Rabu, 04 November 2015

TUGAS UTS SOSIOLOGI KPI 1 B Aldieny Nurunnisa, Nurul Azka, Sonya Sania, Vina Triani FIELD RESEARCH

PERJUANGAN HIDUP, KOMITMEN DAN PANTANG MENYERAH: KISAH SOSIOLOGI INDIVIDU PEMBAWA PERUBAHAN

Tugas UTS Sosiologi KPI 1B

 

Aldieny Nurunnisa (11150510000093)
Nurul Azka (11150510000065)
Sonya Sania (11150510000095)
Vina Triani (11150510000094)

 

 

Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

2015

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang Permasalahan

            Dalam kehidupan, setiap masyarakat pasti mengalami perubahan-perubahan. Tidak ada sekelompok masyarakat pun yang tidak berubah. Perubahan tersebut dapat terjadi dalam berbagai bidang kehidupan, misalnya dalam bidang politik, ekonomi, sosial, maupun perubahan yang berkaitan dengan kebudayaan. Perubahan yang terjadi dalam bidang sosial pada suatu masyarakat sering dikenal dengan istilah perubahan sosial.

Perubahan terbagi menjadi dua tipe yaitu perubahan yang direncanakan dan perubahan yang tidak direncanakan. Perubahan yang direncanakan adalah perubahan-perubahan yang diperkirakan atau yang telah direncanakan terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang hendak mengadakan perubahan di dalam masyarakat. Pihak-pihak yang menghendaki suatu perubahan dinamakan agent of change, yaitu seseorang atau sekelompok orang yang mendapat kepercayaan dari masyarakat sebagai pemimpin satu atau lebih lembaga-lembaga kemasyarakatan. Oleh karena itu, suatu perubahan yang direncanakan selalu di bawah pengendalian dan pengawasan agent of change.

            Masalahnya sekarang yakni bagaimana cara agent of change tersebut beraksi dalam membawa perubahan bagi banyak masyarakat. Terutama jika agent of change tersebut hanyalah seorang diri atau individu. Oleh karena itu, melalui makalah ini, kami ingin menjelaskan bagamaina cara agent of change yang hanya seorang diri atau individu itu merubah pola hidup bahkan fikiran banyak masyarakat. Serta apa tujuan individu tersebut dalam merubah pola hidup bahkan fikiran masyarakat tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.2       Pertanyaan Penelitian

            Pertanyaan Untuk Narasumber

1.      Bagaimana cara saudara beraksi dalam membawa perubahan bagi banyak masyarakat?

2.      Bagaimana saudara merintis perjalanan saudara bersama komunitas tersebut hingga bisa seperti sekarang ini?

3.      Apa yang menjadi visi saudara?

4.      Apa misi saudara untuk mencapai visi tersebut?

5.      Apa visi dan misi komunitas saudara tersebut?

6.      Mengapa saudara membangun komunitas tersebut? Berikan alasannya

7.      Apa motivasi saudara membangun komunitas tersebut?

8.      Apa komitmen saudara dalam membangun komunitas tersebut?

9.      Siapa orang yang pertama kali mendukung saudara untuk membangun komunitas tersebut?

10.  Siapa yang menjadi inspirasi dalam hidup anda? Berikan alasannya

11.  Apakah saudara merasa kesulitan dalam merekrut pengurus maupun anggota untuk komunitas saudara tersebut? Jika ya mengapa dan jika tidak mengapa

12.  Bagaimana cara saudara mempertahankan dan mengembangkan komunitas tersebut?

13.  Apakah ada rasa putus asa dalam proses pembentukan maupun pengembangan komunitas tersebut?

14.  Bagaimana saudara menyikapi orang atau masyarakat yang kontra terhadap adanya komunitas saudara tersebut?

15.  Bagaimana cara saudara meyakinkan bahwa komunitas yang saudara bangun tersebut dapat membuat perubahan dalam diri manusia ke arah yang lebih baik?

16.  Apakah saudara sudah merasa berhasil membawa perubahan terhadap orang banyak yang tentunya atas pengaruh adanya komunitas saudara tersebut? Jika ya mengapa dan jika tidak mengapa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertanyaan Untuk Pengurus/Anggota Komunitas (Quesioner)

 

1.      Menurut anda, apa sih Komunitas Markaz Inspirasi itu?

2.      Apa pengaruhnya terhadap hidup anda?

3.      Apakah anda merasakan perubahan hidup ketika anda bergabung dengan komunitas tersebut? Jika ya tolong jelaskan apa perubahannya

4.      Apa hal yang membuat anda tertarik bergabung dengan komunitas itu?

5.      Apa keuntungan yang sudah anda dapat dengan bergabungnya anda dengan komunitas tersebut?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.3       Metode Penelitian

            Dalam penelitian kali ini kami menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana dalam metode ini lebih menekankan pada aspek pengukuran secara obyektif terhadap fenomena social. Untuk dapat melakukan pengukuran, setiap fenomena social di jabarkan kedalam beberapa komponen masalah, variable dan indicator. Setiap variable yang di tentukan di ukur dengan memberikan symbol – symbol angka yang berbeda – beda sesuai dengan kategori informasi yang berkaitan dengan variable tersebut. Dengan menggunakan symbol – symbol angka tersebut, teknik perhitungan secara kuantitatif matematik dapat di lakukan sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang belaku umum di dalam suatu parameter.

Tujuan utama dati metode penelitian ini ialah menjelaskan suatu masalah tetapi menghasilkan generalisasi. Generalisasi ialah suatu kenyataan kebenaran yang terjadi dalam suatu realitas tentang suatu masalah yang di perkirakan akan berlaku pada suatu populasi tertentu. Generalisasi dapat dihasilkan melalui suatu metode perkiraan atau metode estimasi yang umum berlaku didalam statistika induktif. Metode estimasi itu sendiri dilakukan berdasarkan pengukuran terhadap keadaan nyata yang lebih terbatas lingkupnya yang juga sering disebut "sample" dalam penelitian kuantitatif. Jadi, yang diukur dalam penelitian sebenarnya ialah bagian kecil dari populasi atau sering disebut "data". Data ialah contoh nyata dari kenyataan yang dapat diprediksikan ke tingkat realitas dengan menggunakan metodologi kuantitatif tertentu. Penelitian kuantitatif mengadakan eksplorasi lebih lanjut serta menemukan fakta dan menguji teori-teori yang timbul.

Dalam metode penelitian ini kami melakukan beberapa survei dengan kuesioner dan juga wawancara dengan narasumber yang telah kami siapkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.4       Tinjauan Teoritis

Karl Marx mengatakan bahwa potensi-potensi konflik terutama terjadi dalam bidang pekonomian, dan ia pun memperlihatkan bahwa perjuangan atau konflik juga terjadi dalam bidang distribusi prestise/status dan kekuasaan politik.

 

Segi-segi pemikiran filosofis Marx berpusat pada usaha untuk membuka kedok sistem nilai masyarakat, pola kepercayaan dan bentuk kesadaran sebagai ideologi yang mencerminkan dan memperkuat kepentingan kelas yang berkuasa. Meskipun dalam pandangannya, orientasi budaya tidak seluruhnya ditentukan oleh struktur kelas ekonomi, orientasi tersebut sangat dipengaruhi dan dipaksa oleh struktur tersebut.

 

Tekanan Marx pada pentingnya kondisi materiil seperti terlihat dalam struktur masyarakat, membatasi pengaruh budaya terhadap kesadaran individu para pelakunya. Terdapat beberapa segi kenyataan sosial yang Marx tekankan, yang tidak dapat diabaikan oleh teori apa pun yaitu antara lain adalah, pengakuan terhadap adanya struktur kelas dalam masyarakat, kepentingan ekonomi yang saling bertentangan diantara orang-orang dalam kelas berbeda, pengaruh yang besar dari posisi kelas ekonomi terhadap gaya hidup seseorang serta bentuk kesadaran dan berbagai pengaruh dari konflik kelas dalam menimbulkan perubahan struktur sosial, merupakan sesuatu hal yang sangat penting.

 

Marx lebih cenderung melihat nilai dan norma budaya sebagai ideologi yang mencerminkan usaha kelompok-kelompok dominan untuk membenarkan berlangsungnya dominasi mereka. Apabila konsensus terhadap nilai dan norma ada, para ahli teori konflik menduga bahwa konsensus itu mencerminkan kontrol dari kelompok dominan dalam masyarakat terhadap berbagai media komunikasi (seperti lembaga pendidikan dan lembaga media massa), dimana kesadaran individu dan komitmen ideologi bagi kepentingan kelompok dominan dibentuk.

 

 

Pada dasarnya pandangan teori konflik tentang masyarakat sebetulnya tidak banyak berbeda dari pandangan teori funsionalisme structural karena keduanya sama-sama memandang masyarakat sebagai satu sistem yang tediri dari bagian-bagian.Perbedaan antara keduanya terletak dalam asumsi mereka yang berbeda-beda tentang elemen-elemen pembentuk masyarakat itu.Menurut teori fungsionalisme struktural, elemen-elemen itu fungsional sehingga masyarakat secara keseluruhan bisa berjalan secara normal. Kunci untuk memahami Marx adalah idenya tentang konflik sosial. Konflik sosial adalah pertentangan antara segmen-segmen masyarakat untuk merebut aset-aset bernilai. Bentuk dari konflik sosial itu bisa bermacam-macam, yakni konflik antara individu, kelompok , atau bangsa. Marx mengatakan bahwa potensi-potensi konflik terutama terjadi dalam bidang pekonomian, dan ia pun memperlihatkan bahwa perjuangan atau konflik juga terjadi dalam bidang distribusi prestise/status dan kekuasaan politik.

 

           

BAB II

GAMBARAN UMUM SUBYEK/OBYEK KAJIAN

 

1.1       Profil Umum Subyek/Obyek

Nama                            : Ade Zuniarsa Putra, S.Ag

Tempat, Tanggal lahir : Jakarta, 18 Juni 1990

Alamat                                    : Jalan Munggang No 36 RT 06 RW 04, Balekambang, Kramat

                                       Jati, Jakarta Timur, DKI Jakarta, 13530

Pekerjaan                     : 1) Inspirator Markaz Inspirasi

                                       2) Mengajar

                                       3) Entrepreneur

                                       4) Pembelajar

Riwayat Pendidikan   : 1) SDN 01 Balekambang

                                       2) SMPN 126 Jakarta

                                       3) SMAN 62 Jakarta

                                       4) S1 Jurusan Ilmu Agama Islam UNJ, Prodi Ilmu Pendidikan

                                           Islam

Riwayat Organisasi     :1. Wakil Ketua Rohis SMAN 62 Jakarta (2006-2007)
                                       2. Divisi Dakwah Luar IKRAR VI
                                       3. Syiar ICA UNJ 2008-2009
                                       4. Ka. Biro Baitul Maal ICA UNJ 2009-2010
                                       5. Staff Biro Baitul Maal ICA UNJ 2010-2011
                                       6. Ka. Biro Entrepreneur HMJ IAI UNJ 2009-2010
                                       7. Direktur Monas Manajement 2010
                                       8. Direktur Markaz Digital 2012
                                       9. Ka. Dept SDM FORMULA 62 2011-2012
                                     10. Wakil Ketua Karang Taruna RW 04 Balekambang 2011-
                                           2014
                                     11. Ka. Dept. Pembinaan FORMULA (Forum Muslim/Muslimah
                                           Alumni SMAN 62) 2012-2013
                                     12. Ka. FORMULA 2013-2014
                                     13. Syiar Sahabat Pelajar dan Pemuda (SALAM) 2013-2014
                                     14. CEO Markaz Inspirasi

 

Keahlian                      : 1. Inspirational Speaker
                                       2. Graphic Designer
                                       3. Video Editor
                                       4. Inspirational Writer
                                       5. Organization
                                       6. Entrepreneur
                                       7. Islamic Movement
                                       8. Inspirational Learning
                                       9. Optimize Social Media
                                     10. Personal Brading

Motto Hidup               : "Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang paling bermanfaat

                                        bagi manusia." (HR. Thabrani dan Daruquthni)

No Telfon                    : 089602702074                                             

Email                           : dhezun@markazinspirasi.com

Facebook                     : facebook.com/ade.z.putra

Twitter, Instagram,     : @dhezunTelegram

Blog                            : dhezun.markazinspirasi.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.2       Lokasi Kajian

 

Hari       : Minggu

Tanggal : 1 November 2015

Tempat  : Masjid Fakultas Ekonomi dan Bisnis,Universitas Indonesia

Pukul     : 10.00 WIB

 

           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

ANALISIS HASIL

Berikut hasil wawancara yang telah kami lakukan kepada narasumber kami.

1.      Bagaimana cara saudara beraksi dalam membawa perubahan bagi banyak masyarakat?

= Salah satunya dengan membangun sebuah komunitas yakni komunitas
   Markaz Inspirasi

 

2.      Bagaimana saudara merintis perjalanan saudara bersama komunitas tersebut hingga bisa seperti sekarang ini?
= Markaz Inspirasi sudah ada semenjak 2011-an. Saat itu hanya untuk  kepentingan pribadi saat diminta untuk menjadi pemateri dalam berbagai kesempatan seperti kajian, tablig akbar, training entrepreneur, training organisasi dan lainnya. Ternyata berdakwah sendiri itu melelahkan dan keinginan untuk berbagi pengetahuan dan keahlian yang saya miliki semakin besar. Kemudian pada Desember 2014 saya berinisiatif untuk menjadikan Markaz Inspirasi tempat untuk mengajak teman-teman yang memiliki skill, pengetahuan, dan visi yang sama untuk bergabung di dalamnya sekaligus menjadi tempat saya untuk menyalurkan keinginan saya untuk berbagi ilmu, hingga pada akhirnya terbentuklah Markaz Inspirasi dengan awalnya perekrutan dilakukan di facebook saya. Kemudian bulan Februari saya bentuk kepengurusan dan bulan April tanggal 25 tahun 2015 kita mengadakan launching Markaz Inspirasi dengan mengundang komunitas dan organisasi lainnya

 

3.      Apa yang menjadi visi saudara?

= Saya berharap Markaz Inspirasi menjadi tempat kumpul orang-orang dengan berbagai latar belakang, keahlian, dan keunikan untuk disatukan dengan tujuan dakwah dan memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk orang lain, mulai dari tingkat Indonesia sampai dunia.

 

4.      Apa misi saudara untuk mencapai visi tersebut?

= Mengadakan pelatihan berkelanjutan yang dapat mewujudkan inspirator peradaban yang religius, kreatif, inspiratif, mandiri dan penuh kebermanfaatan

 

 

5.      Apa visi dan misi komunitas saudara tersebut?

 

VISI :

-          Markaz inspirasi menjadi tempat berkumpul dan lahirnya Inspirator peradaban yang religius, kreatif, inspiratif, mandiri dan penuh kebermanfaatan dalam aktifitas dakwah islam tingkat nasional

 

 

 

 

 

MISI :

 

-          Mengadakan pelatihan berkelanjutan yang dapat mewujudkan inspirator peradaban yang religius, kreatif, inspiratif, mandiri dan penuh kebermanfaatan

-          Membuat program yang dapat menjadi ruang aktualisasi diri untuk seluruh anggota

-          Membangun jaringan komunitas markaz inspirasi di tiap kota-kota besar di Indonesia

-          Membangun kerjasama dan sinergi dengan lembaga lain yang memiliki satu visi

-          Menjadikan markaz inspirasi sebagai komunitas yang mandiri secara organisasi dan financial

 

6.      Mengapa saudara membangun komunitas tersebut? Berikan alasannya

= Untuk berbagi ilmu dan keahlian yang saya miliki, tempat diskusi dan sharing ilmu, serta untuk sinergi dalam aktualisasi ilmu untuk kepentingan dakwah dan kebermanfaatan.

 

7.      Apa motivasi saudara membangun komunitas tersebut?

= Berbagi ilmu, dakwah bersama dan menjadi warisan kebaikan yang diharapkan menjadi investasi dunia dan akhirat untuk saya dan teman-teman.

 

8.      Apa komitmen saudara dalam membangun komunitas tersebut?

= Saya punya motivasi dan komitmen terhadap diri saya sendiri. Saya baru akan berhenti ketika jasad sudah tidak mampu lagi menopang besarnya semangat saya dalam mengembangkan Markaz Inspirasi ini (saya dirawat, sekarat, atau mati).

Mengambil peran atau tergantikan.

 

9.      Siapa orang yang pertama kali mendukung saudara untuk membangun komunitas tersebut?

= Komunitas ini saya buat atas inisiatif saya sendiri dan mereka yang merespon positif adalah mereka yang mendukung, jadi yang mendukung banyak sekali, khususnya mereka yang langsung bergabung di dalamnya. Semoga Allah membalas kebaikan mereka. Aamiin

 

10.  Siapa yang menjadi inspirasi dalam hidup anda? Berikan alasannya

= Nabi Muhammad SAW. Beliau ketika hidup dikenal sebagai orang besar dan meninggal dikenang sebagai orang besar, saya berharap bisa mengikuti beliau untuk menjadi orang besar.

 

11.  Apakah saudara merasa kesulitan dalam merekrut pengurus maupun anggota untuk komunitas saudara tersebut? Jika ya mengapa dan jika tidak mengapa

= Kesulitan pasti ada, diantaranya tidak semua anggota dan pengurus memiliki komitmen dan menjadikan Markaz Inspirasi di prioritas pertama atau utama mereka, jadi saya harus benar-benar menseleksi dan jikapun merekrut mereka yang saya lakukan adalah mencoba memahami dan memaklumi kesibukan mereka di tempat lain. Tapi sekecil apapun sumbangsih mereka, itu sudah membuat saya sangat bahagia luar biasa.

 

12.  Bagaimana cara saudara mempertahankan dan mengembangkan komunitas tersebut?

= Yang saya lakukan untuk mempertahankan dan mengembangkan Markaz Inspirasi adalah :

-          Mempertahankan komitmen dan konsistensi semangat dan kontribusi saya pribadi. Karena saya adalah ketuanya, dan ketua harus memiliki nafas lebih panjang dan menjadi yang terdepan dalam keadaan apapun, kalau ketuanya bermasalah, maka akan bermasalah keseluruhannya.

-          Membangun komunikasi yang baik dengan anggota, khususnya dengan kepengurusannya.

-          Mengadakan kopdar, rihlah, dan kongkow untuk menguatkna silaturahim dan keterikatan antar angota

-          Mengadakan malam ta'aruf untuk lebih mengenal lebih dalam anggota dan pengurus Markaz Inspirasi.

-          Menawarkan solusi dan bantuan secara langsung kepada anggota-anggota yang sedang mengalami kesulitan-kesulitan, seperti kesulitan keuangan, butuh tempat curhat, mengaji, dan lain sebagainya.

-          Mengadakan kajian malam online seminggu 3x dan training of inspirator (kajian darat) sebulan sekali untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan/skill anggota.

-          Membuat group telegram nasional dan regional untuk menjaga komunikasi dan silaturahim seluruh anggota Markaz Inspirasi

-          Berdoa kepada Allah untuk kebaikan Markaz Inspirasi dan seluruh anggota yang ada di dalamnya.

-          Membantu mencomblangi dan menikahkan antar anggota Markaz Inspirasi

 

13.  Apakah ada rasa putus asa dalam proses pembentukan maupun pengembangan komunitas tersebut?

= Jatuh bangun sudah pasti. Pahit manis juga sudah pasti. Saya mencoba melakukan dan memberikan yang terbaik. Berdoa dan berkhalwat (kontemplasi) kepada Allah ketika sudah merasa menuju keputus asaan. Tapi Alhamdulillah, Allah belum uji saya dengan ujian membuat saya hampir putus asa. Selama ini baru hal kecil seperti memikirkan setiap detik, menit, dan harinya tentang Markaz Inspirasi.

 

14.  Bagaimana saudara menyikapi orang atau masyarakat yang kontra terhadap adanya komunitas saudara tersebut?

= Sejauh ini Alhamdulillah responnya positif, tapi memang tak dipungkiri sekarang atau kemudian pasti akan ada orang/kelompok yang kurang/tidak atau bahkan membenci Markaz Inspirasi. Tapi, Markaz Inspirasi akan selalu mencoba memberikan dan melakukan yang terbaik untuk semuanya, baik yang suka/tidak, baik yang pro/kontra. Kami hadir bukan untuk membenci dan memaki, kami hadir untuk memberikan manfaat yang besar dan menginspirasi.

 

Questioner

Pertanyaan 1 : Menurut anda, apa sih komunitas markaz inspirasi itu?

Respon :

·         Komunitas markaz inspirasi,kalau menurut saya,wadah untuk setiap orang silaturahimdan bersinegri untuk menyumbangkan karya-karya kreatif yang mempunyai nilai-nilai da'wah.

·         Komunitas markaz inspirasi itu adalah sebuah komunitas yang didalamnya anak-anak mud yang rata-rata dan dakwah adalah tujuan utamanya.

·         Komunitas dimana kumpulnya para pemuda bangsa yang siap menginspirasi dunia dan membanung peradaban emas.

 

Pertanyaan 2 : Apa pengaruhnya terhadap hidup anda ?

Respon :

·         pengruhnya,karna disana ditekankan beberapa nilai,termasuk lebih ditekankan tentang karya yang kreatif dan inspiratif,jadi seiring berjalannya waktu kita bergabung dikomunitas ini,insyaAllah ada karya-karya dri teman-tema dimarkaz inspirasi yang mengasah kemampuaan kita untuk menjadi seseorang yang lebih kreatif  .

·         Alhamdulillah setelah masuk MI saya merasakan pengaruh yang sangat besar,karena dikomunitas ini terdpat orang-orang hebat dan menginspirasi semua orang .jadi mereka membuat saya berfikir bahwa kita memmng harus selalu bergerak dan berani mengmbil peran.

·         Sebgai tempat berbagi inspirasi,pembelajaran,kebaikan.

Pertanyaan 3 : Apakah anda merasakan perubahan hidup ketika anda bergabung dengan komunitas tersebut?jika YA tolong jelaskan apa perubahannya?

Respon :

·         dimanapun saya bergabung,selalu ada kejadian-kejadian yang begitu banyak disana,seakan kita dikelilingi oleh film-film nyata,atau lebih spesifiknya,film-film nyata tersebut adalah lingkungn disekeliling kita.Yups,lingkungan disekeliling kita tentu puny pengaruh yang signifikan sekalipun kecil atau besar.namun karna kita diberi akal,hati,AL-Quran dan sunnah rasul ,sehingga kita bersikap bijak,untuk hanya terpengaruh dengan hal-hal yang baik saja dari lingkungan kita.termasuk di Markaz inspirasi ini,tentu ada perubahan hidup yang kia alami,kalau yang saya rasakan,perubahannya menjadi pribadi yang lebih kreatif dan lebih gaul.

·         Yaa ketika saya masuk MI saya merasa ada perubahan dari diri saya,saya menjadi lebih berani untuk tampil berbicara didepan,saya lebih berani untuk mengambil setiap kesempatan yang semampu saya,saya menjadi lebih sering berfikir positif dalam berbagai hal,saya menjadi temotivasi untuk terus belajar dan belajar,saya lebih bisa memahami karakter orang-orang sekitar,saya menjadi lebih bertanggung jawab atas amanah yang telah diberikan ke saya karna orang-orang di MI sangat menginspirasi.

·         Setiap kehidupan yang membawa kebaikan pasti kan membaw perubahan yang baik Alhamdulillah.

Pertanyaan 4 : Apa hal yang membuat anda tertarik bergabung dengan komunitas tersebut ?

Respon :

·         karna komunitasnya menekankan sisi kreatif,dan isinya orang-orang islam.

·         Karna kakak dan adik saya sudah masuk MI terlebih dahulu .dan mereka menceritakan sedikit gambaran komunitas ini ,dan ternyata saya sangat tertarik dan sangat cocok dengan visi dan misinya MI.

·         Semangat dan energy serta visi para sahabat inspirasi

Peranyaan 5 : Apa keuntungan yang sudah anda dapatkan dengan bergabungnya anda dengn komunitas tersebut ?

Respon  :

·         mengasah sekali kreatif kita,menambah jaringan pertemanan kita lebih luas lagi,bahkan sampai nasional.

·         Saya mendapatkan teman yang banyak,teman dari berbagai daerah,teman dengan berbagai karakter.disinilah saya dilatih untuk mahir public speaking,desain,bikin-bikin video dll,saya dilatih untuk lebih dewasa menghadpi segala fenomena yang ada dan saya mendapat inspirasi di komunitas ini

·         Sangat banyak,kenikmatan secara real berupa sahabat dan jaringan baru seIndonesia.dan pasti ilmu,inspirasi,panggung,kreatifitas,dan kenikmatan berkumpul dengan orang soleh.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KESIMPULAN

Cara agent of change yang hanya seorang diri atau individu itu merubah pola hidup bahkan fikiran banyak masyarakat yaitu dengan cara membangun sebuah komunitas. Seperti yang dilakukan oleh narasumber kita yaitu Saudara Ade Zuniarsa Putra, ia membangun sebuah komunitas yang bernama Markaz Inspirasi. Markaz Inspirasi adalah komunitas yang menjadi tempat berkumpul dan lahirnya inspirator dakwah yang religius, kreatif, inspiratif, mandiri dan penuh kebermanfaatan dalam aktifitas-aktifitas dakwah islam yang kreatif dan inspiratif di tingkat nasional.

Setiap anggota markaz inspirasi dituntut untuk saling berbagi, belajar dan berlatih sehingga diharapkan akan memiliki empat kualifikasi dasar, yaitu memiliki pengetahuan dan keahilan di bidang : Islamic Character Building, Islamic Cinematographer Islamic Entrepreneur, Islamic Graphic Desaigner, Islamic Public Speaker, Islamic Writer

 

                                

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka :

Ritzer,George dan douglass j.goodman.2014.Teori Sosiologi.Yogyakarta:Kreasi wacana.(juni 2014).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini