Rabu, 09 September 2015

Januarti Nurul Aini_KPI 1B_Pengantar Sosiologi_Tugas 1

PENGANTAR SOSIOLOGI

A.APA ITU SOSIOLOGI?
Sejak kelahirannya,ilmu-ilmu sosial tidak memiliki batasan atau definisi pokok bahasan yang bersifat  eksak. Artinya, berbeda dengan ilmu eksakta yang rumusannya telah pasti, rumusan dalam ilmu social bersifat tidak pasti karena titik beratnya pada perilaku manusia yang dinamis, selalu berubah dar waktu ke waktu.

        Ada titik temu dari berbagai definisi sosiologi yang dikemukakan para ahli, yaitu sosiologi sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan social yang mempelajari tentang pola-pola hubungan antara manusia dan manusia, baik secara individu maupun secara kelompok yang berakibat pada lahirnya pola-pola social,di antaranya : nilai-nilai, norma-norma, dan kebiasaan yang dianut oleh manusia di dalam kelompok tersebut.
B.TOKOH-TOKOH SOSIOLOGI
1. Abdul Rahman Ibnu Khaldun(1332-1406)
Ibnu Khaldun lahir di Tunisia, Afrika Utara, 27 Mei 1332 (Faghirzadeh, 1982). Lahir dari keluarga terdidik, Ibnu Khaldun mengenyam pendidikan al-Qur'an,matematika, dan sejarah.Karya yang dihasilkan selama kurun waktu tersebut melambungkan namanya dan membawanya menjadi dosen di pusat studi islam, Masjid Universitas Al-Azhar di Kairo.
Sampai dengan ia wafat tahun 1406, Ibnu Khaldun telah menghasilkan banyak karya penting yang mengandung gagasan-gagasan yang memiliki kesamaan dengan sosiologi kontemporer.
 2. Auguste Comte (1798-1857)
        Auguste Comte lahir di Montpelier, Prancis, pada tanggal 19 Januari 1798. Orang tuanya berasal dari kelas menengah dan akhirnya sang ayah meraih posisi sebagai petugas resmi pengumpul pajak lokal. Pada tahun 1817 ia menjadi sekretarias Claude Henri Saint-Simon, seorang filsuf yang empat puluh tahun lebih tua dari Comte.Pada tahun 1826, Comte mengolah satu skema yang akan digunakannya untuk menyampaikan serangkaian 72 kuliah umum tentang filsafatnya.
        Auguste Comte wafat pada 5 September 1857.
3. Herbert Spencer (1820-1903)
        Herbart Spencer lahir di Derby, Inggris, pada tanggal 27 April 1820. Pada tahun 1837 ia mulai bekerja sebagai insinyur teknik sipil untuk perusahaan kereta api, dan pekerjaan ini dijalaninya sampai tahun 1846.
        Pada tahun 1848 Spenser ditunjuk sebagai editor majalah The Economist, dan gagasan-gagasan intelektualnya mulai mengental.
        Spencer meninggal pada tanggal 8 Desember 1903.
4. Karl Marx (1818-1883)
        Karl Marx lahir di Trier,Prussia, pada tanggal 5 Mei 1818.Ayahnya,seorang pengacara, memberikan nuansa kehidupan kelas menengah pada keluarganya.
Marx menikah pada tahun 1843 dan segera terpaksa meninggalkan jerman untuk mencari atmosfer yang lebih liberal di Paris.
Karl Marx meninggal pada tanggal 14 Maret 1883.
5. Max Weber  (1864-1920)
        Max Weber Lahir di erfurt, jerman , 21 april 1864. Pada tahun 1904 dan 1905 ia menerbitkan satu karya terbaiknya , "The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism" . dalam karya ini weber mengumumkan besarnya pengaruh agama ibunya ditingkat akademis .
C. TEORI-TEORI DASAR SOSIOLOGI
Fungsionalisme Struktural
        Robert Nisbet pernah berpendapat bahwa fungsionalisme structural"tak diragukan lagi, adalah satu-satunya teori paling signifikat dalam ilmu social pada adab ini".
        Dalam fungsionalisme structural, istilah structural dan fungsional tidak boleh digunakan secara bersamaan,meskipun pada dasarnya keduanya adalah satu kesatuan.

Sumber : teori sosiologi, George Ritzer – Douglas J.            Goodman, Edisi Terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini