Rabu, 04 November 2015

TugasUtsPenelitianSosiologi_KPIA&B_JurnalistikA&B

PERJUANGAN HIDUP, KOMITMEN DAN PANTANG MENYERAH

KISAH SOSIOLOGI INDIVIDU PEMBAWA PERUBAHAN

Tugas Uts Sosiologi

Dosen : Dr. Tantan Hermansyah, M.Si


Maulida Wahid - 11150510000023/KPI1A

Karlita Cahyani - 11150510000062/KPI1B

Hardi Yuantoro - 11150510000185/JURNALISTIK1B

Rifky Purama - 11150510000063/JURNALISTIK1A

 

 

Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

2015


BAB 1

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

 

Ilmu pengetahuan selalu berkembang dan mengalami kemajuan yang sangat pesat, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif, dan produktif.

Di era global sekarang ini keadaan ekonomi di Indonesia memang sangat memprihatinkan , namun kita tidak boleh menyerah pada keadaan sekarang ini yang serba sulit kita harus berusaha,kreatif,inovatif dan berani mengambil suatu keputusan serta resiko untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.kita tidak harus bergantung pada orang lain.Untuk mendapatkan suatu pekerjaan kita harus berusaha semaksimal mungkin.

 

Dilihat dari latar belakang wirausaha saat ini banyak sekali jenis peluang usaha kecil atau menengah yang bisa dijalankan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan dana yang besar. Asalkan memiliki niat usaha yang kuat untuk membangun sebuah usaha, dan dengan bantuan modal yang cukup untuk menjalankan sebuah usaha, maka pengangguran di Indonesia bisa berkurang jika para pengangguran ini memiliki niat untuk berwirausaha. Salah satu jenis wirausaha yang saat ini banyak sekali dilakukan oleh para wirausahawan adalah, usaha yang bergerak dalam bidang perdagangan, baik itu berdagang pakaian, makanan, souvenir, atau produksi lain yang bisa dijual dengan harga jual yang menjanjikan.

 

Salah satu usaha yang dilakukan untuk mengurangi pengangguran yaitu dengan berwira usaha.Dengan kita berwira usaha kita bisa belajar mandiri dan bisa memaknai arti penting kehidupan secara tidak langsung kita sudah membantu banyak orang. Bisnis adalah sebuah pembelajaran, dimana dibutuhkan analisa yang sangat dalam tentang prospek dan kelayakan dalam usaha itu. Oleh karena itu, bisnis itu harus dimulai sejak dini sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir dan mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut.

 

      Alasan kami memilih tempat ini sebagai observasi penelitian tugas sosiologi karena usaha ini dibangun oleh mahasiswa yang masih muda yang dapat dijadikan inspirasi untuk para mahasiswa lainnya sebagai motivasi menjadi seorang pengusaha muda yang sukses. Café ini berpengaruh di lingkungan masyarakat dengan caranya yaitu memperkenalkan macam-macam kopi khas daerah dari Indonesia yang belum banyak diketahui oleh masyarakat dan dapat merubah generasi muda di  masa yang akan datang.


1.2 Pertanyaan Penelitian

 

Metode pengumpulan data adalah dengan melalui wawancara, yaitu agar  mendapatkan informasi dengan cara bertanya langsung kepada narasumber. Wawancara merupakan salah bagian terpenting dari setiap survey. Tanpa  adanya wawancara, peneliti tidak akan mendapatkan informasi.

wawancara adalah proses tanya jawab lisan antara dua orang atau lebih secara langsung.yang bertujuan untuk mendapatkan data dari tangan pertama atau primer,sebagai pelengkap teknik pengumpulan,dan untuk menguji hasil pengumpulan data lainnya.Maka dari itu kami mebuat beberapa pertanyaan untuk mendapatkan hasil penelitian,yaitu sebagai berikut:

 

1.      Siapa nama lengkap anda?

2.      Berikan alasan mengapa anda memilih usaha ini?

3.      Apa nama tempat usaha anda?

4.      Apa konsep yang anda gunakan untuk kedai ini?

5.      Apa alasan anda memilih nama tersebut?

6.      Sejak kapan anda memulai usaha ini?

7.      Apa motivasi anda mendirikan tempat usaha tersebut?

8.      Apa saja yang sudah anda dapat setelah mendirikan usaha tersebut?

9.      Berapa jumlah karyawan yang anda pekerjakan?

10.  Berapa keuntungan yang anda dapat setiap bulan?

11.  Apa saja kendala yang dialami selama anda merintis usaha tersebut?

12.  Bagaimana tanggapan masyarakat semenjak didirikannya tempat usaha tersebut?

13.  Bagaimana cara anda mengatur waktu antara usaha dan pendidikan anda?

14.  Apa harapan anda ke depannya untuk kesuksesan cafe ini?

15.  Apa saran untuk mahasiswa pada saat ini agar termotivasi menjadi seorang pengusaha muda seperti yang anda rintis saat ini?

 

1.3  Metode Penelitian

A.    Teknik Wawancara

Yaitu memperoleh data dengan menggunakan wawancara antara peneliti dengan nara sumber. Untuk itu dapat dibuat kuesioner yang berfungsi sebagai pedoman wawancara.

B.     Teknik Observasi

Suatu cara untuk memperoleh data dengan pengamatan langsung. Sebelum melakukan observasi diperlukan patokan observasi, berupa data apa saja yang diharapkan setelah melaksanakan observasi.

 

C.    Teknik Observasi Berpartisipasi

Yaitu teknik observasi dengan ikut serta mengalami aktivitas pada objek penelitian. Misalnya siswa meneliti pendapatan yang diperoleh anak jalanan, maka siswa akan menyamar sebagai anak jalanan.

 

D.    Teknik Angket

Teknik untuk memperoleh data dengan mengajukan daftar pertanyaan yang telah disusun kepada orang yang telah dijadikan sasaran penelitian.

 

1.4  Tinjauan Teoritis

 

Anda tentu sering mendengar tentang kata "Kewirausahaan". Kata tersebut sudah               familiar dIsemua kalangan, namun perlu kita telusuri lagi mengenai Pengertian Kewirausahaan. Pengertian Kewirausahaan dibentuk dari kata dasar yaitu wirausaha yang merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menilai kesempatan bisnis, kemudian mengumpulkan beragam sumber daya yang dibutuhkan demi mengambil tindakan secara tepat dan memperoleh keuntungan yang bertujuan dalam pencapaian kesuksesan.

Pada hakikatnya, Pengertian Kewirausahaan ialah ciri, watak dan sifat seseorag atas kemauan yang d imiliki untuk mewujudkan gagasan yang inovatif terhadap dunia realistik serta mampu menciptakan sifat yang kreatif. Orang yang berwirausaha tentunya disebut sebagai wirausahawan, jadi makna dari kata tersebut dapat kita gabungkan dari maksud sebelumnya yang telah dipaparkan di atas yaitu seseorang yang mempunyai kemampuan dalam melihat dan memprediksi atau menilai adanya kesempatan bisnis lalu mengumpulkan berbagai sumber daya yang dibutuhkan dalam rangka mengambil tindakan dan rangkaian keuntungan secara tepat sedangkan dalam dirinya terpaut perilaku dan watak serta kemauan demi menciptakan beragam ide ataupun gagasan yang inovatif ke dalam dunia nyata dan memupuk daya kreatif untuk meraih kesuksesan.

Maka yang menjadi pokok dari seorang Wirausahawan yaitu orang-orang yang memiliki jiwa wirausaha dan mengimplementasikan hakekat kewirausahaan dalam kehidupan. Mereka termasuk golongan yang mempunyai kemampuan yang kreatif dan penuh inovasi yang tinggi dalam hidupnya. Jadi Pengertian Kewirausahaan ini pada hakikatnya merupakan kemampuan dalam berpikir secara kreatif dan berperilaku penuh inovatif yang digunakan sebagai acuan atau dasar, tujuan, sumber daya, siasat serta strategi dalam menghadapi sebuah tantangan kehidupan. Sebenarnya bagi seorang wirausahawan bukan hanya bisa berkata-kata untuk berencana dan sedemikian rupa melainkan menuntut untuk mampu berbuat dan merealisasikan segala bentuk perencanaan dalam pikiran yang kemudian dituang ke dalam aksi dan tindakan yang berorientasi menuju kesuksesan. Oleh karena itulah, memang sangat diperlukan sikap kreatifitas yang diartikan sebagai pola pikir mengenai sesuatu hal yang baru dan didukung dengan penuh inovasi yang tinggi pula dalam artian berupa beragam tindakan untuk  melakukan sesuatu yang baru tersebut.

BAB 2

GAMBARAN UMUM SUBJEK/OBJEK KAJIAN

2.1 Profile Umum Subjek/Objek

Gatra Rialdi Putra lahir pada tanggal 23 Oktober 1995 Jakarta yang memiliki hobi berenang,membaca, dan berdiskusi. Motto hidup nya yaitu "Aku Hidup Maka Aku Berkarya". Riwayat pendidikan yaitu lulusan sd Boni Poi 1, Mts Az Zaitua, Mas Az Zaitun dan sekarang Ia adalah seorang           mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Dakwah dan jurusan Manajemen Dakwah Semester 3. Beliau tinggal di Percetakan Negara Jakarta Pusat, untuk saat ini beliau tinggal di Kostan yang bertempat di Semanggi 2.

Beliau merupakan mahasiswa inspiratif bagi mahasiswa yang lainnya, yang mempunyai integrity untuk bisa hidup jauh dari orang tuanya dan bisa mendapatkan uang dari hasil usahanya. Bahkan untuk saat ini ia bisa seperti ini bukan hanya karena seorang diri, ia mempunyai empat orang sahabat yaitu Andriansyah yang berkuliah di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (SEBI) yang berada di daerah Sawangan, ada juga Mutiara Indah Zulfa yang berkuliah di ISQ dan Universitas UIN syarif Hidayatullah yang bernama Rachmat wibowo juga Abdul Abas Beni yang berkuliah di S.T Telematika. Yang sama-sama memiliki hobbi usaha sehingga mereka bisa mendirikan usaha Kedai DM Kocok, yang akhirnya hobbinya itu tercapai. Walaupun masih merintis untuk saat ini karena yang mereka inginkan bisa mendirikan café besar dan bukan hanya sekedar kedai biasa. Café yang didirikan oleh lima sahabat ini di rencanakan pada 17 Mei 2015, dan café ini terealisasi pada tanggal 17 September 2015. Café ini berlokasi di Jl. Kompas Ciputat Tanggerang Selatan. Café ini juga terkenal dengan cirri khas kopi daerah, tetapi di café ini juga terdapat minuman coklat dan makanan lainnya.

 

2.2  Lokasi Kajian

Lokasi kajian penelitian dilakukukan untuk pengambilan data dilakukan di Café DM Kocok.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara,studi dokumentasi dan dengan analisis kelompok.Wawancara dilakukan agar mendapatkan informasi langsung dari narasumber,studi dokumentasi adalah  salah satu metode pengumpulan data kualitatif dengan melihat atau menganalisis dokumen-dokumen yang sudah didapat setelah wawancara,sedangkan Analisis kelompok ialah cara yang dilakukan setelah wawancara dan studi dokumentasi untuk lebih dianalis oleh kelompok.

Seperti yang dijabarkan di bab sebelumnya,Café DM Kocok berada di kawasan Kompas,Ciputat Tangerang Selatan.Dimana pada dasarnya kondisi kawasan Kompas tersebuat sangat ramai dilewati banyak kendaraan karena jalur Kompas tersebut adalah jalur utama warga sekitar untuk melakukan akitivitas sehari harinya.Cafe DM Kocok sendiri terletak sangat strategis di Jalan Kompas tersebut sehingga banyak yang berkunjung ke Café DM Kocok untuk bersantai dan berkumpul.Di kawasan Kompas Ciputat sendiri belum ada Café yang menyediakan kopi dari berbagai macam daerah.

 

 

BAB 3

ANALISIS HASIL

 

            Gatra Rialdi Putra,Abdul Abas Beni,Andriansyah,Rahmat Wibowo, dan Mutiara Indah Zulfa mereka mendirikan tempat usaha kedai yang bernama DM Kocok. Mereka mendirikan tempat ini karena mereka memiliki satu hobi yang sama yaitu hobi memiliki tempat usaha di bidang kuliner. Mereka mendirikan tempat ini juga karena alasan mereka senang berdiskusi dan berkumpul di luar kampus dan mereka berfikir daripada menghabiskan uang di luar lebih baik menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan mereka, dengan cara mendirikan café tersebut. Mereka memilih nama tersebut karena arti dari DM Kocok ialah Dream Maping Kopi Coklat mengapa Dream Maping yang diartikan mimpi yang telah dibuat sejak 17 mei 2015 mereka mempunyai mimpi untuk membangun usaha café akhir nya terbuat nama DM yaitu Dream maping. Dan mengapa Kopi Coklat karena di cafe ini menyediakan kopi-kopi daerah yang dimana di Indonesia terkenal dengan kopi-kopi daerah terutama daerah aceh yang mempunyai nama Aceh Gayo di luar negri sana kopi dari Aceh ini dijual dengan harga mahal dan di kedai ini disediakan dengan harga terjangkau dan kopinyapun original dari Aceh Gayo, dan Coklat tersebut ada beragam sajian dari coklat panas hingga coklat dingin yang di fariasikan oleh toping-toping yang telah disediakan.

Alasan mereka mengidentikkan kopi daerah karena mereka telah berfikir bahwa kebanyakan café yang telah ada itu hanya sekedar minuman biasa dan mereka mempunyai inofasi baru untuk memperkenalkan berbagai macam kopi dari berbagai macam daerah di Indonesia sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia dan mencintai produk Indonesia. Konsep yang digunakan oleh kedai tersebut adalah konsep klasik karena mereka berfikir bahwa kebanyakan café pada saat ini menggunakan konsep modern.  

Motivasi mereka mendirikan café ini yaitu alasan pertama karena mereka berlima memang senang untuk berdiskusi dan berkumpul dan mereka ingin membuat sebuah tempat nyaman untuk dijadikan sebagai basecamp atu tempat pusat untuk berdiskusi dan kumpul dan ditemani dengan berbagai macam minuman seperti kopi dan coklat,prospek membuat usaha ini juga sangat bagus untuk kedepannya dan tetap menjaga hubungan persahabat mereka berlima yang diharapkan tidak akan putus dengan cara mempertahankan café ini. tetapi motivasi yang paling inti mendirikan café ini yaitu mereka berlima sadar bahwa sebagai mahasiswa itu harus aktif. Aktif yang dimaksudkan bukan hanya aktif dikuliah tetapi mahasiswa juga harus memiliki sebuah karya kreatif,yang kedepannya memiliki sebuah cerita bahwa mereka merupakan seorang pengusaha muda yang memang sejak awal mempunyai mimpi untuk memiliki usaha dan passion mereka sejak awal juga sangat tertarik dalam bidang usaha. Usaha yang dimimpikan mereka berlima bukan hanya memiliki usaha café seperti sekarang ini tetapi juga ada yang ingin memiliki usaha dibidang pariwisata dan perhotelan ada juga yang ingin menjadi seorang manager dan lain sebagainya. Mereka juga sudah membiasakan diri dan berusaha sejak muda,mereka berfikir jika memulai usaha menunda waktu setelah mereka lulus kuliah sudah disibukan oleh urusan yang lainnya, dan menurut mereka dengan menunda nunda seperti ini hanya membuang buang waktu masa muda mereka tanpa memiliki hasil yang bermanfaat. Sebagai mahasiswa harus memiliki ide bagaimana kita dapat menggunaan waktu luang bukan hanya kuliah – pulang tetapi bersosialisasi dan mencari sebuah referensi untuk memikirkan kehidupan kedepan.

 Yang telah didapat setelah mendirikan tempat usaha tersebut yaitu keuntungan atau laba yang diperoleh, pengalaman yaitu kejadian yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung dsb) baik yang sudah lama atau baru saja terjadi  dan sebuah relasi.

 Untuk karyawan yang telah dipekerjakan di café tersebut mereka tidak merekrut karyawan dari luar karena café ini baru di rintis oleh mereka berlima maka mereka ingin terjun langsung untuk mengetahui keadaan café yang mereka rintis,mereka menggunakan system shif atau bergantian untuk menjaga café.

Benefit atau keuntungan dari café yang mereka jalani sekarang dikatakan realtif besar untuk permulaan sebuah usaha yang dikelola oleh para anak muda. Dibulan pertama mereka mendapatkan omset perhari Rp.300.000 dan sebulan bisa mendapatkan Rp. 9.000.000. omset tersebut dapat menutupi pembayaran sewa tempat café dan uang pendapatan tersebut juga mereka putar kembali untuk kebutuhan yang lainnya. Pada periode bulan ini omset yang didapat kan juga meningkat dan mereka berharap dapat menembus angka lebih besar dari pendapatan pada bulan sebelumnya.

Setiap orang yang merintis sebuah usaha sudah biasa merasakan kendala-kendala yang harus dijalani, mereka juga pernah merasakan kendala saat merintis café DM Kocok tersebut. Kendala yang dialami seperti telah menyusun konsep-konsep yang pada kenyataan implementasinya banyak yang tidak terlaksana, kendala kedua yaitu mereka merintis café tersebut tidak hanya satu orang kepala tetapi mereka membangun usaha ini bersama sama. Disini mereka membutuhkan sebuah pemikiran yang bijaksana, tenaga ekstra dan harus memiliki satu pemikiran yang sejalan. Yang dimaksudkan dalam satu pemikiran ini ialah mereka terdiri dari 5 orang mahasiswa yang setiap orangnya memiliki sebuah ide kreatif yang berbeda beda dan adanya perbedaan pendapat yang saling bertabrakan mereka dapat menyelesaikan perbedaan itu dengan cara musyawarah sehingga dapat mencapai satu tujuan yang sama. Namun dengan adanya ide untuk mendirikan café ini mereka dapat menyatukan semua ide kreatif,visi dan misi yang disalurkan melalui hobi yang sama yaitu ingin memiliki sebuah usaha. Kendala ketiga yang dialami mereka kesulitan dalam mencari lokasi strategis yang dimana lokasi tersebut dapat berpengaruh untuk kesusksesan usaha yang mereka buat. Namun karena target yang telah direncanakan untuk membuka usaha secepatnya maka mereka mencari lokasi yang tidak jauh dari Universitas dimana terdapat banyak orang yang memungkinkan dapat mendatangkan keuntungan untuk usaha tersebut. Dan kendala lainnya adalah modal usaha, mengapa modal salah satu kendala yang mereka rasakan? Mereka masih berstatus sebagai mahasiswa,mahasiswa kreatif yang memiliki ide untuk membangun sebuah usaha besar. Mereka membangun usaha ini dengan modal sendiri bukan modal yang mereka dapatkan dari orang tua. Sehingga usaha yang dirintis dari 0 hingga sekarang ini merupakan hasil yang patut kita jadikan sebagai inspirasi sebagai mahasiswa yang ingin membuka usaha dengan modal sendiri.

Tanggapan masyarakat saat didirikannya café ini sangat baik. Karena sebelum menggunakan lokasi yang dipakai sekarang mereka telah mensurvey tempat tersebut terlebih dahulu. Dan tanggapan masyarakat sekitar ada yang positif dan juga tanggapan negative. Tanggapan positif masyaraat yaitu mereka sangat apresiasi karena pada saat ini masih jarang terdapat sekelompok anak muda atau mahasiswa yang mau bergelut di bidang usaha. Mengapa demikian? Karena pada bidang usaha ini sangat dibutuhkan tenaga ekstra. Bagi sebagian mahasiswa kegiatan yang dijalani di tempat perkuliahan telah banyak menggunakan tenaga sehingga jarang mahasiswa mau menggeluti bidang usaha ini. Respond positif yang diterima dari pengunjung café DM Kocok ini juga bagus karena banyak orang yang belum pernah merasakan kopi yang berasal dari daerah papua dan sebagainya. Dan tanggapan negative masyarakat yaitu mereka berfikir bahwa mahasiswa masih memiliki banyak kegiatan di perkuliahan jadi untuk apa mereka menggeluti usaha diluar kampus seperti ini dan lebih baik untuk sekarang focus terhadap pendidikan. Namun mereka berlima tetap menjalani usaha ini dan lebih memikirkan bagaimana prospek kinerja kedepannya untuk kesuksesan café ini. Dan kritik lain pada café ini yaitu tentang system pelayanan. Kritik tersebut mereka terima dan dengan adanya kritik seperti itu membuat mereka belajar  dan memperbaiki pelayanan yang terbaik untuk kedepannya.  

Walaupun mereka masih berstatus mahasiswa tetapi mereka dapat membagi waktu antara pendidikan dan usaha yang mereka dirikan sekarang. Untuk awal saat mereka merintis usaha ini memang mengalami banyak kendala untuk pembagian waktu karena menguras waktu dan tenaga dan harus membagi waktu untuk kuliah juga untuk mempersiapkan dekorasi tempat dan segala kebutuhan untuk café tersebut. Mereka memanage dengan sebaik mungkin. karena mereka berkuliah di kampus yang berbeda dan jam kuliah yang berbeda pula sehingga mereka membuat komitmen dengan cara mengatur jadwal kuliah masing-masing individu dan setelah di ketahui jam kuliah setiap individu sehingga dapat  diatur waktu jam buka untuk café yaitu pukul 17.00-03.00 jadi pada pukul tersebut sudah tidak menggangu jam kuliah mereka. Dan yang aktiv di organisasi atau UKM sudah berbeda lagi dengan komitmen yang telah dibuat. Jadi pembagian waktu pada saat ada kegiatan organisasi atau UKM tersebut membagi waktunya secara bergantian atau memback up owner yang tidak bisa hadir atau menjaga kedai tersebut. Dan setelah berjalan satu bulan dua puluh hari modal dan keuntungan sudah mereka dapatkan dan berjalan dengan lancar.

Harapan mereka untuk kedepannya yaitu mengembangkan usaha ini dan membuka cabang di setiap tempat dengan ciri khasnya yaitu kopi tradisional dari berbagai macam daerah di Indonesia. Sesuai dengan nama café yang dibuat yaitu dream mapping mimpi-mimpi yang ingin dicapai setinggi tingginya.

Pesan dan masukan bagi mahasiswa saat ini yaitu harus sadar sejak dini yaitu tentang kesadaran vinansial,mengapa demikian? Karena kedepannya persaingan itu semakin sengit dan kita akan menghadapi AFTA dimana perdagangan bebas masuk ke Indonesia. Jadi kita harus mempersiapkan diri kita entah yang bergerak dibidang organisasi,akademisi,dunia kerja dan usaha. Khusus di dunia usaha mari rintis sejak dini dan masuk kedalam sebuah komunitas tentang bagaimana cara menjadi seorang pengusa muda yang sukses. Karena banyak dikampus terdapat komunitas pengusaha muda. Dan kita harus sadar bahwa kita harus punya karya yang bisa memberdayakan kemampuan kita baik di bidang usaha dan bidang lainnya. Intinya kita harus berkorban untuk memenuhi kebutuhan hidup,selain kita mendapat keuntungan vinansial kita juga dapat memiliki relasi baru dan link baru seperti bertemu pelanggan yang memiliki usaha lain dan kita dapat berelasi sehingga dapat memperluas uasaha yang sedang kita rintis saat ini.

 

BAB IV

KESIMPULAN

                Persaingan di bidang usaha pada zaman yang sudah maju ini sudah sangat ketat dan sulit. Perdagangan bebas di Indonesia sudah mudah masuk dengan pesat. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memanfaatkan peluang besar untuk menjadi seorang pengusaha muda yang sukses. Dengan cara mempergunakan waktu yang ada saat ini dengan sebaik-baiknya.

Mencari informasi tentang bagaimana menjadi seorang pengusaha yang sukses,banyak belajar kepada orang yang telah berpengalaman di bidang usaha. Mencari banyak channel atau link dan komunitas diluar sana yang memungkinkan kita mengakses usahanya dan mendapatkan pelajaran tentang usaha-usaha yang kita inginkan. Jadi untuk kawan-kawan yang berminat untuk membuka usaha harus mengerti bagaimana cara mengelola usaha tersebut.

Kewirausahaan dibentuk dari kata dasar yaitu wirausaha yang merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menilai kesempatan bisnis, kemudian mengumpulkan beragam sumber daya yang dibutuhkan demi mengambil tindakan secara tepat dan memperoleh keuntungan yang bertujuan dalam pencapaian kesuksesan. Sangat diperlukan sikap kreatifitas yang diartikan sebagai pola pikir mengenai sesuatu hal yang baru dan didukung dengan penuh inovasi yang tinggi pula dalam artian berupa beragam tindakan untuk  melakukan sesuatu yang baru tersebut.

Khusus di dunia usaha mari rintis sejak dini dan masuk kedalam sebuah komunitas tentang bagaimana cara menjadi seorang pengusa muda yang sukses. Karena banyak dikampus terdapat komunitas pengusaha muda. Dan kita harus sadar bahwa kita harus punya karya yang bisa memberdayakan kemampuan kita baik di bidang usaha dan bidang lainnya.

            Café ini di rintis sejak tanggal 17 September 2015. Pemilik mengapresiasikan idenya untuk membuat café tersebut bersama 4 orang sahabat yang sering bermain bersama. Mereka mendirikan tempat ini karena mereka memiliki satu hobi yang sama yaitu hobi memiliki tempat usaha di bidang kuliner. Mereka mendirikan tempat ini juga karena alasan mereka senang berdiskusi dan berkumpul di luar kampus dan mereka berfikir daripada menghabiskan uang di luar lebih baik menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan mereka, dengan cara mendirikan café tersebut.

Arti dari DM Kocok ialah Dream Maping Kopi Coklat mengapa Dream Maping yang diartikan mimpi yang telah dibuat sejak 17 mei 2015 mereka mempunyai mimpi untuk membangun usaha café. Dan mengapa Kopi Coklat karena di cafe ini menyediakan kopi-kopi daerah yang dimana di Indonesia terkenal dengan kopi-kopi daerah terutama daerah aceh yang mempunyai nama Aceh Gayo di luar negeri sana kopi dari Aceh ini dijual dengan harga mahal dan di kedai ini disediakan dengan harga terjangkau dan kopinyapun original dari Aceh Gayo, dan Coklat tersebut ada beragam sajian dari coklat panas hingga coklat dingin yang di fariasikan oleh toping-toping yang telah disediakan.

            Café DM Kocok berada di kawasan Kompas,Ciputat Tangerang Selatan.Dimana pada dasarnya kondisi kawasan Kompas tersebuat sangat ramai dilewati banyak kendaraan karena jalur Kompas tersebut adalah jalur utama warga sekitar untuk melakukan akitivitas sehari harinya.Cafe DM Kocok sendiri terletak sangat strategis di Jalan Kompas tersebut sehingga banyak yang berkunjung ke Café DM Kocok untuk bersantai dan berkumpul.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://kreativprodukt.com/2014/11/latar-belakang-wirausaha/

http://www.cpuik.com/2013/10/metode-penelitian-dalam-ilmu-sosiologi.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini