Selasa, 12 April 2016

Salman Fadilah_Masjid Jami Al Anwar_MD(A)_Tugas 5

Nama               : Salman Fadilah

NIM                : 11140530000024

Jurusan            : MD 4/A

 

 

Masjid Jami Al-Anwar didirikan sejak tahun 1918, penyempurnaan pembangunan dan pemanfaatanya sampai dengan waktu yang tidak ditentukan. Jalan Masjid Al-Anwar, Kelurahan Sukabumi Utara  RT.06 RW.010 Kecamatan Kebon Jeruk Kotamadya Jakarta Barat. Tidak adanya tempat ibadah bagi kaum muslim yang berada di kelurahan Sukabumi Utara berinisiatif untuk membuat tempat ibadah yang mewajibkan kaum muslim untuk solat dan sebagainya. Awalnya adalah musola kecil yang berada di jalan Qrisdoren 2 namun dengan berkembangnya zaman dan banyaknya jama'ah diputuskan untuk dipindahkan musola itu ketempat yang lebih luas yaitu jalan Berdikari dan seketika itu musola berubah menjadi masjid. Masjid Jami Al-Anwar sudah mempunyai sertifikat tanah.


Tanah yang dijadikan masjid sekarang ini adalah wakaf dari H.Muhammad Thobri. Luas tanah masjid kurang lebih 3.000 meter ada makam didepan masjid sekitar 1.000 meter untuk makam keluarga dan 2.000 meter untuk masjid. Sumber keuangan masjid dari swadaya masyarakat dan untuk makam dikenakan Rp 25.000/bulan untuk kebersihan pemakaman. Namun untuk pembayaran makan atau yang disebut uang kebersihan masih banyak orang yang tidak membayar uang kebersihan makam padahal dimakam tersebut ada keluarganya mungkin saja kemalasan untuk membayar kebersihan makam dan kesadaran dari diri sendiri. Untuk solat subuh sampai isa diperkirakan dihadiri 500 orang jama'ah dan solat jum'at dengan jama'ah 3.000 orang. Masjid Jami Al Anwar sering sekali mengadakan kegiatan besar tiap tahunnya, berikut inilah kegiatan Masjid Al Anwar dari tahun 2009-2015 :

 

 

KEGIATAN MASJID AL ANWAR

TAHUN

Maulid Nabi Muhammad SAW : Habib Bagier dan KH Munawir Aseli.

Dan masih ditahun yang sama Masjid Al Anwar mendatangkan Ustdz Solmed dalam acara buka puasa bersama di bulan Ramadhan, dan Ustdz Akri.

 

2009

Mendatangkan Ustdz Al Habsy "Ceramah".

 

2010

Mendatangkan Ustdz Jefri Al Bukhori dalam kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

 

2011

*

2012

Mendatangkan Ustadz Riza Muhammad dalam kegiatan "Ceramah". Acara Tv one dalam "Damai Indonesiaku" Ustd Syarief.

 

2013Atau 2014

Mendatangkan Ustdz H. Arifin Ilham dalam kegiatan "Ceramah".

 

2014

Semarak Muharram 1437 Hijriah (do'a akhir dan awal tahun, santunan anak yatim, sehat bersama Ikatan Masjid Al Anwar dan khitanan massal) bulan Oktober sampai dengan Desember.

2015

*Narasumber lupa kegiatan di tahun 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini