Selasa, 12 April 2016

Nur Afriani (11140530000002)_MD.4A_Masjid Jami' As-Sa'adah_Tugas 5

MASJID JAMI' AS-SA'ADAH

 

NAMA            : NUR AFRIANI

KELAS           : MD_4A

 

Masjid Jami' As-sa'adah adalah salah satu objek penelitian saya diawal, laporan ini merupakan kelanjutan dari hasil wawancara saya dengan pengurus masjid tersebut. Sebagaimana dari penuturan pada tugas diawal bahwasanya Masjid Jami' As-Sa'adah ini didirikan diatas tanah sekitar komplek, yang pada awalnya tanah tersebut merupakan tanah yang akan di bangun sebuah taman.

Karena tidak ada kejelasan akan pembangunan taman tersebut, pada akhirnya sepakatlah warga untuk mendirikan sebuah tempat ibadah yaitu mushola pada sekitar tahun 1999. Lama kelamaan jama'ah penggguna musholapun bertambah maka terjadilah renovasi dan peluasan bangunan, yang pada tahun 2008 resmilah menjadi Masjid dengan nama Masjid Jami' As-sa'adah. Dengan luas tanah 40x50 meter dan luas bangunan 40x40 meter bersertifikat wakaf, dengan bangunan tiga lantai. Alamat lengkap Masjid Jami' As-Sa'adah adalah Jl. Tari Piring, Perumahan Pondok Safari Indah, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Adapun sarana dan prasarana yang disediakan Masjid tersebut meliputi: 2 tempat wudhu pria, 2 tempat wudhu wanita, 10 kamar mandi, ruangan ber-AC, perlengkapan sound system, 8 kipas angin, perlengkapan karpet/sejadah, 1 keranda mayat, 1 perpustakaan kecil, 20 mukena, 56 meja untuk kegiatan TPA, alat kebersihan, dan alat/perlengkapan penunjang sarana dan prasarana lainnya.

Kendala yang pernah dialami menurut penuturan salah satu pengurusnya adalah akan sebuah kejujuran dan kepercayaan, contohnya pernah terjadi sebuah kejadian yaitu salah satu penjaga masjidnya mencuri uang kotak amal yang ada di masjid tersebut. Masalah kebersihan juga kerap terjadi, karena kurangnya kesadaran akan kebersihan khususnya kebersihan WC. Walaupun sudah ada petugas kebersihan, namun alangkah lebih baiknya kesadaran akan pentingnya kebersihan tersebut adalah tugas bersama, ujar penuturan ust. Jefri.

Seperti yang telah dituturkan diatas, bahwasanya ada beberapa kejadian yang menjadi salah satu sejarah kemajuan Masjid Jami' As-Sa'adah adalah salah satunya perenovasian dari yang awalnya moshala berdiri di tahun 1999 dan diresmikan menjadi masjid yaitu pada sekitar tahun 2008. Perenovasian secara total dan penambahan kelengkapan sarana dan prasarana lainnya sebagai penunjang kegiatan Masjid Jami' As-Sa'adah dilakukan di tahun yang sama. Contohnya sound system yang awalnya hanya 8 buah menjadi 12 buah, dll. Sedangkan perpustakaan serta kegiatan TPA dan pengajian Masjid Jami' As-Sa'adah telah ada sejak mushala itu berdiri.

Dengan adanya serangkaian kegiatan yang dikembangan di Masjid Jami' As-Sa'adah tersebut respon masyarakatpun bervariasi. "Kegiatan pada acara PHBI (Perayaan Hari Besar Islam) dilakukan setiap tahun, namun yang menjadi moment yang berbeda adalah pembicara yang didatangkan yaitu dari da'i-dai kondang. Contohnya yang masih saya ingat tepatnya tahun kemarin 2015 pada acara Isra' Mi'raj kami mengundang Ust. Yusuf Mansyur sebagai pembicara, dan baru-baru ini di bulan maret lalu dalam acara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW kami mengundang Ust. Jumharuddin, Lc (Da'i Tv One). Untuk hambatan-hambatan lainnya yang lebih signifikan mungkin cukup itu saja, sebagaimana penjelasan saya tadi di awal" tutur Ust. Jefri di ujung perbincangan kami.

 

 

Sumber: Wawancara pengurus masjid Jami' As-Sa'adah.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini