Rabu, 12 Desember 2012

Kepemimpinan_Eva Fauziah JNR1B_Laporan ke-5

KOMUNITAS SEMAR (VESPA MERUYUNG)

DAN PEMIMPINNYA

Nama              : Eva Fauziah

NIM                : 1112051100034

I.                   LATAR BELAKANG

Vespa merupakan sebuah kendaraan beroda dua yang terlihat unik, mulai dari bentuk sampai suara bising yang dihasilkan oleh Vespa. Dan ini yang membuat saya tertarik untuk meneliti sebuah organisasi yang mengatas namakan Komunitas Vespa di lingkungan saya. Karena dilingkungan saya terdapat sebuah komunitas vespa yang cukup aktif yang dapat saya lihat dari seringnya komunitas tersebut berkumpul dan mengadakan touring.

Lalu saya memutuskan untuk mewawancarai Ketua atau Pimpinan dari komunitas Vespa yang bernama SEMAR (Vespa Meruyung) yang dibentuk oleh Adoyy sebagai Ketua utama. Saya mewawancarai Adoyy dan menyakan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan Kepemimpinan dan bagaimana cara ia memimpin di komunits tersebut. Karena komunitas Semar ini baru seumur jagung dan berusia sekitar 2 tahun 4 bulan .

Komunitas SEMAR (Vespa Meruyung) ini menurut saya sangat positif karena, anggota dapat menuangkan ide aspirasinya dalam dunia otomotif serta dapat menyalurkan masing-masing hobi dari tiap anggotanya. Saya sangat mendukung penuh Komunitas ini , karena selain dapat meyalurkan ide-ide kreatif, para anggotanya dapat berorganisasi meskipun tidak secara resmi. Tetapi mereka dapat berorganisasi dari ruang lingkup yang kecil seperti Komunitas dan dapat melatih sifat kepemimpinan mereka.

 

II.                PERTANYAAN POKOK

1.      Bagaimana cara anda meminpin Komunitas Semar (Vespa Meruyung) ?

2.      Mengapa anda bisa terpilih menjadi Komunitas ketua Semar (Vespa Meruyung) ?

 

III.             METODE YANG DIGUNAKAN

Metode yang saya gunakan dalam laporan ini adalah metode Kualitatif. Metode kualitatif mengutamakan bahan yang sukar dapat diukur dengan angka-angka atau dengan ukuran-ukuran lain yang bersifat eksak, walaupun bahan-bahan tersebut dapat nyata dalam masyarakat. Saya mewawancarai Adi Hermansyah selaku Ketua Semar (Vespa Meruyung). Wawancara dilakukan pada :

Waktu/tanggal : 11 Desember 2012, Pukul 17.00 s/d 19.00 WIB

Tempat            : Jalan Swadaya II RT 01/01 Kelurahan Meruyung Kecamatan Limo Kota Depok (Jawa Barat).

IV.              GAMBARAN TOKOH

Yang biasa disapa Adoyy ini adalah seorang remaja laki-laki berusia 18 tahun. Berawal dari ketertarikannya akan dunia otomitif , ia pun mencoba untuk memodifikasi Vespa dari pada kendaraan lain, dikarenakan dari bentuknya yang unik serta suaranya yang bising membuat ia semakin tertarik dengan dunia Vespa. Dan pada tahun 2010 ia pun membuat suatu komunitas Vespa di Daerah Meruyung Kota Depok.

Pada awal pembentukan Semar (Vespa Meruyung) hanya beranggotakan sekitar 10 anggota. Itupun belum menjadi anggota tetap. Tapi Adoyy tetap mensosialisasikan Vespa agar masyarakat  mengetahui bahwa Vespa lebih dari sebuah kendaraan. Dari pindah kesatu lokasi ke lokasi yang lain membuat Adoyy dikenal banyak anak muda dan semakin hari semakin banyak remaja yang ingin gabung ke Komunitas Semar yang Adoyy buat.

Usaha giat Adoyy tidak sia-sia meski hanya mempunyai 10 anggota pada awal berdirinya komunitas tersebut, tetapi pada pertengahan 2012 anggotanya berkembang pesat hingga 50 Anggota tetap.

 

V.              ANALISIS

Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai saingan berat skuter Lambretta, sekarang otomatis Vespa sebagai motor skuter konvensional tidak mempunyai saingan lagi. Pasar sepeda motor Indonesia yang unik tidak memberikan kesempatan kepada Vespa untuk menjadi besar.

Merek yang diedarkan oleh PT Dan Motor Indonesia ini mempunyai penggemar fanatik, dan klub-klub penggemar Vespa (terutama Vespa klasik) menjamur diberbagai kota di Indonesia, Juga sering disebut Piaggio Kodok karena mirip VW Kodok.dan vespa menjadi salah satu alat transportasi yang modern sampai saat ini. Vespa juga termasuk alat transportasi yang ekonomis, karena harganya yang relatif murah tapi tetap berkualitas. akhir-akhir ini pula vespa mulai mengeluarkan produk baru nya yaitu vespa matic.

Piaggio dibangun oleh pemuda berusia 24 tahun bernama Rinaldo Piaggio di 1884 dengan memproduksi kapal mewah, kereta, mesin hingga body truk. Terjadinya Perang Dunia 1 membawa perubahan terhadap aktivitas Piaggio selama beberapa decade. Mereka mulai memproduksi pesawat dan seaplanes alias pesawat yang memiliki kemampuan mendarat di atas air. Untuk menunjang produksinya, mereka membutuhkan fasilitas produksi yang lebih banyak. Di 1917 Piaggio membangun pabrik baru di Pisa, diikuti oleh pabrik di Pontedera empat tahun berikutnya. Sebelum dan sesudah Perang Dunia II, Piaggio menjadi salah satu produsen pesawat terbaik di Italia sebelum akhirnya pabriknya hancur akibat perang.

Lepas perang berakhir, Putra Rinaldo Piaggio, Enrico dan Armando membangun kembali pabrik di Pontedera yang luluh lantah. Setelah membawa mesin dari pabrik Biella, Enrico kembali memproduksi sebuah produk yang fokus terhadap mobilitas personal. Dia menggunakan sebagian intuisinya untuk mengembangkan kendaraan dengan desain luar biasa berkat tangan dingin insinyur aeronautika, Corradino D'Ascanio. Vespa – yang dalam bahasa Italia berarti Lebah merupakan buah dari determinasi Enrico Piaggio yang bersikeras untuk membuat sebuah produk dengan biaya rendah.

Selama lebih dari 6 dekade mendominasi segmen skuter, Vespa hingga saat ini menjadi contoh unik industri desain yang tidak akan pernah mati. Berkat inovasi baik teknologi maupun desain yang telah dituangkan telah membuat produk Vespa lambat laun berubah dari sebuah produk transportasi menjadi salah satu bagian dari sejarah sosial.

Vespa merupakan simbol dari kreativitas ala Italia yang termashyur di seluruh dunia yang dibuktikan oleh kesuksesan penjualan dari tahun ke tahun. Vespa juga terkenal sebagai salah satu merk yang bernaung di bawah payung Piaggio Group yang bermarkas di Pontedera (Pisa) dan menjadi salah satu pimpinan manufaktur roda dua di dunia.

Piaggio Group secara global memiliki beberapa pabrik, antara lain: Pontedera (Pisa) yang memproduksi merk Piaggio, Vespa dan Gilera; Scorze (Venice) tempat memproduksi Aprilia dan Scarabeo; Mandello del Lario (Lecco) untuk merk Moto Guzzi; Baramati (India) yang memproduksi light-commercial vehicles roda tiga dan empat untuk pasar India; dan Vinh Phuc (Vietnam) tempat pembuatan skuter Vespa untuk pasar lokal dan ASEAN. Rentang produksi Piaggio Group meliputi skuter, sepeda motor dan moped mulai dari kapasitass 50 hingga 1.200 cc yang dijual dibawah merk Piaggio, Vespa, Gilera, Aprilia, Moto Guzzi, Derbi dan Scarabeo. Piaggio Grup juga merupakan manufaktur untuk light commercial vehicles roda tiga dan empat dengan merk Ape, Porter dan Quargo

PT. Danmotor Vespa Indonesia (DVI/Danmotor) adalah produsen Vespa terbesar di Asia Tenggara sekaligus mata rantai yang tak terpisahkan dari sejarah Vespa di dunia. perusahaan ini didirikan tanggal 27 Juli 1970 dan kemudian berhenti berproduksi tahun 2007. 

       Semar (Vespa Meruyung) adalah sebuah komunitas Vespa yang dibentuk oleh pada Agustus 2010 di kota Depok (Jawa Barat). Merupakan komunitas yang diketuai oleh saudara Adi. Komuntitas ini dibentuk berawal karena sang Ketua atau Pemimpin menyukai dunia Otomotif dan lulusan sebuah STM (Sekolah Tekhnik Mesin) di daerah Depok. Lalu iapun membuat suatu komunitas pecinta Vespa bernama Semar (Vespa Meruyung) yang anggotanya rata-rata masih duduk dibangku SMP dan SMA.

Adoyy gencar mensosilisasikan Vespanya kepada pemuda-pemudi di daerah Meruyung dan sekitarnya. Membuat komunitas ini setiap bulannya memiliki pertambahan anggota. Adoyy memutuskan untuk menjadi Ketua atau Pimpinan dikarenakan ia yang membuat komunitas tersebut. Dan merekrut beberapa teman komunitasnya untuk dijadikan pengurus komunita tersebut.

Dalam perkembangannya Komunitas Semar (Vespa Meruyung) mulai melebarkan sayap eksistensi mereka, dikarenakan makin banyaknya minta anak muda dalam bidang otomotif , terutama vespa . Dan bertambahnya anggota baru tiap bulannya membuat Komunitas Semar semakin mempunyai nama di Komunitas Vespa kota Depok.

Anggota rutin Semar (Vespa Meruyung) antara lain :

1.      Pertemuan antar anggotanya pada hari Sabtu pukul 20.00 s/d selesai.

2.      Mengadakan touring pada hari minggu sore

                           

Struktur kepemimpinan Semar (Vespa meruyung) Tahun 2012

Ketua :

Adi Hermansyah

Walik :

Opan Kholik

Seketaris :

Muhammad Kahfi

Bendahara :

Muhammad Iwan

 

   Untuk menjadi anggota Semar (Vespa Meruyung) tidaklah harus mempunyai vespa . Salah satu persyaratan untuk bergabung di komunitas ini adalah mempunyai rasa toleransi antar sesama, meskipun tidak mempunyai Vespa tapi anggota baru tetap bisa bergabung dengan Semar. Mereka dapat menggunakan kendaraan yang mereka punyai lalu jika mempunyai cukup uang mereka dapat membeli vespa yang mereka inginkan sesuai dengan bugdet yang mereka punyai.

Cara memimpin Adoyy dalam Komunitas ini terbilang sederhana pertama dikarenakan ia tidak mempunyai basis dalam kepemimpinan, ia hanya kebtulan saja yang mendirikan Komunitas Semar (Vespa Meruyung). Dan tidak ada peraturan-peraturan khusus di komuniats ini. Jika kalian suka terhadap suatu hal , cari tahu tentang hal tersebut ! ucapnya.

Orang tua Addoy pun sangat mendukung Adoyy dan Komunitasnya dikarenakan komunitas ini  dapat menjadi media penyalur minat Adoyy terhadap dunia otomotif. Dan Adoyy membeli semua koleksi Vespanya dengan uang yang ia kumpulkan sendiri. Sedangkan pihak tetangganya kurang memberikan dukungan yang positif. Dikarena suara Vespa yang bising membuat tetangganya kurang nyaman dengan kondisi tersebutm serta vespa menimbulkan Asap dari Knalpot yang berlebihan.

Sumber :

Adi Frimansyah

http://id.wikipedia.org/wiki/Vespa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini