Selasa, 12 April 2016

Muhamad Faiz Al Maki_Time Line IRMAS (Ikatan Remaja Masjid) Darurohman_Tugas 5

Nama               : Muhamad Faiz Al Maki

NIM                : 111405300000020

Jurusan            : manajemen Dakwah 4A

 

A.    Sejarah Irmas (Ikatan Remaja Masjid) Darurohman

Irmas (Ikatan Remaja Masjid) Darurohman bertempat di jln Kadu kampung Cakung RT 005 RW 004 Desa Babat Kecamatan Legok Tangerang Banten, awal mula berdiri organisasi Irmas atau di singkat dengan ikatan remaja masjid Darurohman ini di perkasai para pemuda di kampung cakung pada tahun 2004. Sebut saja Ka Arif dengan Ka Ues dua pemuda yang mempunyari tegat yang sangat kuat dan menginginkan para pemuda dan pemudi di kampung cakung itu maju dan relijius, karna pada saat itu para pemuda dan pemudi di kampung cakung desa babat mayoritas terkontaminasi oleh budaya-budaya barat seperti warnet, ps, balap-balapan motor dan sebagainya.

Akhirnya dengan tekad yang kuat mereka berdua mengumpulkan pemuda dan pemudi yang ada di kampung cakung untuk berdiskusi dan membahas pembentukan organisasi, setelah ada kesepakatan mifakat dari semua anggota akhirnya di buatlah organisasi yang di namakan IRMAS (Ikatan Remaja Masjid) Darurohman yang di ketuai oleh Ka Arif dengan kawan-kawan pemuda dan pemudi cakung babat. Pada awal tahun berdirinya irmas dalam kepemimpinan Ka Arif menimbulkan kejayaan dari berbagai segi, dari segi kegiatan-kegiatan pemudaan, acara rutinitas masjid yang bersinergi dengan irmas, santunan anak yatim, membuat lomba-lomba islami dan lain-lain yang semuanya bertujuan mensyiarkan Islam dan memakmurkan masjid darurohman.

Bukan hanya dari kalangan pemuda dan pemudi saja yang antusias dalam kegiatan-kegiatan Irmas, orang tua sekalipun sangat mendukung dan sangat antusias dalam kegiatan yang di lakukan pemuda-pemudi kampung cakung, pasalnya kegiatan-kegiatan islami yang di lakukan oleh pemuda dan pemudi kampung cakung itu kegiatan dan dari dulu di inginkan oleh orang tua-orang tua kampung cakung.

Sudah dua dua kali pergantian kepemimpinan irmas ini, dari Ka arif ke Ka Kiwil dan sekarang di pimpin oleh Ka Betet, dalam wawancara organisasi irmas ini saya lebih tertarik untuk membahas kepemimpinan Ka Kiwil dengan Ka Betet yang perkembangan dari tahun ke tahunnya saya sendiri menyaksikan dan menikmatinya. Kepemimpinan Ka Kiwil di mulai pada tahun 2012 sampe tahun 2015 dan sekarang di pimpin oleh Ka Betet.

 

 

 

B.     Kejadian Penting Irmas

 

        Mengadakan sanlat (santri kilat) pada romadhon tahun 2012 dan di ikuti oleh anak-anak yang ada di kampung cakung

 

 

2012

Mengadakan pengajian rutin dari mushola ke mushola yang ada di kampung cakung, dan di wajibkan kepada pemuda yang jadi tuan rumah  untuk siap menjadi pengisi acara pengajian itu dari mc, tahlil sampe kultum

2013

Mengadakan acara santunan anak yatim dan muharroman dengan konsep musik islamik yang bertujuan mengajak pemuda-pemuda yang belom ada niat untuk gabung irmas

2014

Mengadakan acara muharroman dengan syistem iuran uang dari masyarakat kampung cakung

2015

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini