Selasa, 12 April 2016

Ahmad Budi Setiawan_1112053000033_Tugas Timeline_Manajemen Dakwah 4B

Nama:              Ahmad Budi Setiawan

NIM:               1112053000033

Jurusan:           Manajemen Dakwah 4B

 

            Seorang filolog pertama di Perguruan Tinggi Agama Islam sekaligus guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bernama Oman Fathurahman adalah sosok yang saya wawancarai untuk tugas mata kuliah metodologi penelitian dakwah. Cukup sulit menemui beliau dikarenakan jam terbang yang dimiliki sangatlah padat. Pada hari senin, 11 april 2016 saya diberikan kesempatan untuk bertatap muka dengan beliau di gedung Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

            Oman Fathurahman lahir di Kuningan, Jawa Barat pada 8 Agustus 1969. Ia memperoleh pendidikan dasar keagamaan, bahasa Arab, dan kitab kuning dari ayahnya, K.H. M. Harun B.A., serta mengecap pendidikan formal di Madrasah Tsanawiyah PUI (1984) Kuningan, sebelum melanjutkan ke Madrasah Aliyah Negeri Cipasung Singaparna, Tasikmalaya (1987). Selain di Pondok Pesantren Cipasung, ia juga pernah menjadi santri 'sarungan' di Pesantren Haurkuning Salopa, dan Pesantren Miftahul Huda, keduanya di Tasikmalaya, Jawa Barat.

            Sebelum duduk sebagai mahasiswa di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta (lulus 1994), beliau harus berjuang keras menjadi pedagang asongan dan buruh cetakan di Jakarta. Beruntung selepas pendidikan sarjana ia memperoleh beasiswa dari Yayasan Naskah Nusantara dan Ecole Francaise d'Extreme-Orient (EFEO) untuk melanjutkan studi magister bidang filologi di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia (1998) dan menyusul beasiswa Indonesian International Education Foundation (IIEF) untuk program doctor di Universitas dan bidang ilmu yang sama (2003). Kini, ia telah menjatuhkan minat studi utamanya di bidang kajian filologi, khususnya kajian naskah-naskah Islam Nusantara berbahasa Aab, Melayu, Sunda dan Jawa.

            Sejak 2008, beliau menjabat sebagai Ketua Umum Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa). Ia juga menjadi editor jurnal bereputasi Internasional, Studia Islamika, yang diterbitkan oleh pusat pengkajian islam dan masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

            Dalam karier akademiknya, beliau pernah menerima beberapa beasiswa prestisius, antara lain dari the Alexander von Humboldt Stiftung (The AvH) sebagai peneliti tamu (gastwissenschaftler) di Orientalisches Seminar, Cologne University, Jerman (2006-2008), dari the Chevening Fellowship untuk riset di Oxford Centre for Islamic Studies, Oxford University, UK (September-November 2010), dan sebagai visiting professor di research institute of languages and cultures for Asia and Africa (ILCAA), Tokyo University of Foreign Studies (TUFS) di Tokyo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini