Rabu, 09 September 2015

RezkaDwiF_PengantarSosiologi_KPI1/B_Tugas1

ApakahSosiologiitu?
Sosiologiadalahilmusosialbersifattidakpastikarnatitikberatnyapadaperilakumanusia yang dinamisselaluberubahubahdariwaktukewaktu,ilmusosiologitidaksepertiiilmueksak yang selaluberkaitandanselalupasti,akantetapihalinibukanberarti para pembelajarsosiologitidakmemilikikepastiandalammembahassosiologi.menurut para ahlisosiologiyaitusebagaisalahsatucabangilmupengetahuansosial yang mempelajaritentangpolapolahubunganantaramanusiadanmanusiabaiksecaraindividumaupunsecarakelompok,yangberakibatpadalahirnyapolapolasosial yang diantaranya:nilainilai,normanorma,dankebiasaan yang dialamiolehmanusiadidalamkelompoktersebut.

TokohTokohSosiologi
A.   Auguste Comte
Auguste Comte lahir di mountpelier,perancis,19 januari 1798.Orang tuanyaberstatuskelasmenengah,meskitergolongcepatmenjadimahasiswaiatakpernahmendapatijasahperguruantinggi.Dalamsetiapkelasnya di ecolepolytechnique,comtebersamaseluruhkelasnyadikeluarkankarenagagasanpolitikpemberontakan yang merekalakukan.Comteadalah orang pertama yang menggunakanistilahsosiologi,pengaruhnyabesarsekaliterhadap para teoritissosiologiselanjutnya (terutama Herbert spencer dan Emile Durkhiem).Iayakinbahwastudisosiologiakanmenjadiilmiahsebagaimanakeyakinanteoritisiklasikdankebanyakansosiologkontemporer.
B.   Herbert Spencer
Herbert Spencer lahir di Derby,Inggris,27 april 1820.Tahun 1837 iamemulaibekerjasebagaiinsinyursipiljalankeretaapisampai 1846.selama periodeini spencer melanjutkanstudidenganbiayasendiridanmemulaimenerbitkankaryailmiahdanpolitik. Spencer seringdisamakandengancomtedalamartipengaruhmerekaterhadapperkembanganteorisosiologi,spencerlebihtepatdipandanganpolitikliberal,salahsatupandanganliberalnyaialahmerasabahwanegaratakharusmencampuripersoalan individual kecualidalamfungsi yang agakpasifuntukmelindungirakyat.
C.   Emile Durkheim
Emile Durkheim lahir di epinal,perancis,15 April 1858.ia keturunanpendetayahudidaniasendiribelajaruntukmenjadipendeta.tetapiketikaberumur 10 tahuniamenolakmenjadipendeta.sejakituperhatiannyaterhadap agama lebihbersifatakademisketimbangteologis.durkheimdipandangsebagaipewaristradisipencerahantetapijugadipandangsebagaipewaristradisikonservatif.Bedadengancomte yang beradadiluarakademisedangkaniamengembangkan basis akademi yang kokohuntukkemajuankarirnya.karya Durkheim menjadikekuatandominandalamperkembangansosiologi.
D.   Max Weber
Max Weber lahirErfurt,Jerman, 21 April 1864,berasal darikeluargakelasmenengah.perbedaanpentingantarakedua orang tuanyaberpengaruhterhadaporientasiintelektualdanperkembanganweber,Max weber membalikanteori Marxian kedalambidangteoristratifikasi.iamenyatakanbahwastratifikasisosialharusdiperluassehinggamencakupstratifikasiberdasarkanprestise (status) kekuasaan.
Teori – TeoriSosiologi
A.   Teori Weber

Teoritentang proses rasionalisasi (Brubaker, 1984; Kalberg, 1980,1990,1994). Weber tertarikpadamasalahumumsepertimengapainstitusisosioal di dunia Barat berkembangsemakinrasioanalsedangkanrintangankuattampaknyamencegahperkembanganserupa di belahanbumi lain.

B.   Teori Simmel
Georg Simmel Iaadalahteoritissosiologi yang luarbiasa (Frisby, 1981; Levin, Carter, dan Gorman, 1976a,1976b). Salah satukeistimewaannyaadalahdiacepatberpengaruhbesarterhadapperkembanganteorisosiologi Amerika.Menurutsimmel,perkembangansosiologispentingtertentuterjadijikasekelompok yang beranggotadua orang diubahmenjaditiga orang karenatuntutanpihakketigaitu.
C.   Teori Marx
Teoritentangmasyarakatkapitalisberdasarkancitranyamengenaisifatmendasarmanusia.Marx yakinbahwamanusiapadadasarnyaproduktif, artinyauntukbertahanhidupmanusiaperlubekerjadidalamdandenganalam.
E.   TeoriEvolusi
Teoritentangpeningkatanukuranmasyarakat,masyarakattumbuhmelaluipengembangbiakanindividudanpenyatuankelompokkelompok (compounding).peningkatanukuranmasyarakatmenyebabkanstrukturnyamakinluasdanmakinterdiferensiasisertameningkatkandiferensiasifungsi yang dilakukannya.disampingukurannya,masyarakatberubahmelaluipenggabungan,yaknimakin lama makinmenyatukankelompokkelompok yang berdampingan.
DAFTAR PUSTAKA
· George Ritzer dan Douglas J. Goodman. 2010. Teori Sosiologi Modern, Edisi Ke-6. Prenada Media Group
· George Ritzer dan Douglas J. Goodman. 2010. Teori Sosiologi Modern, Edisi Ke-7. Prenada Media Group


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini