Rabu, 12 Desember 2012

sosiologi agama ; pengaruh tokoh masyarakat savinatunnajah KPI 1D

Oleh: Savinatun Naja 1112051000120 KPI 1 D 2012

INSTITUSI TOKOH SOSIAL

 
·         Latar Belakang
Saya memilih tokoh sosial dalam tugas ini adalah seorang ketua RW yang bernama Bapak Syarifuddin. Beliau sudah menjabat sebagai RW selama 3 tahun. Yang bertempatan di RW 12 Jakarta Barat. Beliau dipilih sebagai RW karena beliau merupakan sosok yang bertanggung jawab dan dapat memimpin suatu masyarakat sehingga beliau terpilih menjadi ketu RW. Masyarakat disini juga sangat menyukai program kerja beliau. Dan beliau merupakan sesorang yang dapat berbaur dengan masyarakat.
·         Metode Penelitian
Dalam penelitian ini saya menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini saya lakukan pada tanggal 9 Dessember 2012 yang bertempat di Jl. KH. Syahdan no 120 RT 002 RW 012 Jakarta Barat. Dan disini saya melakukan penelitian tentang peran beliau terhadap keluarga dan masyarakat disekitarnya.
·         Gambaran Subyek dan Obyek
Beliau dapat terpilih menjadadi ketua RW karena beliau selalu berbaur terhadap masyarakat dan tentu saja beliau mempunyai pemikiran-pemikiran yang cemerlang dan itu merupakan salah satu faktor beliau menjadi ketua RW. Dan tentu saja beliau sangat memberikan manfaat terhadap masyarakat yang dipimpinnya dan tentu saja teradap keluarganya.
·         Analisis
Bapak Syarifuddin merupakan sosok yang dapat memberikan manfaat untuk orang yang dekat dengannya. Beliau selalu mengajarkan kepada keluarganya untuk besikap adil dan ramah dan sopan tentunya kepada orang lain. Beliau yang merupakan Imam di keluarganya selalu menjadi contoh yang baik bago ketiga orang anaknya dan istrinya. Keluarganya selalu mendukung apa yang akan dikerjakan oleh beliau selama itu semua masih dalam jalan kebaikkan. Beliau sangat beruntung mempunyai keluarga yang mendukung karir beliau. Tentu saja menjadi ketua RW tidak membuat beliau untuk berhenti bermimpi.
Dalam masyarakat beliau selalu bersikap adil dan selalu bersosialisasi terhadap masyarakat yang dipimpinnya. Walaupun ada beberapa orang yang kurang begitu suka dengan beliau akan tetapi beliau selalu berkepala dingin dengan apa yang dihadapinya tersebut. Beliau sering mengadakan pengajian secara rutin di daerahnya tersebut. Dan beliau selalu membuat program-program kerja yang dapat membuat masyarakat menjadi seperti satu keluarga. Salah satu kegiatan yang beliau lakukan adalah dengan mengadakan olahraga bersama, tata boga, gotog royong, karang taruna, ibu-ibu PKK dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini