Selasa, 12 April 2016

Abdul Hafiz_Kejadian Penting dalam Lembaga Dakwah_Tugas 5

Abdul Hafiz (11140530000016)

Manajemen Dakwah 4/A

Metodologi Penelitian Dakwah

 

Abdul Hafiz_Kejadian Penting dalam Lembaga Dakwah_Tugas 5

 

LANDASAN PEMIKIRAN

                "Hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang apabila meninggalkan dibelakang mereka anak-keturunan yang lemah, khawatirlah terhadap (kelemahan) mereka…." [QS. An Nisa' : 9].

                Menjadikan generasi penerus yang berkualitas, berakhlaqul karimah yang tinggi dan senantiasa mempunyai iman dan taqwa yang kokoh adalah tanggung jawab kita bersama. Kita sadari bahwa untuk mencapainya, tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun memerlukan keseriusan dan kegigihan dalam menanganinya. Pendidikan dan pengajaran yang islami merupakan alternatif yang baik dalam menjadikan anak yang berkualitas tersebut. Pendidikan islami perlu diberikan kepada anak sejak dini. Salah satu pengenalan pendidikan yang islami adalah melalui penyelenggaraan Taman Kanak Kanak Al Qur'an dan Taman Pendidikan Al Qur'an (TKA-TPA).

 

KEADAAN TKA-TPA Al-Ikhlas

            TKA-TPA Al Ikhlas telah berdiri sejak tanggal tahun 2000 dan sampai saat ini Alhamdulillah masih tetap eksis dan selalu berusaha mengkualitaskan diri. TKA-TPA Al Ikhlas  pada saat ini tidak memiliki kurikulum baku. Meskipun demikian pengurus TPA selalu berusaha meningkatkan kualitas pengelolaan TPA dengan cara membuat  kurikulum dimana pendidikan TKA dapat diselesaikan dalam 3-4 semester dan dilanjutkan dengan TPA selama 6 semester.

Kegiatan belajar-mengajar dilaksanakan seminggu lima kali yaitu setiap hari senin-jum'at jam  15.30 – 17.00 WIB bertempat di Musholla Al-Ikhlas lantai dua (untuk lantai satu digunakan untuk tempat ibadah sholat). Pada saat ini Kegiatan Belajar Santri dibagi menjadi dua sesi-sesi membaca Iqro' atau Al Qur'an dan sesi menulis atau menggambar. Materi pendidikan meliputi Iqro', Taddarus, Baca Tulis Al-Qur'an, Hafalan, Materi Aqidah-Akhlaq,  Tajwid,  Qur'an-Hadits, Seni dan Keterampilan.

 

Tahun 2000 : Didirikan TKA-TPA Al Ikhlas, karena di daerah Jl. Salem II Rt: 002 Rw: 007 Serpong Tangerang Selatan Ini jarang sekali adanya tempat pendidikan Islam usia dini.

 

Tahun 2002 : Santri mulai mengenal tempat pendidikan TKA-TPA Al Ikhlas sehingga santri terus bertambah

 

Tahun 2003 : Mulai diadakannya safari dakwah atau jalan-jalan.

 

Tahun 2012 : Tenaga pengajar bertambah, sehingga kegiatan belajar-mengajar menjadi lebih efektif.

           

Tahun 2015 : Para pengajar/guru mendapatkan uang jasa dari pemerintah Tangerang Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini