Rabu, 09 September 2015

sonya sania-kpi 1 b-pengantar sosiologi-tugas 1

1.Apa itu sosiologi ?

Sosiologi sebagai salh satu cabang ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tentang pola-pola hubungan antara manusia dan manusia,baik secara individu maupun secara kelompok yang berakibat pada lahirnya pola-pola sosial,di antaranya: nilai-nilai,norma-norma,dan kebiasaan yang dianut oleh manusia di dalam kelompok tersebut.

    Kata sosiologi berasal dari kata latin socius yang artinya teman,dan kata bahasa yunani logos yang berarti cerita,diungkapkan pertama kali dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive" karangan August Comte (1798-1857). Sosiologi muncul sejak,bahkan ribuan tahun yang lalu. Namun,sebagian ilmu yang mempelajari masyarakat,sosiologi baru lahir kemudian di Eropa yang sejak awal abad ke-19 dapat dikatakan sebagai pusat tumbuhnya peradaban dunia. Saat itu para ilmuawan mulai menyadari perlunya mempelajari kondisi dan perubahan sosial secara khusus. Para ilmuwan itu kemudian berupaya membangun teori sosial berdasarkan ciri-ciri masyarakat pada tiap tahap peradaban manusia.

2. Tokoh-tokoh sosiologi ?

1)      SKETSA BIOGRAFIS HERBERT SPENCER

Spencer lahir di Derby,Inggris,27 April 1820,ia tak belajar seni dan humaniora,tetapi dibidang teknik dan bidang-bidang utilitarian.tahun 1837 ia mulai bekerja sebagai insinyur sipil jalan kereta api,jabatan yang dipegangnya hingga tahun 1846 .selama periode ini spencer melanjutkan studi atas biaya sendiri dan mulai menerbitkan karya ilmiah dan politik.

2)      SKETSA BIOGRAFIS THORSTEIN VEBLEN

Thorstein Veblen dilahirkan di desa Wisconsin pada 30 Juli 1857 .Orang tuanya adalah petani miskin keturunan Norwegia (Dorfman ,1966).Thorstein adalah anak keenam dari dua belas saudara .Dia minggat dari tanah pertaniannya dan pada usia 17 tahun mulai belajar di Carleton College di Northfield,Minnesota.sejak awal massa sekolahnya dia menunjukkan perasaan pahit dan humor yang kelak mewarnai karya-karyanya.

3)      SKETSA BIOGRAFIS ROBERT PARK

Robert Park mengikuti karir yang biasa ditempuh para sosiolog-kuliah,sarjana,profesor.Dia memiliki berbagai macam karir sebelum menjadi sosiolog .Meski dia agak terlambat,Park sangat berpengaruh terhadap sosiologi pada umumnya dan teori pada khususnya.Keragaman pengalaman Park memberinya orientasi hidup yang tak biasa,dan pandangannya membantu membentuk aliran Chicago,interaksionisme simbolik dan pada puncaknya ,sebagian besar bidang sosiologi.Park dilahirkan di Harveyville,Pennsylvania pada 4 Februari 1864 (Matthews,1977).sebagai mahasiswa di universitas Michigan,dia berkenalan dengan sejumlah pemikir besar seperti John dewey.

4)      SKETSA BIOGRAFIS W.E.B. DU BOIS

William Edward Burghardt Du Bois dilahirkan pada 23 Februari 1868 di Great Barrington ,Massachusetts (Lewis,1993).Dibandingkan dengan mayoritas kulit hitam pada masa itu,Du Bois lebih beruntung karena dia bisa masuk ke Universitas Fisk dan kemudian meraih gelar Ph.D. di Universitas Harvard dan sempat belajar di Universitas Berlin.Di Harvard dan Jerman ,Du Bois berkenalan dengan beberapa pemikir besar pada masanya,termasuk filsuf William James dan Josiah Royce ,dan Max Weber.

5)      SKETSTA BIOGRAFIS GEORG SIMMEL

Simmel lahir di Berlin ,1 Maret 1858.ia mempelajari berbagai cabang ilmu di Universitas Berlin. Tetapi, upaya pertamanya untuk menyusun disertasi ditolak dan salah seorang profesornya mengatakan:"kami akan banyak membantunya bila tak mendorongnya ke arah ini".(Frisby 1984:23).Meski proposal pertamanya ditolak,ia mempertahankan disertasi dan menerima gelar doktor filsafat pada tahun1881.

 

 

3. Teori dasar/besar sosiologi ?

       I.            William F.Ogburn dan Meyer F.Nimkoff berpendapat bahwa sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya,yaitu organisasi sosial.

    II.            Berbeda dengan J.A.A Van Doorn dan C.J.Lammers .ia mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu pengertahuan yang mempelajari tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil

 III.            Selo Soemarjan dan soelaiman soemantri membatasi soiologi sebagai ilmu yang mempelajari struktur sosial (yaitu keseluruan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok seperti kaidah-kaidah sosial ,lembaga-lembaga sosial,kelompok-kelompok sosial dan lapisan sosial)dan proses-proses sosial yang berpengaruh timbal balik antara berbgai kehidupan bersama seperti kehidupan ekonomi dan kehidupan politik,kehidupan hukum dan kehidupan agama dan lain sebagainya),termasuk didalamnya adalah perubahan-perubahan sosial.

 

Diambil dari buku :

-          PENGANTAR SOSIOLOGI, Elly M. Setiadi dan Usman Kolip.

-          TEORI SOSIOLOGI MODERN edisi 6 dan 7, George Ritzen dan Douglas J. Goodman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini