Rabu, 12 Desember 2012

putra akbar alkautsar KPI 1D

PUTRA AKBAR AL-KAUTSAR KPI 1D
NIM : 1112051000106
 
 
RUMAH MAKAN TAKANA JUO (INSTITUSI BISNIS)
 
 
I.Latar belakang
 
 
Bisnis memiliki beberapa definisi/ pengertian. Secara umum, bisnis mempunyai pengertian sebagai suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa untuk mendapatkan profit atau keuntungan. Bisnis juga bisa diartikan sebagai suatu kegiatan atau usaha atau sebuah aktifitas terpadu yang meliputi pertukaran barang, jasa atau uang yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih, dengan tujuan memperoleh profit atau keuntungan atau manfaat dari kegiatan tersebut. Sehingga dapat disimpulkan juga bahwa definisi/ pengertian bisnis adalah proses sosial yang dilakukan oleh setiap individu atau kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu produk tertentu yang memiliki nilai.

Lingkungan bisnis terdiri dari dua jenis, yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal.
· Lingkungan Internal, terdiri dari manajemen, modal, informasi, karyawan, pemegang saham, peralatan fisik, dsb.
· Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal bisnis terdiri dari dua jenis, yaitu lingkungan khusus dan lingkungan umum :
· Lingkungan Khusus, terdiri dari konsumen, pesaing, pemasok dan kreditor.
· Lingkungan Umum, terdiri dari kondisi ekonomi, politik, dan hukum, sosial budaya, demografi, serta teknologi dan kondisi globalisasi.
 
Etika Bisnis
Secara harfiah, etika dapat diartikan sebagai kepercayaan tentang apa yang benar dan salah, baik atau buruk dalam tindakan yang mempengaruhi orang lain. Sedangkan perilaku etis adalah tingkah laku yang disesuaikan terhadap normal sosial yang diterima secara umum berkenaan dengan tindakan yang berguna dan berbahaya.


Terdapat 3 langkah sederhana untuk melakukan penilaian etika untuk situasi dalam aktifitas bisnis, yaitu :
a. Mengumpulkan informas yang relevan,
b. Mengalisa fakta- fakta untuk menetapkan nilai moral yang paling sesuai
c. Membuat keputusan etik berdasarkan pada kebenaran atau kesalahan dari kebijakan atau aktifitas yang dimaksud.


Tanggung jawab sosial merupakan penerimaan manajemen terhadap kewajiban untuk mempertimbangkan laba, kepuasan pelanggan dan kesejahteraan sosial sebagai nilai sepadan dalam mengevaluasi kinerja perusahaan. Sedangkan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap stakeholder, yaitu meliputi tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, investor, pemasok dan komunitas local dimana bisnis tersebut berada. Empat area tanggung jawab organisasi terdiri dari tanggung jawab ke depan terhadap lingkungannya, konsumen, karyawan dan investor.
II.Pertanyaan pokok

                1. Bagaimana perusahaan ini bersosial dengan perusahaan yang lain ?
                2. Bagaimana perusahaan ini berjalan ?
 
 
III.Metode penelitian
           
            Metode kualitatif di gunakan untuk penelitian ini dengan alasan agar penelitian mendapatkan hasil yang lebih akurat dan memuaskan.
 
Lokasi penelitian : R.M TAKANA JUO
Waktu penelitian : Minggu 9 Desember 2012 14.00-15.00
 
IV.Gambaran Subjek/Objek Penelitian
 
            Gambaran subjek ini adalah Umi Salamah & tongga sebagai pemilik dari perusahaan ini yang juga bekerja di perusahaannya ini.
            Gambaran objek ini adalah cara berdagang,cara memasak masakannya,penetapan harga,dan cara melayani pelanggan atau pembeli.
 
V.Analisis
           
            Berbisnis atau berdagang merupakan hal yang sudah tidak asing lagi jaman sekarang, banyak kita menemukan berbagai macam perusahaan di sekitar kehidupan kita, baik dari yang perusahaan kecil hingga perusahaan besar,dan kali ini saya menganalisis perusahaan kecil ini yang terletak di bilangan Jakarta pusat yaitu rumah makan takana juo.
 Perusahaan ini merupakan usaha perdagangan dengan menawar kan berbagai macam makanan , terutama makanan padang karna ini merupakan rumah makan padang, di Indonesia Jakarta terkenal dengan penuh lapang kerja yang menjanjikan sehingga banyak orang-orang dari luar Jakarta yang tertarik untuk ke Jakarta, sebut saja ibu umi salah ini ini, yang saya analisis kali ini.
Beliau merantau dari padang ke Jakarta bersama suaminya di tahun 2000, pertama kali datang ke Jakarta bingung sekali karna tidak mempunyai sanak keluarga, dan hanya bermodal kan uang saja, tetapi beliau mencari pekerjaan di Jakarta, yakni sebagai penjahit, karna beliau bisa menjahit, maka jadilah seorang penjahit, di jalaninya profesinya dengan penuh ketekunan dan kesabaran, dan suaminya pun bekerja sebagai pedangan kecil-kecilan,karna beliau berdua sangat tekun dalam menjalani profesinya masing-masing, hingga pada tanggal 04 april 2004. Beliau berdua mendirikan rumah makan padang, awalnya bingung untuk memberi nama rumah makan nya, dan akhirnya diberi nama takana juo, yang artinya teringat selalu, sebagaimana teringat selalu bagaimana perjuangan hidup hingga bisa mendirikan rumah makan ini.
 Harapan beliau berdua sangat optimis akan rumah makan nya untuk sukses, dan ternyata kesuksesan pun diraih, berkat ketekunan dan kesabaran, rumah makan takana juo ini maju dan semakin ramai pelanggan nya, dan banyak orang yang makan di rumah makan ini kembali lagi, karna sesuai dengan nama rumah makannya takana juo (teringat selalu).
 Dan semakin lama banyak bermunculan rumah-rumah makan lainya sehingga banyak dan timbul lah persaingan di antara satu sama lain, tetapi rumah makan takana juo ini selalu berinovasi dalam setiap masakan-masakannya sehingga para pelanggan pun tidak jenuh dengan menu makanan yang ada di rumah makan ini, makanan yang utama di rumah makan ini yaitu rending, merupakan makanan dari padang sumatera barat. Merupakan daging sapi yang di beri bumbu rahasia hingga mampu menarik hati para pembelinya, dan sampai sekarang rumah makan takana juo ini mampu meraih omset dalam sebulan sekitar 2 sampai 3 juta rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini