Selasa, 12 April 2016

Nubdzatus Saniyah_TimeLine_tugas 5

Nama   : Nubdzatus Saniyah

Nim     : 11140530000040

Manajemen Dakwah IV B

 

Saya akan menelusuri Sejarah atau Timeline ayah saya sendiri. Nama beliau adalah Asman Abdurrahim kelahiran 06 Desember 1962. Beliau berumur 54 tahun. Walaupun beliau adalah ayahanda sendiri, namun lumayan sulit mewawancarai beliau, dikarenakan akhir-akhir ini sedang sibuk dengan pekerjaan. Dan akhirnya saya berhasil mewawancarainya dengan cara bangun lebih awal pada hari Jum'at, 8 april 2016. Menunggu beliau pulang dari sholat subuh. Nah akhirnya cara saya berhasil dan saya langsung memulai wawancara. Saya mewawancarai beliau diruang tamu ketika saya dan beliau sedang sarapan pagi. Beliau menceritakan mengenai berbagai macam kejadian dimasalalu yang sampai sekarang tak pernah beliau lupakan.

Kejadian pada masa lalu yang menurut beliau tidak dapat dilupakan yang pertama adalah ketika beliau masih kecil belum sekolah beliau sudah bisa membaca dan menulis al-qur'an dikarenakan didikan dari kakeknya yang selalu mengajarkannya mengaji. Dan beliau diwajibkan untuk lebih kepada mengaji ketimbang untuk bersekolah.

Kejadian yang selanjutnya Pada masa bapak Ir Soekarno masih adanya G30SPKI. Pada waktu itu beliau berumur antara empat atau lima tahun. Ketika beliau berumur antara empat atau lima tahun kira-kira antara tahun 1966/1967, beliau sering tidur di mushola sampai beliau menginjak di bangku tsanawiyah. Hal ini disebabkan karena ketika masa itu rumah tempat tinggal kedua orang tuanya banyak dihuni hantu dan banyak siluman berupa ular yang selalu ada di malam hari tepatnya di atas loteng rumah kedua orang tua beliau.

Oleh sebab itulah beliau tinggal di mushola karena beliau berfikir setidaknya jika tidur di mushola hanya jin jin saja yang menemani tidurnya, bukan ular ular siluman yang sewaktu waktu bisa menerkam beliau ketika hendak tidur. Ketika beliau kelas dua tsanawiyah beliau sudah mulai jarang tidur di mushola, dikarenakan banyak tugas-tugas sekolah yang mengaharuskan beliau untuk tidur di rumah. Dan pada masa ini sekitar tahun 1976/1977 suasana dirumahnya tersebut tidak separah pada waktu beliau kecil. Karena sudah mulai banyak rumah-rumah warga.

Selain itu pengalaman beliau yang menurut beliau tidak bisa dilupakan adalah dahulunya dari Diniyah sampai Tsanawiyah  beliau sering sehabis ngaji di mushola setelah sholat subuh beliau tidak pulang kerumah melainkan menumpang mandi dimushola, dikarenakan jika mandi dirumah beliau harus menimba dahulu dan nantinya berakibat terlambat kesekolah.

Kejadian selanjutnya adalah ketika pulang sekolah beliau ingin mengambil jambu di pohon belakang rumahnya, nah ketika bermain diatas pohon beliau jatuh dan kepalanya masuk ke tanah (tanah paculan), karena zaman dahulu belum di pelur atau di aspal melainkan masih tanah semua. Selain itu, ketika berumur Sembilan tahun beliau juga menjatuhkan diri dari atas pohon rambutan yang bawahnya pasir, jadi dulu beliau berfikir jika menjatuhkan diri di pasir tidak sakit. Dan ternyata didalam pasir pasir itu terdapat banyak batu koral yang mengakibatkan kaki beliau sampai patah karena terjun bebas dari pohon tersebut.

Selain itu beliau suka memelihara hewan seperti soang,burung,bebek,ayam dan lain-lainnya. Tetapi hewan tersebut dipelihara dengan dilepas bebas tidak dikurung atau dikandangi. Dan anehnya hewan tersebut tidak kemana-mana melaikan hanya disekitar area rumah beliau baik didapur ataupun dihalaman rumah. Dan memanggil hewan tersebut juga terbilang mudah karena hanya bersiul hewan-hewan tersebut sudah kumpul atau ada yang bertengger di bahu dan ditangan beliau. Dan hewan-hewan inilah yang beliau pergunakan sebagai sumber kebutuhan beliau sehari-sehari. Karena jumlah hewan yang ratusan itulah beliau menjualnya untuk membeli tas,sepatu dan keperluan yang dibutuhkan beliau dan adik-adik beliau.

Setelah itu kejadian yang beliau tidak bisa lupakan lagi adalah ketika beliau kira-kira berusia enam tahun. Pada waktu itu beliau pernah terhanyut ditengah-tengah laut di sampur nah pada saat itu beliau ikut orang-orang tour tanpa disengaja. Jadi ketika sedang bermain petak umpet, beliau naik ke mobil tersebut dan mengumpat dibawah kolong bangku. Nah pada saat itu mobil jalan alhasil beliau terbawa mobil tersebut. Karena takut ketahuan, jadi beliau diam saja di kolong bangku tersebut sampai ke laut sampur.

Nah sesampainya disana memakai ban orang yang sudah tidak digunakan lagi oleh pemiliknya. Stelah itu, beliau berenang  sampai ketengah-tengah lautan dan sudah tidak terlihat daratan sama sekali. Lalu beliau meminta pertolongan kepada Allah SWT karena walaupun masih kecil beliau sudah belajar mengaji dengan kakek beliau dan beliau pernah diajarkan ketika ada masalah atau musibah mintalah pertolongan kepada Allah SWT. Nah maka dari itu beliau tak henti hentinya meminta pertolongan kpada Allah SWT sampai akhirnya ada perahu yang melewatinya dan beliau langsung naik keperahu tersebut menuju daratan tempat awal beliau mengambil ban tersebut

Dan pada waktu itu sudah dekat maghrib. Akhirnya beliau mencari bus yang beliau tumpangi tadi dan akhirnya beliau selamat sampai dirumahnya. Nah slama diperahu tadi dikarenakan beliau belum makan beliau diberi nelayan pisang lampung setandan untuk mengganjal perut karena terlalu lama berada didalam air dengan situasi yang kelaparan.

Nah selain terhanyut ditengah laut beliau juga pernah terhanyut di sungai cisadane di bogor sampai satu kilo meter kebawa air dan dalamnya sekitar 30 meter kebawah. Jika diilustrasikan seperti dari jalan Bangka raya di Jakarta selatan sampai ke mampang prapatan Jakarta selatan. Nah ceritanya , jadi pada waktu itu beliau ingin berenang disungai tersebut. Tidak tahunya di kedalaman air tersebut air nya muter yang mengakibatkan beliau tidak bisa balik kepermukaan dan akhirnya terhanyut, tetapi Alhamdulillah selamat bisa ketepi dan langsung balik ketempat awal.

Dan kejadian yang terakhir yang paling beliau ingat ialah ketika sewaktu beliau menginjak bangku aliyah, tepatnya ketika pulang sekolah, kompor rumah beliau terbakar dan ketika ibunda beliau berteriak beliau langsung gerak cepat mengambil kompor tersebut. Di bawanya kompor itu menggunakan karung goni dan dibawanya ketengah-tengah sawah. Namun badan beliau tetap terbakar dan beliau guling-gling di sawah tersebut sampai api yang ada ditubuhnya padam. Beliau melakukannya karena takut rumahnya terbakar. Dan itu semua dilakukannya secara sepontan. Dan sampai sekarang masih ada bekas luka tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini