Rabu, 09 September 2015

Sa'diah_PengantarSosiologi_tugas1_KPI_1/B


 1.      APAKAH SOSIOLOGI ITU?
Sosiologi menurut bahasa latin Socius yang berarti teman dan kata bahasa yunani Logos yang berarti cerita,diungkapkan pertama kali dalam buku yang berjudul"cours de phillosophie positive"sosiologi bukanlah seperti ilmu eksak yang pasti,ilmu sosiologi tidak terbatas dan tidak terikat.

2.      TOKOH-TOKOH SOSIOLOGI
KARL MARX,Marx lahir di Trier,Crusia,pada tanggal 5 mei 1818ia  memulai karyanya yang paling terkenal,de mani festo of the comunist party(marx dan enggels 1848/1948)dengan kalimat berikut :"ada hantu yang tengah mengahntui eropa yaitu hantu komunisme".ide ide marx sering direduksi menjadi slogan slogan seperti "candu masyarakat" dan "kepemimpinan diktator terhadap kaum proletariat"penemuan penemuan kembali dan reinterprestasi reinterpestasi terhadap marx sering kali memperbaharui sosiologi dan membuka perspektif yang segar tentang topik topik semisal alienasi,globalisasi,dan yang paling baru,lingkungan.Marx meninggal pada tanggal 14 Maret 1883.
MAX WEBER,Max lahir di Erfurt, Jerman, pada tanggal 21 April 1864 dari keluarga kelas menengah. Perbedaan antara orang tuanya membawa dampak besar pada orientasi intelektual dan perkembangan psikologis nya. Ia terusik oleh ketidaksempurnaan yang merupakan tanda bahwa ia tidak ditakdirkan untuk mendapatkan keselamatan karena orang tua nya yang berpisah. Mula-mula ia lebih cenderung pada orientasi hidup Ayahnya, namun kemudian ia lebih dekat dengan ibunya. Pada usia 18 tahun Max Weber meninggalkan rumah sementara waktu untuk belajar di Universitas Heidelberg. Weber telah menunjukkan kemampuan Intelektualnya. Namun dalam hal derajat sosial ia memasuki latar belakang terbelakang. Setelah 3 tahun ia lulus dari Heidelberg, ia menjalani wajib militer. Pada tahun 1884 ia kembali ke Berlin dan kerumah orang tua nya dan mengambil kembali di Universitas Berlin. Pada tahun 1896 ia mendapatkan posisi sebagai Profosor Ekonomi di Heidelberg.weber meninggal pada 14 Juni 1920. Ia tengah mengerjakan karya terpentingnya "economy and society".
SIGMUND FREUD,Tokoh penting lain dalam ilmu pengetahuan sosial german pada akhir tahun 1800an dan akhir tahun 1900an adalah sigmund freud ia lahir di kota austro hungarian pada tanggal mei 1856,freud masukn kesekolah kedokteran diuniversitas WINA.Ia menyelesaikan studikedokterannya setelah meninggalkan laboraturium kemudian bekerja dirumah sakit menjalankan praktik dokter swasta sebagai spesialis penyakit saraf.pada tahun 1895 freud dan breuer menerbitkan buku yang membawa rangkaian dampak revolusioner,freud mulai mengumpulkan sejumlah pengikut dan bertemu sepekan sekali dirumahnya.freud menderita sakit kanker rahang dan meninggal di london pada tanggal 23 september 1939
HERBER SPENCER,Herber lahir di derbi inggris pada tanggal 27 april 1820,pada tahun 1837 ia mulai bekerja sebagai insinyur teknik sipil untuk perusahaan kereta api dan pekerjaan ini dijalani sampai 1846,pada tahun 1848 spencer ditunjuk sebagai editor majalah de ecomis tahnu 1850 ia menyelesaikan karya utamanya social statics,spencer meninggal pada tanggal 5 desesmber 1903
3.      DASAR TEORI TEORI SOSIOLOGI
Pencerahan adalah periode perkembangan intelektual dan perubahan pemikiran filsafat yang luar biasa.pemikir terkemuika yang dikaitkan dengan pencerahan diantaranya adalah filsuf prancis Charles Montezquieu(1689-1755)dan Jean Jac Ques Rousseau(1712-1778),Kita melihat lahirnya penerapan metode ilmiah kedalam isu isu sosial.Secara keseluruhan pencerahan ditandai oleh keyakinan bahwa orang dapat memahami dan mengontrol semesta raya dengan rasio dan penelitian empiris. Pembentukan sosiologi sebagai suatu disiplin ilmu.Di sisi teori Konservatif, Saint-Simon ingin mempertahankan kehidupan masyarakat seperti apa adanya, tetapi ia tak ingin kembali ke kehidupan seperti Abad Pertengahan.

Fokus utama teori sosiologi adalah kekuatan keuatan intelektual yang berperan besar dalam teori sosiologi di duinia nyata,sudah barang tentu faktor intelektual tidak dapat dipisahkan dari kekuatan sosial.Bagi para pengamat,pencerahan adalah sebuah perkembangan paling penting bagi evolusi sosiologi(hawthorn,1976;hughes,martin dan sharrock,1995;nisbet,1967;zeitlin,1996)


ü  George Ritzer dan Douglas J. Goodman. 2010. Teori Sosiologi Modern, Edisi Ke-6. Prenada Media Group
ü  eorge Ritzer dan Douglas j. Goodman. 2010 Teori Sosiologi Modern,edisi ke-7.Prenada Media Group










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini