Selasa, 12 April 2016

Fawwaz Raihan_TimeLine Kegiatan masjid Al-Ikhlas_Tugas 5_MD 4A

TimeLine Sejarah Masjid Al – Ikhlas

Oleh : Fawwaz Raihan MD 4 A

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa kejadian penting di Masjid Al Ikhlas yang bertempat di jln Jembatan Hitam Kp. Pisangan Pangsor RT01/RW003 Ds. Sangiamg Kec. Sepatan Timur Kab. Tangerang Prov. Banten. Wanawancara dilaksanakan pada hari minggu jam 12.30 setelah melaksanakan sholat dzuhur berjamaah dimasjid tersebut Saya mewaancarai Usatad Mulyadi selaku Imam Masjid tersebut, beliau menjadi imam sejak tahun 2000.

Ketika Saya bertanya mengenai Sejarah masjid ini narasumber sudah agak lupa karena memang usianya yang sudah menginjak lebih kurang enam puluh empat tahun, menurut beliau masjid ini sudah ada ketika beliau kecil tetapi ketika saya bertanya kapan tepatnya masjid ini berdiri beliau tidak bisa menjawab karena lupa. Tetapi beliau ingat betul beberapa kegiatan-kegiatan dimasjid itu yang menurut beliau sangat penting dan menarik untuk diingat.

Awalnya masjid ini hanyalah mushola kecil milik keluarga tetapi seiring berjalannya waktu banyak warga yang menuntut untuk merubah mushola tersebut menjadi masjid karena banyaknya warga yang solat berjamaah ditempat tersebut dan sudah banyak pondok pesantren yang berdiri setelah warga bernegosiasi dengan pemilik musholah akhirnya warga  pun bersepakat untuk merubah mushola tersebut menjadi masjid dengan biaya iuran dari warga.

Disini saya akan menyantumkan timeline tidak dari masjid ini berdiri tapi sejak tahun 2000 karena menurut saya dari tahun inilah runtutan sejarahnya jelas karena narasumber mempunyai catatan kejadian sejak ia menjabat menjadi imam pada tahun 2000 sampai sekarang.

Pada tahun 2000 awal ia menjabat terjadi renovasi masjid yang pertama karena pada tahun itu masjid sudah terlalu tua dan hampir roboh. Pada tahun ini menjadi penting karena seluruh masyarakat terlibat untuk merovasi masjid tanpa terkecuali, lebih jelasnya bisa dilihat ditulisan saya sebelumnya pada judul sosial mapping renovasi masjid al-ikhlas.

Pada tahun 2001 ada kejadian meninggalnya ketua DKM, ketua DKM ini merupakan orang yang mewakafkan musolahnya untuk dijadikan masjid, beliau merupakan orang yang dihormati karena selain ketua DKM beliau juga merupakan tokoh agama tertua yang ada dimasyarakat tersebut. Selain meninggalnya ketua DKM pada tahun ini juga ada kegiatan pengumpulan zakat fitrah pada bulan ramadan tahun ini.

Pada tahun 2003 adalah pertama kalinya masjid mengadakan program peringatan hari besar islam berupa perayaan maulid nabi dengan meriah karena pada tahun-tahun sebelumnya masyarakat tidak pernah melaksanakan perayaan peringatan hari besar islam dengan meriah karena terhambat dana dan hanya dilakukan dengan cara hanya sekedar acara tasyakuran namun pada tahun ini masyarakat menerima dana dari pada donatur dari luar daerah dan sampai saat ini program tersebut masih berjalan.

            Pada tahun 2004 adanya pemilihan pengurus DKM yang baru karena meninggalnya ketua DKM yang lama setahun sebelumnya, pemilihan dilakukan tidak terlalu lama karena tidak ada anggota yang diganti karena warga tidak ada yang meu menggantikaan pengurus yang lama hanya posisi ketua saja yang diganti itu pun aklamasi karena hanya ada satu calon saja yaitu wakil ketua tahun sebelumnya.

Pada tahun 2005 terjadi renovasi kedua sekaligus penambahaan luas masjid dilakukan hal ini dilakukan karena sudah tidak sanggup menampung jamaah ketika shalat berjamaah tiba

Pada tahun 2006 terjadi perselisihan anggota DKM mengenai masalah shalat Idhul fitri berjamaah karena perselisihan ini masyarakat menjadi terbelah 2 dalam melaksanakan shalat idhul fitri berjamaah ini terjadi karena ada beberapa anggota yang mengikuti pemerintah tapi ada juga yang mengikuti tokoh masyarakat yang beda pendapat dengan pemerintah.

Pada tahun 2010 adalah pertama kalinya masjid al-iklas mengkoordinir qurban warga karena sebelumnya qurban dilakukan secara perseorangan oleh warga hal ini menyebabkan penyaluran daging qurban yang tidak merata oleh karena itu pada tahun ini ketua DKM berinisiatif untuk mengkoordinir qurban warga kemudian disatukan dimasjid..

Pada tahun 2015 terjadi renovasi kembali untuk mrnambah fasilitas masjid menjadi dua lantai namun sayangnya perenovasian ini tidak berjalan dan terhambat lebih kurang satu tahun dikarenakan sebab-sebab tertentu (lebih lengkapnya bisa baca tulisan saya mengenai sosial mapping).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini