu desaign,jurnalistik,dll. Jadi sebagai wadah pembelajaran pengkemas remaja muslim di sekitar tangerang selatan.visi dan misi IRMAFA adalah pembangunan yang terpadu antara spiritualitas,moralitas,intelektrualitas,dan solidaritas sosial menuju terciptanya insan islami dengan berusaha melaksanakan amal shaleh,meraimaikan masjid,pendidikan mental spiritualitas,amal maruf nahi munkar,pengabdia masyarakat dan senantia memperkuat ukhuwah islamiyah. Dan dengan niat luhur ini,diharapkan akan tercipta kehidupan islami dikalangan remaja/pemuda yang senantiasa di ridhoi ALLAH SWT. IRMAFA juga membawahi beberapa departemen yang memiliki agenda atau program kerja, diantaranya ; DEPARTEMEN KEILMUAN departemen ini terdapat beberapa program kerja,seperti diskusi bahasa (mandarin,korea,arab) yang dilakukan setiap malam jumat,malam selasa,dan malam sabtu.DEPARTEMEN SOSIAL JARINGAN & REMAJA MASJID departemen ini,tentunya bergerak dalam bidang kegiatan rutin organisasinya itu sendiri,seperti ;Pengajian yasin setiap malam jumat pertama di awal bulan. DEPARTEMEN KEPUTRIANDepartemen ini,membahas mengenai bidang keputrian, Mulai dari belajar memasak,menjahit,dan lainnya.DEPARTEMEN SENI & OLAHRAGATentunya pada departemen ini, bergerak dalam agenda kegiatan antara pengelolaan kesenian ataupun olahraga rutin yang dilakukan stiap minggu di pasca sarjana UIN SYARIF HIDAYATULLAH.DEPARTEMEN MEDIA SARANA INFORMASI DAN KOMUNIKAS Departemen ini,membidangi bagian-bagian tentang pembelajaran video editing,pelatihan design,pelatihan desaign grafis. DEPARTEMEN KADERISASIPada departemen ini,wajib merekrut juga memantau para kader agar tetap aktif di berbagai kegiatan IRMAFA.IRMAFA yang notabennya adalah organisasi masyarakat berbasis kerohanian atau agama tentunya sangat berpengaruh bagi kemajuan umat islam. Karena,menjadi kader dari IRMAFA pasti mempelajari perihal keagamaan khususnya ISLAM

LAMPIRAN

Gambar Dalam dan Luar Masjid Fatullah


Gambar madding IRMAFA

 

 

 

 

Suasana kegiatan wawancara kepada salah satu anggota IRMAFA

 

  

 

                            

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini