Rabu, 09 September 2015

Muhamad Fahreza KPI 1B Pengantar sosiologi Tugas 1

PENGANTAR SOSIOLOGI

 

Nama                          : Muhamad Fahreza

Fakultas                     : Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Program Studi           : Komunikasi Penyiaran Islam

Nim                             : 11150510000054

 

Apa itu sosiologi?

 

Definisi ilmiah menyatakan bahwa teori sosiologi adalah serangkaian proposisi yang terkait  satu sama lain yang memungkinkan dilakukannya sistematisasi pengetahuan,penjelasan dan prediksi atas kehidupan sosial dan sekaligus memungkinkan lahirnya hipotesis-hipotesis penelitian baru (faia,1986).

 

Tokoh-tokoh Sosiologi

 

Auguste Comte

Comte adalah orang pertama yang menggunakan istilah sosiologi. Ia membawa pengaruh besar pada beberapa orang

Teoritisi.Namun Eriksson menentang gagasan bahwa Comte adalah bapak sosiologi ilmiah modern

 

Karl Marx

Marx memulai karyanya yang paling terkenal,The Manifesto of the Communist Party(Marx dan Engels 1848\1948), dengan kalimat berikut:"Ada hantu yang tengah menghantui Eropa,yaitu hantu Komunisme".teori marx adalah analisis terhadap kesenjangan dibawah kapitalisme dan bagaimana cara menghilangkannya.

 

Emile Durkheim

Emile Durkheim mempunyai mempunyai 2 tema karya penting. Pertama,keutamaan sosial dari pada individu. Kedua,ide bahwa masyarakat bisa dipelajari secara ilmiah.Meski kedua ide tersebut masih kontroversial tetapi pemikiran Durkheim tetap relevan hingga kini.Untuk memisahkan sosiologi dari filsafat dan memberinya kejelassan serta identitas tersendiri,Durkheim(1895\1982) menyatakan bahwa pokok bahasa sosiologi haruslah berupa studi atas fakta sosial.

 

 

Max Weber

Barang kali Max weber merupakan sosok palling terkenal dan paling berpengaruh dalam teori sosiologi.Karyanya begitu bervariasi dana dapat ditafsirkan secara beragamm sehingga banyak memengaruhi banyak teori sosiologi.Karyanya jg dipandang begitu penting bagi tradisi konflik dan kritis

 

George Simmel

Simmel lebih dikenal dengan sosiolog Amerika awal(Jaworski,1997). Simmel tenggelam dibawah nama-nama Marx,Weber,dan Durkheim,kendati kini ia lebih berpengaruh dari pada pemikir klasik seperti Comte dan Spencer.Beberapa tahun terakhir,kita menyaksikan meningkannya pengaruh Simmel pada Simmel pada teori sosiologi sebagai akibat dari meningkatnya pengaruh salah satu karya pentingnya, The Philosophy of Money,sekaligus dikaitkannya gagasannya dengan salah satu perkembangan terpenting dalam pemikiran sosial-teori sosial postmodern(weinstein dan weinstein,1993, 1998).

 

 

 

Teori Dasar Sosiologi

 

·         Pitrim Sorokin membatasi sosiologi sebagai suatu ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial.

·         Roucek dan Warren mengemukakan bahwa sosiologi adalah  ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok

·         William F.ogburn dan Meyer F. Nimkoff berpendapat bahwa sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu,organisasi sosial.

·         Berbeda dengan J.A.A. van Doorn dan C.J. Lammers.Ia mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang struktur dan proses kemasyarakatan yang bersifat stabil

·         Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemantri membatasi sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial.

 

 

 

Daftar Pustaka

 

George Ritzer,Douglas J. Goodman,KREASI WACANA,Bantul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini