Rabu, 09 September 2015

vinatriani-kpi 1b-pengantar sosiologi-tugas 1

1.Apa itu sosiologi ?

Sosiologi sebagai salh satu cabang ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tentang pola-pola hubungan antara manusia dan manusia,baik secara individu maupun secara kelompok yang berakibat pada lahirnya pola-pola sosial,di antaranya: nilai-nilai,norma-norma,dan kebiasaan yang dianut oleh manusia di dalam kelompok tersebut.

    Kata sosiologi berasal dari kata latin socius yang artinya teman,dan kata bahasa yunani logos yang berarti cerita,diungkapkan pertama kali dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive" karangan August Comte (1798-1857). Sosiologi muncul sejak,bahkan ribuan tahun yang lalu. Namun,sebagian ilmu yang mempelajari masyarakat,sosiologi baru lahir kemudian di Eropa yang sejak awal abad ke-19 dapat dikatakan sebagai pusat tumbuhnya peradaban dunia.

2. Tokoh-tokoh sosiologi ?

1.      SKETSA BIOGRAFIS AUGUSTE COMTE

    Auguste Comte lahir di Mountpelier, Perancis, 19 januari 1798(Pickering, 1993:7).

   Comte terkenal mempunyai daya ingat luar biasa. Berkat daya ingatnya yang seperti fotografi itu ia mampu menceritakan kembali kata-kata yang tertulis di satu halaman buku yang hanya sekali saja dibaca. Kemampuan berkonsentrasinya sedemikian rupa sehingga ia mampu mengungkapkan keseluruhan isi sebuah buku yang akan ditulisnya tanpa harus menulisnya. Kuliahnya seluruhnya disajikan  tanpa berbekal catatan. Bila ia duduk untuk menulis buku, ia menuliskan segalanya dari ingatannya (Schweber, 1991:134).

2.      SKETSA BIOGRAFIS EMILE DURKHEIM

    Emile Durkheim lahir di Epinal, Perancis, 15 April 1858. Ia keturunan pendeta Yahudi dan ia sendiri belajar untuk menjadi pendeta (rabbi). Tetapi, Ketika berumur 10 tahun ia menolok menjadi pendeta. Sejak itu perhatiannya terhadap agama lebih bersifat akademis ketimbang teologis (Mestrovic,1988).

 

 3 .  SKETSA BIOGRAFIS KARL MARX

    Karl Marx lahir di Trier, Prusia, 5 Mei 1818.Marx mampu berkaya sangat baik tanpa aku. Aku tak pernah mencapai prestasi seperti yang dicapai Marx. Pemahaman Marx lebih tinggi, pengamatannya lebih jauh dan pandangannya lebih luas serta lebih cepat ketimbang aku. Marx adalah jenius (Engels,dikutip dalam McLellan,1973:131-132).

4.  SKETSA BIOGRAFIS GEORG SIMMEL

      Simmel lahir di Berlin, 1 Maret 1858. Ia mempelajari berbagai cabang ilmu di Universitas Berlin. Tetapi, upaya pertamanya untuk menyusun disertasi ditolak dan salah seorang profesornya pernah mengatakan:"Kami akan banyak membantunya bila tak mendorongnya ke arah ini" (Frisby 1984:23).

      Simmel menulis banyak artikel ("The Metropolis and Mental Life") dan buku The Philosophy of  Monye. Ia terkenal di kalangan akademisi jerman, mempunyai pengikut internasional, terutama di Amerika

5. SKETSA BIOGRAFIS SIGMUND FREUD

       Tokoh utama lain dalam ilmu sosial jerman di akhir tahun 1800-an dan awal 1900-an adalah Freud.

        Freud lahir di Freiberg, di kota Austro-Hongaria,6 Mei 1856. Tahun 1859 keluarganya pindah ke Wina dan tahun 1873 Freud masuk Fakultas Kedekoteran di Universitas Wina. Freud lebih tertarik pada sains ketimbang kedokteran dan bekerja di laboratorium fisiologi.

3. Teori dasar/besar sosiologi ?

1. Roucek dan Warren mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok.

2. Paul B. Horton berpendapat bahawa sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.

3. William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff berpendapat bahwa sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.

Diambil dari buku :

-          PENGANTAR SOSIOLOGI, Elly M. Setiadi dan Usman Kolip.

-          TEORI SOSIOLOGI MODERN edisi 6 dan 7, George Ritzen dan Douglas J. Goodman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini