Selasa, 12 April 2016

Maulida Rahmah_Alur Sejarah (Timeline)_Tugas 5

Nama   : Maulida Rahmah

NIM    : 11140530000055

Kelas   : MD 4B

 

Pada hari selasa ba'da Isya pada pukul 20:00 di kediaman Ustadzah Ibu Nur Hasanah, saya selaku mahasiswa yang ditugaskan untuk mewawancarai objek dakwah. Beliau adalah ketua Majlis Ta'lim Uswatun Hasana di daerah RT 002 RW 05 JL. Menjangan 3B Pondok Ranji – Ciputat Timur.

Ustadzah Nur Hasanah adalah anak pertama dari 8 bersaudara. Ayahnya bernama Sidik Rijan dan ibunya bernama Wasmiah. Yang dilahirkan di Jakarta, 8 Agustus 1965. Ia dilahirkan dari keluarga besar di Jakarta atau betawi tepatnya di daerah Cengkareng, Daan Mogot, Jakarta Barat, yang pada saat itu belum banyak orang, belum banyak pendatang yang tinggal disana. Disana, ia dari semasa kecil sampai tamat SD 6 tahun di Pedongkelan, pada saat itu juga, beliau dan keluarga hijrah ke daerah Ciputat, jl. Kp.Utan / Jl. WR. Supratman sampai saat ini. Walaupun pada waktu itu ia hijrah dari cengkareng ke Ciputat pada usianya genap 12 tahun, pas masuk sekolah SMP 02 Avilia Ciputat (yang sekarang SMPN 01Ciputat) pada tahun 1974. Sekolah SMP 3 tahun tamat, dan diteruskan di SMAN 46 Jakarta Selatan, dan pada saat itu masih menetap tinggal di kp.Utan Ciputat. Setelah itu, beliau tamat SMA 3 tahun, mencoba tes di perguruan tinggi IAIN, pada saat itu beliau belum bisa masuk di perguruan tinggi sana, mungkin belum Rizkinya. Akhirnya ia memutuskan untuk meneruskan di STKIP PGRI Ciputat, beliau kuliah disana Alhamdulillah kurang lebih sudah mencapai tingkat dua, namun ia setelah itu berhenti, dikarnakan ada suatu faktor, sehingga ia berhenti tidak melanjutkan, dan ia memutuskan untuk bekarja, tepatnya di Jakarta. Beliau bekerja pada hari senin-Jum'at, hari Sabtunya libur, dan pada hari minggunya ia isi dengan mengikuti organisasi YIS (Yout Islamic Study Club)  di daerah Al-Azhar, di masjid Al-Azhar, alamatnya di Kebayoran Baru - Jakarta Selatan.  Alhamdulillah semenjak beliau bekerja 2 tahun, beliau juga ikut organisasi tersebut, di organisasi sana sia bisa menimba ilmu pengetahuan agama serta bertemu dengan teman-teman disana, "sangat menyenangkan, dan Alhamdulillah pada saat ini ilmunya sangat bermanfaat" "ujar beliau". Karna dahulu beliau sekolah agama pada waktu sekolah SD, sorenya ngaji, pada waktu masih di Cengkareng. Pada saat pindah ke Ciputat beliau meneruskan sekolah agama di Madrasah Jamiyatul Khoir pada sore hari, karna pada pagi harinya beliau menjalan kan sekolah formal (SMP), pada saat itu kepala sekolah Madrasah Jamiyatu Khoir masih Bapak Ustad Madalih H.R.

            Setelah 2 tahun beliau bekerja lalu berhenti, ia tidak melanjutkan karier nya karena menikahdan beliau sendiri Alhamdulillah pada saat ini, di karuniai keturunan 4 orang anak, 2 laki-laki, dan 2 perempuan.

            Semasa remaja, waktu SMP beliau belum banyak mengikuti organisasi diluar sekolah, tetapi hanya di dalam sekolah SMP itu saja, karna beliau sangat menyukai olahraga, ia sering mengikuti lomba olahraga, lomba kepramukaan, lomba senam SKJ, dan Alhamdulillah beliau dan teman-temannya selalu mendapatkan juara pada saat mengikuti lomba-lomba tersebut. kalau di daerah rumah pada saat itu belum mengikuti apa-apa, karna belum berkembang. Tetapi pada saat SMA, di daerah rumah, ia dan teman-temannya mengadakan kegiatan olahraga (IKOPU) Ikatan Olahraga Kp. Utan, lalu beliau juga mengikuti ikatan remaja disana bersama kawan-kawan seperjuangan beliau membuat vokal grup lalu mengikuti lomba di kecamatan ciputat, dan Alahamdulillah beliau dan teman-temanya berhasil membawa nama baik dari kelurahan Cempaka Putih. Lalu di daerah rumahnya, beliau dan teman-teman ikatan remaja sering mengadakan kegiatan keagamaan yaitu lomba Musabaqoh Tilawatil Qur'an tingkat RT, lalu beliau mengikuti lomba tersebut dan mendapatkan juara pertama, tidak hanya lomba MTQ saja, beliau juga pernah mengikuti lomba puisi dan dapat juara 1 juga. Lalu sering mengadakan acara pmemperingati Maulid Nabi, Isra' Mi'raj, dll. beliau juga sering menjadi ketua panitia pada acara-acara tersebut.

"pada dari situ bukannya bakat mungkin, karna kita sudah dari keluarga kita dari dulu itu dengan agama memang sudah ditempah dari kecil, ayo bisa ngaji, sekolah madrasah, yang penting bisa menjalis sholat 5 waktu, puasa bulan Ramadhan. Orang tua kami selalu menerapkan hal itu kepada kami, maka dari itu sampai sekarang Alhamdulillah walaupun agak keras didikannya terutama bapak saya, dia itu siangnya kerja di bank BNI 46 pulang jam 4 sore / 5 sore lalu ngajar ngaji anak-anaknya waktu masi bertempat tinggal di Cengkareng, jadi kita sudah diterapkan disitu, bahwa ba'da sholat maghrib kita harus membiasakan membaca Al-Qur'an. Alhamdulillah sampai saat ini masi melekat, masih tertanam, dan bermanfaat untunk diri sendiri dan anak-anak saya yang telah saya ajarkan pula kepada mereka." (Ujar beliau).

Saat ini beliau tinggal di pondok Ranji – Ciputat Timur bersama suami dan anaknya.

Ibu Nur Hasanah menjadi ketua Majlis Ta'lim Uswatun Hasanah sudah 7 tahun, majlis ta'lim itu sendiri sebenarnya telah berdiri 15 tahun. Pada mulanya ditempat kediamannya yang sekarang dahulu belum ada yang mengadakan kegiatan pengajian ibu-ibu malam jum'at, akhirnya beliau dan teman-teman disana memutuskan untuk membuat majlis ta'lim, yang diberi nama oleh guru beliau di kp. Utan yaitu ibu Hj. Yayah Sofiah, yang di beri nama "Majlis Ta'lim Uswatun Hasanah" Alhamdulillah sampai saat ini telah berdiri 15 tahun. Ibu Nur Hasanah memipin, karena pada saat itu kerabatnya sudah tidak bisa lagi menjadi ketua MT. Uswatun Hasanah, jadi di alokasikan ke beliau.

Moment terkesan beliau pada saat remaja SMP, SMA yaitu pada saat beliau aktif di kegiatan positif yakni bersama-sama krabatnya mendirikan ikatan remaja islam di kp. Utan dan mengikuti lomba-lombasekaligus memenangkannya, belajar di YIS di bidang keagamaan.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini