Selasa, 12 April 2016

Muhamad Alam Agustian_Wawancara Pengalaman Hidup_Tugas 6

Nama   : Muhamad Alam Agustian

Jurusan : Managemen Dakwah (MD)

Kelas    : MD 4 B

NIM     : 11140530000047


WAWANCARA PENGALAMAN HIDUP

KH. KHOERUDIN AFANDI

            Awal waktu saya dating wawancara tentang pengalaman hidup beliau, beliau di sini yang saya maksud adalah nara sumber saya yaitu KH. Khoerudin Afandi. Beliau merupakan salah satu yang menjadi teladan saya, disamping beliau adalah salah satu guru besar saya, beliau jgha sangat menginspirasi saya, karena kegigihan beliau dalam menyiarkan agama islam , beliau tak pantang menyerah dalam menyebarkan agama islam, walaupun banyak dari sana sini yang tak suka kepada beliau. Mengapa banyak yang tak suka ?,

Mungkin disinilah bisa terkuak semua pengalaman hidup beliau dari bnyaknya orang yang tak suka itu, mengapa ? karena menurut hasil wawancara dengan beliau,  pada awal taun 1993 beliau kalau dalam istilah sunda mumara ke sebuah kampung, beliau bukan asli warga kampung itu, pengalaman pertama beliau menuju kampung itu, sangat pedih sekali, menurut beliau "pertama saya dating ke kampung ini bnyak orang yang menilai bahwa saya orang yang aneh, karena saya datang dengan pakaian seadanya dengan tujuann ingin melamar serang gadis di kampung ini" singkat cerita setelah beliau berhasil melamar gadis di kampung ini, oh iya nama kampung ini adalah kampung mangkalaya di daerah sukabumi, setelah beliau berhasil melamar saya beliau tidak langsung hidup enak di kampung ini, perjalanan beliau di kampung ini sangat teruji, pertama beliau menjadi tukang ojeg di kampung ini, padahal menurut beliau, dirinya gabisa bawa mtr pada waktu itu, tapi dengan modal nekat beliau paksakan dengan meminjam mtr kepada tetangga istrinya, suatu saat pengalaman beliau ketika ngojeg, yaitu ketika mengantarkan penumpang dan penumpangnya membawa sekarung beras, pas belokan kata beliau si karung beras nya jatuh dan akhirnya beliau memikul beras sekarung itu sampai rumahnya si penumpang tanpa memikirkan kondisi dirinya dan motornya, sungguh mulianya beliau.

Singkat cerita dari hasil wawanra dengfan beliau, saya bisa menyimpulkan, bahwasanya kegigihan dalam hidup akan menghasilkan sesuatu atau buahnya yang sangat manis di kemudian hari. Dan akhirnya beliau menjadi kiayi setempat di kampung itu dan sangat dihormati.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini