Rabu, 09 September 2015

SinarMegaNuraniPutri_PengantarSosiologi_KPI1B_Tugas1

APAKAH SOSIOLOGI ITU?

Sosiologi adalah ilmu sosial yang tidak memiki batasan atau definisi pokok bahasan yg bersifat eksak, artinya berbeda dengan ilmu yang rumusannya telah pasti selalu berubah ubah dari waktu ke waktu. Kondisi yang sama juga ditemukan pada kajian dalam sosiologi karna itu,sampai saat ini tidak ada batasan yang pasti dan baku tentang apa yang dimaksud dengan sosiologi. Akan tetapi hal ini bukan berarti para pembelajar sosiologi tidak memiliki kepastian dalam membatasi sosiologi. Sebab ada titik temu dari berbagai definisi sosiologi yang dikemukakan para ahli. Kata sosiologi berasal dari kata latin socius yang artinya teman dan kata bahasa yunani logos yang berarti cerita. Diungkapkan pertama kali dalam buku yang berjudul "Course de Philosophie Positive"

TOKOH TOKOH SOSIOLOGI

1.AUGUSTE COMTE

Auguste Comte lahir di Montpelier, prancis ,pada tanggal 19 Januari 1798. Orangtuanya berasal dari kelas menengah dan akhirnya sang ayah meraih posisi sebagai petugas resmi pengumpul pajak lokal. Ia dan seluruh mahasiswa seangkatannya dikeluarkan dari Ecole Polytechnique karna gagasan politik dan pembakangan mereka. Pemberhentian ini berdampak buruk pada karier akademik Comte, meskipun ia seorang mahasiswa yang cerdas. Comte menikah dengan Caroline Massin perkawinan yang berlangsung dari tahun 1825 sampai dengan 1842. Pada tahun 1851 ia menyelesaikan 4 jilid buku yang lebih bertujuan praktis, setelah tahun 1838 ia mulai mengembangkan gagasan anehnya tentang reformasi masyarakat yang dipaparkan dalam buku sisteme de politique positive. Pada akhirnya Comte memang mendapatkan banyak pengikut di prancis maupun di sejumlah negara lain karna banyak dipengaruhi oleh latar belakang katoliknya.

2.KARL MARX

Karl Marx sangat dipengaruhi oleh filsuf Jerman G.W.F.Hegel(1770-1831) ,ia berpendidikan di universitas Berlin yang dibentuk oleh gagasan gagasan Hegel maupun oleh perpecahan yang berkembang diantara para pengikut Hegel setelah ia meninggal dunia. Feurbach Ludwig Feuerbach(1804-1872) adalah jembatan penting antara Hegel dan Mark. Mark, Hegel dan Feuerbach. Mark dipengaruhi sekaligus bersikap kritis terhadap Hegel maupun Feruebach. Mark, mengikuti Feurbach, bersikap kritis terhadap filsafat idealis Hegel. Mark juga dipengaruhi oleh gambaran ekonomi politis tentang kejamnya sistem kapitalis dan eksploitasi buruh.

 

 

 

3.WEBER DAN MARK

Menyatakan bahwa teori teori awal sosiologi besar German, Mark Weber, berkembang "dalam perdebatan panjang dan melelahkan dengan hantu Marks" (1945:596). Weber memang cenderung memandang Marks dan kaum marxis pada jamannya sebagai determins ekonomi yang menawarkan teori sebab tunggal kehidupan sosial. Salah satu contoh determinisme ekonomi yang tampaknya paling tidak disukai weber adalah pandangan bahwa ide hanyalah reflexi dari kepentingan material.

 

4.EMILE DURKHEIM

Dia dipandang sebagai pewaris tradisi pencerahan karna penekannya pada ilmu pengetahuan dan reformisme sosial. Namun begitu durkheim juga dipandang sebagai pewaris tradisi konservatif, secara politis durkheim berhaluan liberal, Durkheim mengembangkan konsep tersendiri tentang pokok bahasan sosiologi dan selanjutnya mengujinya dengan studi empiris.

5.GEORGE SIMMEL

GeorgeSsimmel adalah rekan sejawat weber dan sesama pendiri masyarakat sosiologi Jerman. Simmel adalah seorang teoretisi sosiologi yang tidak lazim. Simmel justru terkenal karna karyanya tentang isus isu sekala kecil, khususnya tindakan dan interaksi individu.pada awalnya ia terkenal karna pemikirannya, yang berasal dari filsafat kantian, tentang bentuk bentuk interaksi misalnya konflik.

TEORI TEORI DASAR  SOSIOLOGI

Pencerahan adalah periode perkembangan intelektual dan perubahan pemikiran filsafat yang luar biasa. Pemikir terkemuika yang dikaitkan dengan pencerahan diantaranya adalah filsuf prancis Charles Montezquieu, kita melihat lahirnya penerapan metode ilmiah kedalam isu isu sosial. Secara keseluruhan pencerahan ditandai oleh keyakinan bahwa orang dapat memahami dan mengontrol semesta raya dengan rasio dan penelitian empiris. Pembentukan sosiologi sebagai suatu disiplin ilmu. Di sisi teori Konservatif, Saint-Simon ingin mempertahankan kehidupan masyarakat seperti apa adanya, tetapi ia tak ingin kembali ke kehidupan seperti Abad Pertengahan.

DAFTAR PUSTAKA

< George Ritzer dan Douglas J. Goodman. 2010. Teori Sosiologi Modern, Edisi Ke-6. Prenada Media Group

< George Ritzer dan Douglas j. Goodman. 2010 Teori Sosiologi Modern,edisi ke-7.Prenada Media Group

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini