Rabu, 09 September 2015

imam farid santoso kpi 1A Pengertiansosiologi

Nama                    : Imam Farid Santoso
Judul                     : Pengertiansosiologibesertatokoh-tokohdanteorisosiologi
Tugas                    : 1 (Pertama)
PengertianSosiologi       
Kata Sosiologiberasaldari kata latinsocius yang artinyateman, dan kata bahasayunanilogos yang berarticerita, di ungkapkanpertama kali dalambuku yang berjudul "cours de philosophie positive" karanganagustcomte (1798- 1857).

Tokoh-tokohsosiologi
1.      SeloSoemarjandansoelaimansoemantrimembatasisosiologisebagaiilmu yang mempelajaristruktursosial (yaitukeseluruhanjalinanantaraunsur-unsursosial yang pokoksepertikaidah-kaidahsosial, lembaga-lembagasosial, kelompok-kelompoksosial,danlapisansosial) danproes-proses sosial (yang berupapengaruhtimbalbalikantaraberbagaikehidupanbersamasepertikehidupanekonomidankehidupanpolitik,kehidupanhukum,dankehidupanagama,dan lain sebagainya),termasukdidalamnyaadalahperubahan-perubahansosial.
2.      William F.OgburndanMeyer F.Nimkoffberpendapatbahwasosiologiadalahpenilitiansecarailmiahterhadapinteraksisosialdanhasilnya,yaituorganisasisosial.
3.      RoucekdanWarren mengemukakanbahwasosiologiadalahilmu yang mempelajarihubunganantaramanusiadalamkelompok.
4.      SoerjonoSoekamtomengemukakanbahwasosiologiadalahilmu yang memusatkanperhatiannyapadasegikemasyarakatan yang bersifatumumdanberusahauntukmendapatkanpola-polaumumkehidupanmasyarakat.
5.      Max Weber yang lebihberorientasipadabehavioralis (pendekatantingkahlaku) menekankansosiologisebagaiilmuyngberupayamemahamitindakan-tindakansosial.
6.      Pitirin Sorokin berpendapatmembatasisosiologisebagaisuatuilmu yang mempelajarihubungandanpengaruhtimbalbalikantaraanekamacamgejala-gejalasosialseperti, antaragejalaekonomidanagama,keluargadanmoral,hukumdanekonomi,gerakanmasyarakatdanpolitikdansebagainya;hubungandanpengaruhtimbalbalikantaragejalasosialdangejala-gejala nonsosialsepertigejalageografis,biologisdansebagainya;danciriumumdarisemuajenisgejalasosial.
7.      Herbert Spencer (1820-1903) seorang yang berkebangsaanInggris yang menguraikanmaterisosiologisecaraterperincidansistematis. Spencer mengatakanbahwaobjekkajiansosiologiadalahkehidupankeluarga, perilakupolitiktingkahlakuantarpenganut agama, kontrolsosial, dankehidupanmasyarakatindustri yang dalamnyaterdapatasosiasi, masyarakatsetempat, pembagiankerja (job division), pelapisansosial(social stratification), sosiologipengetahuan(sociological knowledge) danilmupengetahuan (science). Pada 1876 Spencer memperkenalkanteorievolusisosial, iaberpendapatbahwaperkembanganmasyarakatakanselaluberubahsecara linier daritingkatperadaban yang primitifkearahperadaban modern secarabertahapsebagaimanateorievolusi Darwin.
8.      Mayor Polakmendefinisikansosiologisebagaiilmupengetahuan yang mempelajarimasyarakatsebagaikeseluruhan,yaknihubungandiantaramanusiadankelompok,kelompokdengankelompok,baikkelompok formal maupunkelompok material ataubaikkeompokstatismaupunkelompokdinamis
9.      J.A.A. van DoorndanC.J. Lammers. Iamengemukakanbahwasosiologiadalahilmupengetahuan yang mempelajaritentangstruktur-strukturdan proses-proses kemasyarakatan yang bersfatstabil
10.  Alan Johnson mendefinisikansosiologisebagaiilmu yang mempelajarikehidupandanperilakuterutamadalamkaitannyadengansuatu system sosialdanbagaimana system tersebutmempengaruhi orang danbagaimana pula orang yang terlibatdidalamnyamempengaruhi system itu.
11.  Paul behortonberpendapatbahwasosiologiilmu yang memusatkanpenelaahanpadakehidupankelompokdanprodukkehdupankeompoktersebut.

Teori-TeoriSosiologi
            SosiologiJermansedriawalperkembagannyasudahterbagi-bagi.Perpecahanperkembanganantara Marx (danpendukungnya),yangtetapditepibidangsosiologi,dengantokohbesaraliranutamasosiologiJerman,Weber,dan Georg Simmel. Meskiteori Marxian itusendiritakdapatditerima,tetapigagasannyatermasukkedalamaliranutamasosiologiJerman.bahasakitadisinidibedakanantarateori Marxian dan non Marxian.
AkardanSifatdariteori Marx (1818-1883)
PemikiranG.W.F.Hegal (1770-1831) merupakanpemikirandominan yang memengaruhi KarrMarx .
Hegel. Menurul Boll,"sulitbagikitamemahamibeberapabesarpengaruh Hegel terhadappemikiranJerman di perempatkeduaabad 19.sebagian besar orang terpelajarJermantermasukpemuda Marx mempelajarifilsafatsejarah,politik,dankulturdalamkerangkapemikiran Hegel"(1991:25).Pendidikan Marx di Universitas Berlin dibentukolehgagasanHegaldanolehperpecahan yang berkembangantarapengikutHegalsetelahkematiannya."Hegelian tua" menganutgagasan guru nya,sedangan "Hegelian muda",mekimasihberkaryamenuruttradisiHegelian,mengkritikberbagaisegi system filsafat Hegel.
DaftarPustaka
Ø  EllyM.SetiadidanUsman Kolip.2013.Pengantar Sosiologi,Edisi ke-3,Kencana.
Ø  George Ritzerdan Douglas J.Goodman.2010.Teori SosiologiModern,Edisi ke-6,Kencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini