Rabu, 09 September 2015

Taliatriananda_pengantarsosiologi_KPI1B_Tugas1

·         SOSIOLOGI

Sosiologi berasal dari kata latin yaitu  SOCIUS yang artinya teman,dan kata bahasa Yunani yaitu  LOGOS  yang berarti cerita.Diungakpakan pertama kali dalam buku yang berjudul"COURSE DE PHILOSOPHIE POSITIVE".Ilmu Sosiologi adalah ilmu ilmu sosial yang tidak memiliki batasan batasan atau defini pokok bahasan yang bersifat eksak,artinya berbeda dengan ilmu yang rumusannya telah pasti selalu berubah dari waktu ke waktu.kondisi yang sama juga ditemukan pada kajian dalam sosiologi.karna itu sampai saat ini tidak ada batasan yang pasti dan baku tentang apa yang dimaksud sosiologi.

 

·         TOKOH TOKOH SOSIOLOGI

1.GEORG SIMMEL,George Simmel adalah rekan sejawat weber dan sesama pendiri masyarakat sosiologi German,Simmel adalah seorang teoretisi sosiologi yang tidak lazim.gagasan gagasan Simmel begitu berpengaruh diChicago terutama karna sejumlah tokoh dominan pada tahun tahun awal kehadiran mazhab chicago,seperti Abiond Small dan Robert Park.Simmel justru dikenal karna karyanya tentang isu isu sekala kecil khususnya tindakan dan interaksi individu pada awalnya terkenal karna pemikirannya yang berasal dari filsafat kantian,tentang bentuk bentuk interaksi dan tipe tipe interaksi dan tipe tipe orang yang berinteraksi,Simmel juga memberikan perhatian pada isu isu sekala besar yang mirip dengan obsersi Mark dan Webber,ia pun menulis serangkaian essai yang terkesan sederhana tentang topik topik menarik seperti kemiskinan,pekerja seks komersial,sihemat dan sijadikan penyebaran gagasan gagasan simmel jauh lebih mudah diterima.

2.AUGUSTE COMTE,Comte lahir di Monpelier Prancis pada tanggal 19 Januari 1798,meskipun ia mahasiswa yang cerdas comte tidak pernah mendapatkan ijazah dari Ecole Polytechnique University karna gagasan politik dan pembangkangan comte dan teman seangkatannya. Pada tahun 1817 ia menjadi sekretaris dan anak angkat Claude Henri Saint-Simon, seorang filsuf yang 40 tahun lebih tua dari Comte. Comte menikah dengan Caroline Massin yang berlangsung dari tahun 1825-1842. Pada tahun 1837 Comte mendapatkan posisi tambahan sebagai penguji ujian masuk. Ia juga mengerkan 6 jilid karya yang melambungkan namanya, Cours de Philopshopie Positive yang terbit pada tahun 1842 (jilid pertama terbit pada tahun 1830) pada tahun1851 ia menyelesaikan 4 jilid buku yang lebih bertujuan peraktis, setelah tahun 1838 ia mulai mengembangkan gagasan anehnya tentang revormasi masyarakat yang dipaparkan dalam buku Systeme de Politique Positive. Pada akhirnya Comte meang mendapatkan banyak pengikut diperancis. Comte wafat pada 5 september1857.

3. EMILLE DURKHEIM,Durkheim dipandang sebagai pewaris tradisi pencerahan karna penekanannya pada ilmu pengetahuan dan reformisme pengetahuan sosial,secara polits Durkheim berhaluan liberal,namun secara intelektual ia mengambil posisi yang lebih konservatif.

4.KALL MARX,Pendidkan Marx di universitas berlin dibentuk oleh gagasan gagasan Hegel maupun oleh oerpecahan yang berkembang diantara para pengikut Hegel setelah ia meninggal dunia,Marx juga dipengaruhi oleh gambaran ekonomi politis tentang kejamnya sistem kapitalis dan exploitasi buruh,Marx bukanlah sosiolog dan tidak mengaggapnya demikian.

5.Webber dan Marx,Webber dan Marx menyatakan bahwa teori teori awal sosiolog besar german,Max Webber berkembang dalam perdebatan panjang dan melelahkan dengan hantu marx.Webber memang cenderung memandang marx dan kaum marxis pada jamannya sebagai determinis ekonomi yang menawarkan teori sebab tunggal kehidupan sosial.

·         TEORI TEORI DASA1 SOSIOLOGI

Fokus utama teori sosiologi adalah kekuatan keuatan intelektual yang berperan besar dalam teori sosiologi di duinia nyata,sudah barang tentu faktor intelektual tidak dapat dipisahkan dari kekuatan sosial.Bagi para pengamat,pencerahan adalah sebuah perkembangan paling penting bagi evolusi sosiologi(hawthorn,1976;hughes,martin dan sharrock,1995;nisbet,1967;zeitlin,1996)

Pencerahan adalah periode perkembangan intelektual dan perubahan pemikiran filsafat yang luar biasa.pemikir terkemuika yang dikaitkan dengan pencerahan diantaranya adalah filsuf prancis Charles Montezquieu(1689-1755)dan Jean Jac Ques Rousseau(1712-1778),Kita melihat lahirnya penerapan metode ilmiah kedalam isu isu sosial.Secara keseluruhan pencerahan ditandai oleh keyakinan bahwa orang dapat memahami dan mengontrol semesta raya dengan rasio dan penelitian empiris. Pembentukan sosiologi sebagai suatu disiplin ilmu.Di sisi teori Konservatif, Saint-Simon ingin mempertahankan kehidupan masyarakat seperti apa adanya, tetapi ia tak ingin kembali ke kehidupan seperti Abad Pertengahan.

Resume ini diresensi dari buku:

*George Ritzer dan Douglas J. Goodman. 2010. Teori Sosiologi Modern, Edisi Ke-6. Prenada Media Group .

*George Ritzer dan Douglas j. Goodman. 2010 Teori Sosiologi Modern,edisi ke-7.Prenada Media Group.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini