Rabu, 12 Desember 2012

sosiologi agama ; Pengaruh Tokoh Masyarakat Mutia Sholeha KPI 1D

                              Betapa Pentingnya Pendidikan
Tokoh : Ustazah. Dra. Hj. Maesaroh Madsuni

Latar Belakang

           
            Pendidikan adalah hal yang paling penting yang harus dimiliki oleh setiap insan di dunia. Allah akan mengangkan derajat orang-orang yang mempunyai ilmu.
            Atas dasar itulah Ibu. Hj Maesaroh mendirikan sebuah Pondok Pesantren di daerah kelahirannya tepatnya disebuah desa terpencil di daerah bogor.

Metode Penelitian

 
            Metode penelitian yang saya gunakan penelitian kualitatif

Gambaran Subjek

 
            Ibu Ustazah Dra. Hj Maesaroh Madsuni adalah seorang wanita yang mempunyai keberanian tinggi, tekad  dan kedisiplinan yang kuat. Apa yang menjadi impiannya harus ia capai dengan modal percaya diri dan disiplin. Beliau menuntut ilmu di pondok pesantren selama sebelas tahun dan selama itu pula kedisiplinannya teryanam dalam dirinya sampai saat ini beliau terapkan kepada santrinya dipondok yang ia dirikan.
            Dimata keluarganya beliau adalah seorang istri yang setia dan sholeha. Bagi dua orang anaknya beliau adalah ibu yang bertanggung jawab dan disiplin dalam segala hal. Orang tuanya bangga mempunyai anak seperti beliau karna beliau begitu berbakti kepada kedua orang tuanya.

Analisis Penelitian

 
            Tahun 1994 beliau mendirikan sebuah pondok pesantren bersama suaminya di daerah tempatnya dilahirkan. Mengapa ia memilih tempat kelahirannya karena beliau ingin mengangkat derajat dan pandangan orang tentang daerah tempat lahirnya itu yang masih berada didaerah pedalaman dan terpencil. Beliau ingin meningkatkan pendidikan didaerah tersebut. Sebelum mandirikan pesantren beliau telah lebih dulu mendirikan sekolah madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah.
            Sebelum didirikannya sekolah dan pesantren tersebut, masyarakat disekitar situ banyak yang tidak merasakan pendidikan bahkan sebagian dari mereka berpikir pendidikan tidak terlalu penting yang penting bagaimana caranya mendapatkan uang dengan cara halal. Dan mereka berpikir tidak mampu untuk membiayai pendidikan anak mereka. Ibu ustazah hj. Maesaroh Madsuni mengubah pola pikir masyarakat membuktikan bahwa betapa pentingnya pendidikan bagi mereka dengan mendirikan sekolah dan pesantren yang masih ada dan tetap berjaya hingga saat ini.
            Seiring berjalannya waktu murid murid yang sekolah disana bertambah banyak santriawan santriawatinya pun banyak. Dengan biaya SPP yang ringan masyarakat mempercayai anaknya untuk menuntut ilmu disekolah yang beliau dirikan.
 
Bagi para guru dan karyawan yang mengabdi disana mereka sangat bangga dan haru atas kesungguhan beliau dalam mengangkat nama baik daerah kelahirannya.
            Sistem pendidikan yang dijalankan diyayasannya pun mengikuti sistem pendidikan pemerintah berdasarkan kurikulum dari departemen pendidikan. Artinya meskipun beliau mendirikan sekolah sendiri namun beliau tetap menghargai dan patuh pada sistem pemerintah dengan tidak membuat kurikulum sendiri.
Beliau ikhlas dalam berjuang mempertahankan pendidikan di daerah kelahirannya semata-mata hanya mengharap ridho Allah dan menjadikannya bekal kebaikan untuk menuju akhirat.
            Berkat usahanya yg keras, disiplin yang kuat dan do'a yang selalu ia panjatkan untuk kesuksesannya itulah sekarang beliau mendapatkan apa yang beliau impikan. Beliau berhasil mengubah pola pikir masyarakat akan betapa pentingnya pendidikan.
             
 
 
           
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini